Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Sukses saat melakukan Interview Kerja dengan Benar |

Interview Kerja - Salah satu hal yang paling membuat hati kita terasa sangat senang, ialah ketika kita mendapatkan panggilan untuk melakukan interview di perusahaan yang kita inginkan, namun perasaan tersebut pasti bakalan tercampur dengan perasaan rasa was was dan rasa tegang.

BACA JUGA : PEKERJAAN SAMPINGAN UNTUK ANAK SMK DENGAN GAJI BESAR

Karena Panggilan Interview kerja belum menandakan bahwa diri kita sudah di terima oleh perusahaan, melainkan hanyalah seleksi.

Hal yang bikin kita merasakan cemas ialah kita sadar bahwa interview kerja ini merupakan bagian yang paling penting dalam melamar pekerjaan.

Itulah kenapa kita harus benar-benar memperhatikan bahwa kita boleh melakukan kesalahan pada saat interview, sadar maupun tidak sadar, untuk itulah kali ini kita akan membahas bagaimana cara interview yang baik agar di terima kerja.

1. Datang Terlambat

Iya, perlu diingat!! Jangan pernah terlambat pada saat datang interview.

Dalam interview pekerjaan, kita diwajibkan untuk memberikan first impression (kesan pertama) yang terbaik, terutama pada kedisiplinan.

BACA JUGA : APAKAH KITA TAHU SEPERTI APA VERSI KESUKSESAN PRIBADI KITA?

Jika kita terlambat saat wanwancara kerja, sama saja kita sudah menujukkan bahwa kita bukanlah Orang disiplin.

Jika kita sudah dianggap orang yang tidak disiplin maka kita dianggap sebagai orang yang tidak bisa menghargai waktu, dan itulah kesan pertama (first impression) yang kita dapat dari HRD (pewawancara).

"Bagaimana kamu bisa menghargai waktu perusahaan, jika kamu sendiri tidak bisa menghargai jadwal interview pekerjaan kamu sendiri, bukankah itu sama saja dengan mengganggap kalau pekerjaan ini di sepelekan ?." Begitulah kira-kira.

Jadi, sebisa mungkin jangan sampai kita menunjukkan nilai negatif dihadapan HRD atau orang yang sedang wawancarai kita.

Kalau perlu, kita bisa datang lebih awal dari jadwal yang di sebutkan. Sedikit informasi bahwa kita, jangan berpikiran kalau hanya perusahaan yang membutuhkan kita, melainkan kita sendiri pun juga membutuhkan perusahaan ini.

BACA JUGA : WORK FROM HOME - CARA AGAR BISA MULAI KARIER DARI RUMAH

Jadi, jangan sampai Anda menunjukkan nilai negatif Anda pada HRD atau orang yang sedang wawancarai Anda. Kalau perlu, Anda datang lebih awal lagi. Ingat! Jangan hanya berpikiran bahwa perusahaan yang membutuhkan Anda. Tapi Anda pun juga membutuhkan perusahaan.

2. Percaya Diri

Sedikit informasi bahwa, Kriteria Karyawan yang paling dibutuhkan dan paling tinggi jumlah penerimaan di sebuah perusahaan adalah karyawan yang mempunyai rasa percaya diri tinggi.

Apalagi karyawan yang berhubungan dengan eksternal atau publik, seperti melakukan Customer service, admin, marketing, public relation, sales, dan lain sebagainya.

Alasan kenapa karyawan dengan rasa percaya diri sering di terima oleh sebuah perusahaan ialah karena karyawan itu bisa membawa nama baik sebuah perusahaan bahkan jika di dampingin sama skill memadai mereka bisa dengan mudah menaikkan nama baik perusahaan juga.

Percaya diri pada saat interview kerja benar-benar sangat di butuhkan, salah satu first impression yang sangat penting bahkan dibutuhkan dimana saja.

BACA JUGA : 7 SITUS FREELANCE PENGHASIL UANG TERCEPAT & TERBUKTI MEMBAYAR 2021

Gunakan rasa percaya diri yang tinggi agar interview berjalan dengan sukses sesuai keinginan, persiapkan bekal apa saja yang perlu di lakukan, bawa rasa percaya sejak kita melangkahkan kaki dari rumah.

Dengan begitu kita bisa menjawab pertanyaan dari HRD dengan cepat, tanggap, dan tenang tanpa harus merasakan khawatir akan gagal ketika interview pekerjaan, lakukan yang terbaik.

3. Jangan ada Kata "Tidak"

Seperti yang sudah kita katakan di atas, bahwa kebanyakan karyawan yang diterima oleh perusahaan ialah orang yang percaya diri.

Jadi, ketika saat sesi pertanyaan diberikan dan kita diberikan penawaran untuk perusahaan, mau itu posisi pekerjaan atau diberikan pekerjaan yang menumpuk, jangan sekali-sekali mencoba menolaknya.

BACA JUGA : 10 SKILL YANG HARUS DIBUTUHKAN DI BEBERAPA TAHUN KEDEPAN

Meskipun penawaran yang diberikan merupakan hal yang kita tidak ketahui sama sekali alias pengalaman yang baru.

Jawab saja dengan kata iya, siap kan diri ktia , dengan pengalaman baru, jangan takut. Alah bisa karena biasa, jadikan itu moto saat melakukan hal yang baru.

4. Ikuti Instruksi

Apa saja intruksi perusahaan pada saat interview ?, biasanya kita akan diminta untuk mengenakan setelan yang rapi dari pakaian formal (hitam putih atau jas kerja), sepatu formal, model rambut rapi, dan lainnya.

Biasanya untuk setelan gaya berpakaian pada saat interview kerja kebanyakan hanya di bagaian pakian dan sepatu saja, mereka tidak akan menyebutkan potongan rambut, harus wangi, atau kuku panjang di instruksi nya, kenapa?.

BACA JUGA : 10 CARA MUDAH MENJADI SEORANG COPYWRITING BERPENGHASILAN

Karena itu bentuk dari kesadaran diri saja, jika ingin di terima dan bekerja nantinya harus rapi dan profesional.

Itulah kenapa kita di instruksikan perusahaan untuk mengikuti aturan kebijakan yang berlaku di perusahaan. Jika ada instuksi selain berpakaian, lakukan saja instruksi tersebut selama dalam batas wajar. Karena mungkin saja perusahaan sedang mengetes apakah kita siap dengan segala konsekuensi yang diberikan perusahaan.

5. Menjelekkan Perusahaan Lama

Salah satu hal penting lain saat interview kerja adalah saat kita di tanya "Kenapa anda keluar dari perusahaan anda?" atau "Kenapa anda memutuskan keluar dari pekerjaan anda?".

Jangan sekali-sekali kita menajawab dengan menjelek-jelek kan tempat pekerjaan kita sebelumnya, hal ini sudah menjadi minus besar dalam penilaian penerimaan karyawan untuk kita dan ini sangat dibenci di perusahaan mana pun.

Logikanya, HRD atau pewawancara pasti berpikir kalau "ketika kami menerima anda dan anda sewaktu-waktu keluar dari perusahaan, pasti anda bakalan teteap menjelek-jelekkan dan merusak nama baik perusahaan".

BACA JUGA : POLA PIKIR ELON MUSK DENGAN MINDSET POLYMATH

Maka dari itu, jika kita mempunyai masalah dengan perusahaan tempat kita bekerja sebelumnya, sebaiknya hal itu di simpan dalam hati saja, jangan disebutkan.

Mengatasinya, cukup jawab dengan baik dan positif, yang bagusnya tidak ada unsur seperti menjelek-jelekkan perusahaan tersebut, "Saya resign karena ingin mencari pengalaman yang baru, berbeda dari sebelumnya, dan tentunya mencari lingkungan kerja yang lebih kolaboratif."

Posting Komentar untuk "Tips dan Cara Sukses saat melakukan Interview Kerja dengan Benar |"