Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tipe dan Obat Orang yang Suka Nunda - Nunda Pekerjaan | Karir

Cara agar tidak menunda pekerjaan - Setiap manusia pasti memiliki sikap menunda-nuda sebuah pekerjaan, dari pekerjaan itu sulit dan mudah sekalipun, seseorang pasti akan merasa kalau pekerjaan seperti itu bisa di kerjakan esok hari atau kapan-kapan saja.

BACA JUGA : TIPS DAN CARA SUKSES SAAT MELAKUKAN INTERVIEW KERJA DENGAN BENAR

Dalam Psikologi kebiasaan ini di namakan dengan :

Procrastinate yaitu orang yang sering menunda-nunda kegiatannya, dan orang ini cenderung berpikir bahwa mereka membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Sebenarnya kebiasaan buruk ini berkaitan sekali dengan cara seseorang mengelola waktu dan juga alasan psikologis orang tersebut.

Salah satu penyebab kebiasaan ini menjadi muncul ialah karena pekerjaan (kantor) atau sistem sekolah yang dimana menuntut seorang pekerja mengerjakan tugas secara berlebihan dan para pelajar harus mendapatkan nilai yang tinggi.

Nah, mungkin kita harus sedikit mengenal seperti apa saja ciri-ciri Procrastinate atau orang yang suka menunda-nunda ini.

1). Perfeksionis

Perfeksionis merupakan salah satu kebiasaan yang dimiliki setiap orang, dimana perfeksionis di wajibkan segala hal itu harus di kerjaan dari awal hingga selesai dengan sempurna.

BACA JUGA : CARA MUDAH MENJADI SEORANG COPYWRITING BERPENGHASILAN

Biasanya, selalu menunggu dahulu semua persiapan dengan sempurna, dari mood, alat, hari, tampak (suasana), area, dan lainnya, baru setelah itu bisa mulai bekerja.

"Apakah hal yang dilakukan secara sempurna seperti ini bagus?."

Tidak, jika saat berada di situasi seperti ini karena seseorang yang perfeksionis pasti akan membutuhkan kesempurnaan hasil dan pengerjaan seperti yang disebutkan tadi dari moodnya dan lainnya.

Yang mengakibatkan ketika semua itu belum terpenuhi pekerjaan pun terus tertunda yang semakin hari semakin banyak dengan datangnya tugas yang baru.

2). Pemimpi

Pemimpi merupakan seorang yang sering berkhayal ingin sukses atau mencapai keinginannya namun tidak pernah berusaha untuk menggapainya.

BACA JUGA : APAKAH KITA TAHU SEPERTI APA VERSI KESUKSESAN PRIBADI KITA?

senangnya bukan main ketika memunculkan ide-ide menarik di kepalanya tapi ide tersebut sirna begitu saja karena tidak pernah di tampakkan.

Walaupun orang seperti ini biasanya di katakan kreatif dan punya banyak gagasan ide, tapi jika diperhatikan buat apa jugakan kalau hanya sekedar ide saja.

Itulah kenapa pemimpi merupakan salah satu orang yang suka menunda-nunda menyelesaikan pekerjaannya.

3). Overthingking

Belum juga di kerjaan aja sudah terlalu memikirkan betapa susah dan takutnya akan soal yang mendatang maupun yang sudah ada.

Mulai timbullah alasan untuk malas mengerjakan kerjaan sehingga di tunda dan di tunda terus sampai tidak mulai-mulai.

4). Tekan Dulu Baru Bekerja

Nah, ini biasanya kebayakan orang pemalas sering di ginikan dan setelah diginikan malah marah-marah balik, ngelunjak, merengut, mengatakan bahwa kerja kok gini amat.

BACA JUGA : WORK FROM HOME - CARA AGAR BISA MULAI KARIER DARI RUMAH

Sadar diri dulu baru mikir begitu ya, kerja butuh kita, kita butuh kerja, tidak bekerja tidak ada duit, tak ada duit, tak bisa makan,....

Biasanya sering di kali terjadi pada saat deadline atau waktu-waktu yang mendekati akhir pekerjaan baru dikerjakan dalam kondisi yang tertekan, orang-orang memang seperti itu di saat sudah tertekan baru bisa semangat kerjanya.

Cara mengatasinya

1). Perfeksionis

Seorang perfeksionis memang memiliki sikap yang ingin menyempurnakan segala hal, jika kita sudah menganggap bahwa diri kita perfeksionis lebih baik lakukan hal ini.

Coba perjelas dahulu goal pekerjaan kita, seperti bikin to-do-list apa saja yang di siapkan untuk pekerjaan nanti terutama dalam peralatan dan area, jika sudah cobalah untuk fokus kepada tujuan pekerjaan kita.

BACA JUGA : 10 SITUS WEB PENGHASIL UANG TERCEPAT & TERBUKTI MEMBAYAR 2021

Dengan perencanaan yang matang menjadikan kita lebih fokus dan menyelesaikan semua pekerjaan dengan sempurna sesuai waktu yang kita rencanakan.

2). Pemimpi

Coba dulu bagikan ide-ide kedalam tulisan, ide mana yang cocok sesuai kriteria diri kita, kemudian bagi pekerjaan ke dalam tugas-tugas yang kecil dahulu, baru kita selesaikan satu persatu tugas-tugas tersebut.

3). Overthingking

Tidak perlu terlalu di pikirkan sekali, coba kerjakan dulu tugas yang paling sulit sewaktu memulai pekerjaan disaat energi yang kita punya masih full (Penuh energi).

BACA JUGA : TIPS MEMBUAT FOTO PRODUK JADI MENARIK UNTUK JUALAN ONLINE

Jika memang terasa sangat sulit sekali, jangan sungkan minta tolong atau minta pendapat kepada orang lain.

4). Tekan Dulu Baru Bekerja

Coba biasakan bekerja dengan waktu yang pendek-pendek dulu misalnya sektiar 30 menit bekerja kemudian istirahat sejenak kemudian bekerja lagi 30 menit sampai selesai, namun kerjakan pekerjaan dengan bener-benar fokus.

Atasan atau siapapun tidak akan menuntut apapun kepada kita, jika kita melakukan pekerjaan sesuai dengan deadline waktu dengan tepat.

BACA JUGA : MENGAPA BISA ADA MURID YANG SULIT MEMAHAMI PELAJARAN

Hal ini memang tidak masalah jika kita melakukannya 1 atau 2 kali namun salah jika kita melakukannya terus menerus, terutama karena berbagai alasan dan ini akan menjadi kebiasaan yang sangat buruk.

Posting Komentar untuk "4 Tipe dan Obat Orang yang Suka Nunda - Nunda Pekerjaan | Karir"