Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar SEARCHING GOOGLE Lebih Mudah dan Akurat tepat sasaran !! Gunakan ini

Google Search - Sekarang ini mencari sebuah informasi merupakan hal yang sangat mudah, tinggal keluarkan ponsel, buka browser, masuk homepage Google dan ketik infomasi yang ingin diketahui, sudah muncul beribu-ribu mengenai isi informasinya.

Mudah sekali, yang membuat banyak orang tersanjung-sajung kalau ada hal yang tidak di ketahui tinggal gunakan "Mbah Google" dan masalah pun selesai.

BACA JUGA : 8 CARA YOUTUBER MENDAPATKAN PENGHASILAN HINGGA RATUSAN JUTA

Semua orang menggunakan mesin pecari ini, dari bocil, anak sekolahan, mahasiswa, guru, orang tua, siapapun yang dapat mengaksesnya pasti akan menggunakannya kan.

Nah, kali ini kita akan menyajikan cara agar seraching di goolge lebih efektif dan tepat sasaran alias lebih akurat.

1. Tanda Kutip ("wkwkw")

Pada saat mencari sesuatu yang spesifik, kita bisa menggunakan metode tanda kutip ini, seperti pada gambar ("kata pencarian").

Penggunakan tanda kutip berfungsi untuk meminimalkan tebakan dalam pencarian di sistem google, pada saat kita menggunakan tanda kutip sistem search engine google akan diberitahu untuk mencari kata yang berkaitan di dalam tanda kutip.

2. Titik Dua Setelah itu Nama Situs

(satelit media:denfol), Kita ingin mencari hal yang spesifik berkaitan dengan bidang kesehatan (tag/kategori) contohnya, maka untuk mempersempit pencarian kita menulis tagline kemudian menggunakan tanda titik dua ( : )  dan setelahnya kita isi nama situs yang ingin dikunjungi, contoh denfol.com.

BACA JUGA : KENAPA HABIT MERUPAKAN ALASAN KITA MENJADI SUKSES?

Jadi pencarian di homepage google nantinya akan otomatis memberikan informasi mengenai kategori bidang kesehatan yang hanya ada di website denfol.com saja.

3. Tanda Tilde (~)

Penggunaan tanda tilde seperti (~), contoh (~rumah makan) akan memungkinkan kita mendapatkan hasil informasi lebih relevan atau berhubungan denga erat mengenai kata yang di cari oleh search engine google.

Agar pencarian lebih akurat lagi kita bisa menambahkan kata bantu tanda petik di kata selanjutnya, seperti (~rumah makan "elite"),

Namun, kata pencarian dengan tanda kutip harus saling berkaitan dengan kata yang menggunakan tanda tilde.

4. Gunakan Beberapa Kata Sekaligus

Contoh, ("Bagaimana cara kulit lebih mulus atau supaya kulit mulus"). Nah, Google akan memahami bahwa pencarian yang dengan beberapa sekaligus akan mempersempit pencarian kita sehingga informasi yang didapatkan mengenai kulit mulus akan lebih akurat.

Tetap gunakan tanda kutip agar pencarian lebih spesifik, yaitu "Kulit Mulus".

BACA JUGA : 7 SITUS FREELANCE PENGHASIL UANG TERCEPAT & TERBUKTI MEMBAYAR 2021

Karena terkadang search engine google bisa tidak menemukan (tidak sesuai) dengan hal yang sedang kita cari hanya dalam 1 kata saja.

Begitu juga dengan pemakaian kata yang terlalu panjang namun tidak berkaitan sama sekali, bisa tidak sesuai bahkan informasi yang dicari benar-benar tidak dapat ditemukan.

5. Tanda Minus atau Penghubung ( - )

Penggunaan kata minus atau penghubung berfungsi untuk membantu menampilkan hasil pencarian dengan mengecualikan kata yang dikasih tanda minus namun tetap berkaitan dengan isi informasinya.

Contoh, kita ingin mencari informasi mengenai (minuman segar soda), maka nanti yang akan muncul adalah minuman segar-segar yang berhubungan dengan soda.

Nah, jika kita menggunakan (minuman segar -soda) nanti infomasi yang muncul adalah minuman segar yang lain kecuali yang berhubungan dengan soda. 

Jadi kegunaan tanda minus atau penghubung ini ialah untuk mempersempit kata pencarian di google, karena disaat kita mencari informasi mengenai minuman segar tadi, kata soda dihapuskan dari kata pencarian.

6. Penggunaan Kata - Kata Penting

Pengunaan kata-kata penting di sarankan tidak terlalu panjang yang dimana seperti yang sebelumnya dikatakan bahwa kata pencarian yang terlalu panjang akan membuat search engine google jadi tidak tepat bahkan bisa tidak menemukan pencarian yang diminta.

BACA JUGA : PEKERJAAN SAMPINGAN UNTUK ANAK SMK DENGAN GAJI BESAR

Makanya penggunaan kata-kata penting itu harus dengan relevan, Contoh (Tempat Wisata terdekat) maka yang muncul adalah tempat-tempat wisata yang sudah direkomendasikan oleh Search Engine Google.

Namun jika kita menulis (Dimana Tempat Wisata yang terdekat di sekitar saya) maka yang muncul tidak sesuai yang diharapkan.

7. Rentang Waktu (Dunia 1900 ... 2000)

Kata pencarian yang menggunakan Rentang Waktu biasanya digunakan saat berhubungan dengan jangka waktu tertentu seperti kapan waktunya terjadi suatu peristiwa, sesuai dengan dari kapan waktu yang kita tuliskan di kolom pencarian.

Contoh, "Dunia 1900 ... 2000" maka nanti yang muncul dalam kolom pencarian Google ialah beberapa daftar mengenai dunia, seperti populasi dunia, peristiwa, dan lainnya.

8. Tanda Bintang ( * )

Pengunaan tanda bintang ini lebih banyak digunakan pada saat melakukan pencarian oleh para pengguna browser google.

Tanda bintang digunakan ketika kita ingin mencari informasi mengenai sesuatu namun kita tidak dapat mengingat kata-katanya secara jelas.

BACA JUGA : TIPS BAGAIMANA BERKARIER DARI RUMAH

Walaupun tanpa tanda bintang juga sekarang tidak terlalu berpengaruh juga sih, karena algoritma google makin lama semakin di update sehingga para pengguna yang menelusuri pencarian google pun mulai lebih gampang mendapatkan informasi yang diinginkan.

9. filetype:

Kata pencarian menggunakan kata (filetype:) benar-benar sangat membantu jika kita menginginkan sebuah data atau file yang lebih spesifik di pencarian google, seperti file buku digital, presentase, atau file yang lainnya.

Dalam penggunaan kata (filetype:) yang kita harus ketahui ialah format dari file yang kita inginkan.

Contoh, Adobe Reader format filenya ialah .pdf, maka pada saat pencarian di google kita harus menulis kata (filetype: biologi.pdf), nah nanti yang muncul adalah berbagai kolom pencarian dengan format file pdf.

Jika, (filetype: biologi.ppt) atau format file Power Point, maka yang akan muncul berbagai kolom pencarian dengan format file ppt untuk aplikasi power point.

Jadi kegunaan (filetype:) untuk mencari tipe format file yang sesuai dengan kata apa yang ingin kita cari.

10. Filter "Search Tools"

Tidak usah heran jika kita tidak menemukan filter ini, filter ini berada di dekat fitur dengan kata "Lainnya" bernama "Alat" atau "Tools" dalam bahasa inggris, ia berdiri sendiri tidak berdempetan dengan apapun.

This is the easiest way yang bisa kita lakukan dari yang lainnya.

  • Klik kata "Alat".
  • Muncul beberapa menu baru di bawah kolom menu pencarian.
  • Kita tinggal Sesuaikan ingin bentuk,tanggal kapan diupload, dan bahasa yang bagaimana.

Kata pencarian bisa dikombinasikan atau tidak itu terserah kita, tapi disarankan sih gunakan saja, karena dengan cara search tools ini saja sudah mempersempit hasil pencarian apalagi di kombinasikan dengan tanda-tanda di atas, informasi yang dicari pun makin akurat.

BACA JUGA : 10 SKILL YANG HARUS DIBUTUHKAN DI BEBERAPA TAHUN KEDEPAN

Itulah beberapa cara agar searching di google lebih mudah dan akurat, terutama pada masa sekolah tanpa tatap muka begini.

Posting Komentar untuk "Cara Agar SEARCHING GOOGLE Lebih Mudah dan Akurat tepat sasaran !! Gunakan ini"