Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Youtuber Mendapatkan Penghasilan Hingga Ratusan Juta!! Gampang

Penghasilan dari Youtube - Banyak orang-orang yang ingin memperoleh pemasukan sampai ratusan juta hingga milyaran rupiah dengan menjadi seorang YouTuber.

BACA JUGA : 7 SITUS FREELANCE PENGHASIL UANG TERCEPAT & TERBUKTI MEMBAYAR 2021

Tentu saja untuk menjadi seorang jutawan dari platform youtuber hal ini bisa terjadi, tapi jika kita mengikuti beberapa cara bagaimana mendapatkan penghasilannya.

1). Google Adsense

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa penghasilan utama seorang youtuber ialah dari program kerjasama periklanan yang dikelola Google ini, yaitu program Ads atau iklan.

Namun untuk menggunakan program penautan iklan adsense ke youtuber ada syaratnya :

Harus memiliki 1.000 Subscriber dan 4.000 Jam Tayang dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

Nah, jika kita sudah memenuhi syarat tersebut kita sudah bisa menautkan akun channel kita ke adsense, dengan mendapatkan penghasilan dari penonton yang minimal menonton video kita selama 30 detik saja, 30 detik tersebut nanti akan terhitung dan dikonversikan ke Adsense sebagai CPM.

CPM (Cost Per Mille) adalah bayaran yang akan diberikan ke para youtuber di tiap kelipatan 1.000 views di tiap video ads yang ditampilkan.

Sedikit tips : Jika ingin penghasilan lebih banyak, sebelum memulai youtube tentukanlah target pasarnya.

2). Endorsement

Seorang youtuber yang mempunyai subscriber yang lumayan banyak dan konten yang menarik penonton, biasanya pemilik kanal (Produk) akan mempromosikan produk mereka kepada youtuber tersebut.

Nah, produk tersebut di promosikan ketika kita membuat video untuk di tonton orang-orang, selain dari itu kita juga bisa melakukan Endorsment secara offline yaitu menjadi pembicara di suatu event.

BACA JUGA : PEKERJAAN SAMPINGAN UNTUK ANAK SMK DENGAN GAJI BESAR

Kedua hal itu bisa dilakukan jika si YouTuber sudah dikenal luas oleh orang banyak dan memiliki jumlah pengikut (Subscriber) yang banyak juga, dengan memanfaatkan popularitas tersebut kita bisa mendatangkan banyak uang.

3). Merchandise

Penghasilan lain selain Adsense atau Endorsement, kita juga bisa menjual barang-barang dagangan kita sendiri, contoh pakaian, jaket, headshet, mouse, atau vape juga bisa, dan lainnya.

Penjualan ini termasuk populer di kalangan para youtuber, terutama dengan subscriber yang sudah lumayan banyak dan sang youtuber sudah dikenal cukup luas.

Caranya, letak barang dagangan kita di Market Place atau lebih mudahnya kita bisa bikin akun Instagram, jadi nanti yang ingin membeli merchandise tinggal DM kontak ig kita.

4). Link Afiliasi

Penghasilan dari cara ini juga lumayan populer di kalangan para youtuber juga nih, contoh :

Saat kita menonton konten video di youtube, nanti mereka akan mencoba mempromosikan permainan atau bermain trading, nah, disitu pasti si youtuber akan menyuruh kita untuk mengklik link situsnya kalau penontonnya ada yang tertarik ingin mencoba.

BACA JUGA : 10 SKILL YANG HARUS DIBUTUHKAN DI BEBERAPA TAHUN KEDEPAN

Dari situlah para youtuber menghasilkan uang dari Afiliasi nya :

  1. Penonton akan meng-klik.
  2. Kemudian di Download atau Mendaftar via link yang di berikan.
  3. Si youtuber mendapatkan Penghasilan.

Sedikit saran : Jika ingin mendapatkan banyak penghasilan dari afiliasi, jelaskanlah dengan cara yang lebih baik, detail, dan menjual.

5). Sponsorship

Hampir mirip dengan Endorsement atau bisa dibilang mirip banget, karena cara kerjanya mempromosikan suatu produk ke para penonton.

Perbedaan Sponsorship ialah seorang youtuber menandatangi kontrak kepada sutatu brand tertentu dan mempromosikan produk tersebut selama masa kontrak masih aktif.

Seperti Toko Online, Makanan, Minuman, Produk barang, Aplikasi juga ada, dan lainnya.

6). Live Streaming

Live Streaming ini dalam artian seorang youtuber ingin menaikkan fanbase mereka dengan menjalankan siaran langsung ke para subscriber atau ke penonton baru.

Tipsnya, bikin jadwal rutin di waktu apa saja kita akan melakukan siaran langsung, sehingga fans atau penonton yang baru datang bisa tahu kapan waktunya kita melaksanakan siaran.

Ada beberapa tips juga, pastikan ya tujuan utama kita melakukan ini : 

  1. Demi meningkatkan engagement (Keterikatan) hubungan dengan para subscriber dan yang baru datang.
  2. Kita bisa mencoba menayangkan beberapa advertisement (Iklan Sponsorship) di live streaming kita.
  3. Kita juga bisa menawarkan produk-produk dagangan kita sendiri (Merchandise) disela-sela live streming berlangsung.
  4. Mempromosikan konten-konten lainnya (lakukan jika ada viewers yang bertanya biar gak cringe)
  5. Lebih mengenal niche (Target Pasar) konten kita di kalangan usia berapa saja.

Beberapa tips itu bisa kita lakukan untuk meningkatkan ke semua hal yang diatas tadi, itulah bertapa bergunanya melakukan live streaming.

7). Meet & Greeting

Banyak para youtuber sukses melakukan meet & greeting ke para fan dan fanbasenya untuk meningkatkan engagement mereka.

BACA JUGA : 3 PILIHAN KARIR BAGI GEN-Z YANG SANGAT MENJANJIKAN

Nah, buat yang baru memulai menjadi seorang youtuber jangan ngasal dulu nih, anda orang yang berada atau biasa saja nih.

Note : Berada dalam artian apakah seorang influencer, entertainment, penyanyi, host seminar kah, dan lainnya, yang bisa diartikan juga kita sudah dikenal oleh banyak orang sebelum memulai sebagai youtuber.

8). Sawer atau Tip

Bagi para youtuber live streaming biasanya akan menggunakan fitur saweran atau Tip di kolom deskripsi mereka.

Cara kerjanya gampang banget, kita cuman daftar akun, baca syarat & ketentuan, lalu letak link sawerannya di deskripsi, nah yang memberikan tip adalah para penonton (Viewer) kita di live streaming nantinya.

Kalau kita mikir tip itu bukannya kecil ya, iya emang kecil.

Makanya itu jangan salah sangka dulu, tip terkecil adalah 10 ribu dan maksimalnya itu tidak terbatas alias bebas ingin memberikan tip berapa banyak kepada streamer.

Disitulah letak keuntungannya, uang yang cuman 10 ribu itu hanya dari 1 orang saja, bayangkan jika 10 orang mengirim dalam 1 hari lalu kalikan sebulan, banyak dan belum lagi dari pendapatan yang lain.

Uang yang sudah dikumpulkan tersebut bisa di cairkan langsung ke Dompet digital atau Rekening Bank kita, mudah bukan.

BACA JUGA : FONT PSIKOLOGIS SEBAGAI DAYA TARIK DALAM DUNIA PEKERJAAN & DESIGNER

    Itulah beberapa tips buat para youtuber yang ingin mendapatkan penghasilan selain dari Google Adsense saja, ini berlaku bagi youtuber baru maupun youtuber lama.

Untuk youtuber baru mulai disarankan bikin Konten yang menarik penonton dan target pasarannya ya, tingkatkan dulu Viewer & Subscriber minimal sudah tembus adsense dulu lah baru yang coba pendapatan yang lainnya.

Disarankan jika mempunyai subscriber banyak dan viewer yang lumayan banyak bikin live streaming saja, Game, Vlogging, Review produk dan barang dagangan kita sendiri, atau Podcast.

Posting Komentar untuk "8 Cara Youtuber Mendapatkan Penghasilan Hingga Ratusan Juta!! Gampang"