Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mudah Menjadi Seorang Copywriting Berpenghasilan

 

Copywriting - dalam Dunia Marketing pasti tidak jauh dengan yang namanya Promosi sebagai penghubung antara seorang penjual dengan seorang audiens, bisa melalui media tulisian, gambar, maupun video.

BACA JUGA : PEKERJAAN SAMPINGAN UNTUK ANAK SMK DENGAN GAJI BESAR

Namun, untuk mempromosikan sebuah dagangan diperlukanlah seorang sales, ada 2 macam sales kan marketing masing-masingnya :

1. Marketing di dunia nyata

Untuk mempromosikan sebuah dagangan di dunia nyata akan di kerjakan oleh seorang sales marketing yang akan menawarkan secara langsung produk atau dagangannya kepada calon pembelinya.

2. Marketing di dunia maya (Internet)

Untuk mempromosikan dagangannya di dunia maya akan dikerjakan oleh seorang copywriting, yang dimana tugasnya membuat icon promosi dagangan yang bertujugan sama dengan sales.

BACA JUGA : 10 SKILL YANG HARUS DIBUTUHKAN DI BEBERAPA TAHUN KEDEPAN

    Itulah kenapa kali ini kita akan membahas bagaimaca cara mudah menjadi seorang copywritng, apakah keliatan mudah? belum tentu juga.

Karena dalam mempromosikan dagangan seorang sales atau copywriting harus benar-benar memperhatikan kata atau tulisan yang akan digunakan dalam menawarkan dagangannya.

  • Apa Itu Copywriting ?

Copywriting merupakan salah satu cara pemasaran sebuah dagangan atau periklanan suatu produk yang mampu memberikan daya tarik kepada para audiens dengan maksud ingin menjual.

Tentunya jika kita memiliki sebuah jasa, produk atau dagangan pasti akan di promosikan mau itu nyata ataupun digital, nah tugas seorang copywriting berkewajiban harus meningkatkan daya tarik produk tersebut.

  • Alasan Copywriting di Butuhkan

Penggunaan Conten Marketing atau bisa dibilang menggunakan jasa copywriting untuk memasarkan sebuah produk di dunia digital.

Pertama, biaya pemasaran untuk dunia digital pun lebih sedikit daripada di dunia nyata dan malahan dapat menghasilkan leads yang lebih banyak juga.

Alasan kedua, tentu kita hidup di zaman teknologi, kan tidak mungkin kalau Copywriting itu tidak digunakan jasanya, copywriting masih dianggap sebagai salah satu pekerjaan yang penting di dunia pemasaran.

BACA JUGA : 7 SITUS FREELANCE PENGHASIL UANG TERCEPAT & TERBUKTI MEMBAYAR 2021

Alasan ketiga, digunakan untuk meningkatkan efektifitas, penjualan, trafik pelanggan, respon pengunjung, dan lain-lain.

  • 10 Cara Mudah Menjadi Copywriting

Seperti yang ktia ketahui bahwa dalam membuat copywriting dalam pemasaran di haruskan untuk benar-benar memperhatikan apa yang akan di tuliskan ke para audiens.

Karena kemungkinan besar nantinya penjualan tidak mengalami peningkatan sama sekali, pengunjung itu-itu saja, bahkan orang tidak mau mengenal apa yang di pasarkan karena copywriting yang buruk.

*Berikut cara mudahnya :

1. Promosi

Kita bisa memulai promosi suatu produk atau jasa kita dengan memberikan sebuah kelebihan tersendiri mengenai apa yang di pasarkan.

Ini bukan hanya tentang karakteristik yang kita miliki saja namun tentang apa hal yang bisa kita berikan kepada pelanggan, apa yang bisa kita ubah pada mereka setelah mereka menggunakan produk atau jasa kita, itu yang di tawarkan.

2. Pastikan Kenali Audiens Dulu

Bukan berkenalan duduk bareng atau ngobrol basa basi seperti itu ya, tetapi kita mengetahui trafik dari audiens kita.

Mereka dari kalangan seperti apa, contoh :

  • Usia berapa saja ?
  • Apakah mengikuti Trend lebih menjual ?
  • Yang bikin tertarik audiens itu apa ?

Yang harus di perhatikan adalah kalangan mana yang lebih banyak membeli, poduk yang lebih menjual, atau jasa yang lebih sering digunakan, dan lainnya, atau kita bisa mengenali target pasar yang ingin di tuju sebelum di promosikan.

3. Kebutuhan

Mindset pembeli : "Kalau barang ini aku beli, apakah berguna, apa manfaatnya, untuk apa?"

Kita harus memahami dulu hal itu sewaktu kita mempromosikan dagangan, apakah yang kita tawarkan memenuhi apa yang mereka butuhkan.

4. Jangan Terlalu Teknis

Maksudnya gunakan lah kata-kata yang sederhana saja, minimal inti dari produk atau jasa yang di tawarkan.

Kita bisa bikin kelebihan dan keuntungan dari produk jika menggunakan produk ini atau jasa kita, itu saja.

BACA JUGA : FONT PSIKOLOGIS SEBAGAI DAYA TARIK DALAM DUNIA PEKERJAAN & DESIGNER

Karena ya gimana, tidak semua orang paham bahkan peduli dengan informasi yang terlalu mendetail yang menggunakan bahasa teknis.

Contohnya "menggunakan dua Isolator" (menggunakan dua benda yang tidak menghantarkan listrik) pasti arti kata "Isolator" itu tidak semua orang bakalan tau kan.

5. Sebut Kekurangan Kompetitor

Kita tidak perlu menyebutkan merk pihak kompetitor, cukup kita tutupi kekurangan mereka dengan sebut kelebihan kita apa yang bisa menutupi kekurangan kompetitor tersebut, contoh jika mereka bikin produk yang merusak lingkungan, kita bisa sebut produk kita akan mengatasi hal itu.

6. Fokus Ke Pokok Permasalahan

Kita bisa memfokuskan penawaran yang mengatasi keluhan mereka, kita harus memahami keinginan mereka itu apa sehingga mereka bisa perara pada produk atau jasa kita.

Seperti, keresahan yang dialaminya, kesulitan yang mereka miliki sehari-hari, apa yang menghambat mimpi mereka, dan hal-hal apa yang mereka pedulikan.

7. Media

Kita diwajibkan memahami media dimana kita meletakkan promosi ini, menulis copywriting untuk pemasaran toko online pasti akan di tampilkan di beberapa media seperti sosial media sering digunakan untuk berinteraksi yang bisa kita gunakan untuk menjual produk atau jasa kita.

BACA JUGA : 8 CARA YOUTUBER MENDAPATKAN PENGHASILAN HINGGA RATUSAN JUTA

Pilih pasar nya apa, kenali audiens kalangan apa, lalu bikin promosi yang menarik daya tarik audiens.

8. Hipnotis Audiens

Kita bisa gunakan kata-kata seperit "Limited Edition" atau "Tersedia Seakrang Juga","Hanya Hari Ini","DISKON".

Nah kita bisa menggunakan beberapa kata tersebut untuk menghipnotis para audiens untuk segera bergerak membeli produk atau jasa yang sedang kita tawarkan.

9. Harus Jujur

Maksudnya ialah, kita harus mengatakan kelebihan dari produk namun kita tidak boleh melebih-lebihkan kelebihan yang ada, begitu juga dengan kekurangan yang dimiliki.

Kita tidak harus mengatakan bahwa produk kita dijamin bikin mata katarak bisa sembuh dalam waktu 1 minggu saja, namun setelah di pakai selama seminggu sesuai anjuran tetap tidak sembuh.

Itu lah namanya melebih-lebihkan produknya dan berbohong kepada audiensnya, yang bisa berakibat fatal yang sangat beresiko bagi produk yang dijual maupun si pengusahanya sendiri.

BACA JUGA : TIPS BAGAIMANA BERKARIER DARI RUMAH

Jika memang ini saja kelebihannya promosikan saja yang itu, tutupi kekurangannya dengan tidak menyebutkannya.

10. Lebih Teliti

Yang dimaksudkan ialah, sebagai Copywriting atau yang baru saja terjun maupun yg lagi belajar, harus benar-benar memperhatikan dengan sangat teliti tulisan, design, atau keseluruhan visual nya benar-benar sudah kompleks dan di jamin akan mebawa para audiens.

Jangan sampai ada kesalahan dan adanya keraguan yang dituangkan seorang copywriting dalam promosi tersebut.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA MANUSIA MENGOPTIMALKAN KINERJA OTAK MEREKA

Itulah beberapa cara agar promosi kita menjadi enak dibaca dan memberikan hasil yang maksimal, jika ada kata-kata yang kurang dimengerti bisa komen saja dibawah, atau ada yang kurang juga bisa komen di bawah.

Posting Komentar untuk "10 Cara Mudah Menjadi Seorang Copywriting Berpenghasilan"