Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana cara bertahan Hidup di Lingkungan Toxic

Pastinya banyak dari kita yang merasakan bagaimana rasanya perubahan lingkungan yang terjadi pada hidup kita, yang bahkan kita sendiri dibuat tidak sadar bahwa diri kita sudah berada di lingkungan toxic tersebut.

BACA JUGA : SIAPA SAJAKAH BEBERAPA ORANG YANG WAJIB BERADA DI KEHIDUPAN KITA?

Apa maksud dan seperti apa lingkungan yang toxic itu?, Lingkungan Toxic adalah lingkungan sekitar yang memberikan dampak buruk. Lingkungan toxic sendiri bisa meliputi tempat kerja, pertemanan, dan bahkan lingkungan keluarga juga bisa.

Ada berbagai macam kriteria tersendiri sesuai kriteria dan masalah di lingkungan toxic tersebut, tapi, jika kita sudah tidak sanggup dan tidak bisa lagi berada di lingkungan toxic itu lebih baik segera pergi saja, demi diri kita.

Ada beberapa tips lain yang bisa dilakukan untuk menghindari lingkungan toxic, yaitu :

1. Hindari Gosip atau Obrolan Negatif

Hal yang paling umum dalam lingkungan toxic biasanya tidak bisa lepas dari Gosip atau ngerumpi, penyebab kenapa kita harus menghindari kegiatan tidak berfaedah ini agar kita tidak membenci seseorang tanpa alasan yang jelas.

Jadi yang kita sudah terlanjur berada di tempat perkara, kita lebih baik tidak perlu ikut bergabung dalam topik obrolannya,kita bisa batasi diri, menghindar, atau pulang saja daripada mengikuti obrolan tidak ada manfaat nya itu.

BACA JUGA : TIPS BAGAIMANA KITA MENGHADAPI ORANG TUA TOXIC

Lakukan di lingkungan toxic mana saja, kerja,keluarga, atau "teman-teman" katanya. Kalo kita pikirlah mereka bergosip tentang orang lain, tapi jika ada masalah atau sesuatu yang menimpa salah satu dari mereka, pasti bakalan jadi bahan gosip juga, apaan begitu.

2.Tahu Baik dan Buruk

Sewaktu berada di lingkungan toxic kita diharuskan tahu tentang diri kita sendiri, Tahu apa yang terbaik dan tahu apa saja hal yang harus di hindarkan.

Kita sebagai seseorang pun jangan sampai mudah terjerumus bahkan mencoba membiarkan orang lain mempengaruhi diri kita buat ngelakuin hal-hal buruk.

3. Punya Prinsip dan Tujuan

Seperti pada nomor dua diatas kita harus mengetahui apa yang terbaik buat kita, alasannya karena kalau kita sudah memiliki Prinsip atau tujuan yang tidak hanya mengikuti arus doang maka sudah di pastikan kalau kita bisa mengatasi berbagai lingkungan toxic seperti ini.

Itulah kenapa kita wajib mempertahankan kegigihan prisip kita, mau mengalihkan dengan gokus pada tujuan atau goals kita pun bodoamat aja sama hal-hal berbau toxic.

4. Berpikir Positif

Berpikir Positif dilakukan agar kita tidak terpengaruh pada lingkungan toxic, apalagi ketika berada di tengah-tengahnya, sangat penting sekali bagi kita untuk memiliki pola pikir positif.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA MENGATASI RASA BERSALAH PADA ORANG LAIN

Pola pikir positif akan membuat kita berpikir dengan lebih jernih apalagi di saat dirundung oleh datangnya sebuah masalah, tetap hindari lingkungan toxic dan coba fokus pada apa yang kita lakukan.

5. Kuatkan Iman

Untuk menghadapi lingkungan toxic juga diperlukan Iman yang kuat, terutama bagi mereka yang suka sensitif melihat tetangganya rada-rada gimana gitu sama dia. Cobalah untuk mendekatkan diri pada Tuhan.

BACA JUGA : ALASAN KENAPA KITA HARUS MENJAUH DARI ORANG TOXIC

Perkuat iman dan niscaya pikiran positif akan datang dengan sendirinya, maka pada saat itulah kita mulai terhindari dari pengaruh-pengaruh negatif di sekitar kita.

Iman yang kuat tidak akan mudah terjerumus oleh keburukan, tetapi dalam proses menguatkan iman itu godaan untuk melakuakn hal yang buruk lebih besar dari biasanya.

6. Membantu Mereka

Pengaruh yang baik akan memberikan dampak yang baik pula, baik dari tempat kerja, keluarga, teman-teman, dan tempat tinggal sekitar kita.

Dengan memberikan Bantuan akan memberikan kesan positif bahwa kita bukanlah penduduk yang toxic seperti mereka, kita adalah cured atau obat bagi mereka. Kita hanya menolong dan membantu mereka yang mengalami masalah bukanlah memberikan ceramah.

Disarankan untuk tidak memberikan ceramah kepada orang yang sedang mengalami masalah jika memang meraka tidak meminta saran dari kita.

    Jika kita tetap tidak bisa jaga jarak dari lingkungan tersebut, yaa sabar-sabar aja lah yaa. Itu bukan salah mereka, tapi kita yang salah karena tidak bisa menghindar dari lingkungan yang tidak baik tersebut.

BACA JUGA : BAHAYA !! BERTANYA TENTANG HAL-HAL SENSITIF KETIKA NGOBROL

Lebih gampangnya jika kita tidak bisa pergi dari sana, coba beradaptasi kemudian jaga jarak kita. Jika jadi bahan gosipan jangan di masukkan hati, biarkan saja meraka itu bacot sampai berbuih pun gak bakalan membantu kita. Intinya ialah, Urus saja diri sendiri kalau berada di lingkungan toxic.

Posting Komentar untuk "Bagaimana cara bertahan Hidup di Lingkungan Toxic"