Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Androphobia, Ketakutan berlebihan pada Pria

Androphobia - Pada umumnya phobia itu terjadi pada objek atau kondisi tertentu yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kecemasan secara berlebihan, tetapi bagaimana dengan seseorang yang memiliki phobia terhadap seorang laki-laki, makhluk hidup.

BACA JUGA : AICHMOPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA BENDA TAJAM

Androphobia merupakan kebalikan dari gynophobia, yaitu keadaan dimana seseorang merasa takut secara berlebihan kepada wanita.

  • Apa itu Androphobia

Sama dengan phobia lainnya, ketakutan yang berlebihan kepada pria juga memicu terjadinya kecemasan. Yang dimana umumnya phobia ini kebanyakan terjadi kepada wanita, tapi pria juga ada ya.

Androphobia yang merupakan salah satu bentuk dari phobia yang lain, yaitu ketakutan yang berlebihan terhadap objek atau situasi tertentu yang di anggap menjadi ancaman bagi penderita, dan cenderung berusaha menghindari penyebabnya.

Biasanya gangguan ini timbul karena adanya trauma pada masa lalu penderita, atau mungkin karena terlalu sering tersakiti sehingga mulai muak dengan lelaki.

  • Ciri Ciri dan Gejala Androphobia

Walaupun bagian dari phobia juga tetapi beberapa penyebab ada juga yang berbeda begitu juga dengan gejalanya, oleh karena itu bisa dikatakan bahwa setiap phobia memiliki ciri khas nya tersendiri.

Pada Androphobia sendiri penyebab timbulnya gejala-gejala bisa saja muncul di karenakan bertemu, berhadapan, atau bahkan sekedar memikirkan seorang pria saja sudah membuatnya ketakutan walaupun pria itu tidaklah berbahaya.

Dan dari situlah mulai muncul gejala-gejala, seperti :

Gejala Gejala
1. Jantung berdetak kencang
2. Serangan Panik
3. Dada sesak
4. Keringat dingin 
5. Sulit bernafas
6. Tidak bisa tenang
7. Merasa Mual
8. Pusing

Gejala-gejala yang di timbulkan memberikan dampak pada kehidupan sehari-hari sehingga tidak dapat melakukan aktifitas seperti biasanya.

penderita sadar bahwa ketakutannya terbilang tidak masuk akal, namun ketika sudah di serang oleh ketakutan tersebut ia merasa tidak berdaya untuk mengendalikannya

  • Cara mengatasi Aichmophobia

Penyebab adanya kondisi ini pada penderita sebagian karena trauma pada masa lalu, atau takut pada hal-hal yang berbau seksual,psikologis, bahkan fisik yang berkaitan dengan pria seperti pelecehan atau kekerasan.

BACA JUGA : ANROPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA PRIA

Tetapi ada juga faktor yang mungkin saja phobia ini timbul secara tiba-tiba sehingga penyebab utamanya ada yang masih belum di ketahui, mungkin dari genetik, lingkungan atau gangguan pada otak.

Kalau begitu bagaimana cara mengatasinya :

1. Terapi Kognitif

Cognitive behavior therapy (CBT) merupakan salah satu teknik psikoterapi yang paling umum disarankan untuk mengatasi fobia, yang dimana para psikiater akan mewawancarai dan menggali lebih dalam mengenai penyebab pasien mempunyai phobia tersebut.

Setelah di ketahui apa yang menjadi penyebab terjadinya phobia, psikiater akan mencoba untuk memberikan solusi dan mendiskusikan bersama kepada pasien tentang solusi apa yang terbaik untuk mengatasi phobia dan gejala-gejala yang akan terjadi.

2. Terapi Eksposur

Salah satu jenis terapi psikologis juga untuk menangani ketakutan atau gejala kecemasan pasien, terutama dalam kasus phobia.

Cara ini digunakan untuk membantu mengurangi respon pasien terhadap phobianya dengan paparan tertentu yang berkatian dengan phobianya sendiri. Hal ini akan dilakukan secara berulang-ulang sehingga pasien bisa lebih dapat mengontrol gejala ketakutan dan mengurangi rasa kecemasan.

3. Obat - obatan

Kadang kita juga memerlukan obat-obatan untuk meredakan gejala yang timbul, dan untuk membantu mengobati androphobia karena pada saat melakukan Psikoterapi nanti dokter juga menggunakan obat-obatan sebagai sarana untuk meredakan gejala yang dialami selama proses berlangsung.

Adapun beberapa obat yang diberkan oleh dokter seperti Beta blocker untuk menangani beragam kondisi pada jantung, menghentikan efek stres dan bisa juga untuk menurunkan tekanan darah.

BACA JUGA : SCHOPOPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN KETIKA DI PANDANG ORANG LAIN

Juga obat penenang seperti obat sedatif atau Benzodiazepine yang fungsinya untuk membuat pasen menjadi lebih rileks dengan mengurangi gejala kecemasan.

Ingat!! tetap minum obat-obatan tersebut sesuai anjuran yang diberikan oleh dokter.

    Phobia pada umunya muncul pertama kali pada saat masa kanak-kanak atau umumnya pada usia sekitar 10 tahun-an, tetapi tetap saja juga dapat terjadi pada usia lebih dari itu.

Makanya kita harus terus memperhatikan pertumbuhan anak untuk pencegahan atau melakukan penanganan pada phobianya.

Posting Komentar untuk "Androphobia, Ketakutan berlebihan pada Pria"