Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amaxophobia, Ketakutan berlebihan pada Mobil

Apa yang bakalan terjadi bila kita memiliki ketakutan yang berlebihan terhadap kendaraan?, terutama pada sebuah mobil. Mungkin untuk di Indonesia sendiri hal ini terbilang memiliki sisi yang baik dan buruk.

Sisi Baiknya untuk di Indonesia sendiri dalam penggunaan mobil mungkin terbilang terselamatkan karena bukannya tidak bisa menggunakan mobil tetapi padatnya penggunaan jalan oleh sepeda motor dan sempitnya beberapa jalan di indonesia.

Sisi buruknya untuk orang-orang yang memiliki ketakutan pada kendaraan roda empat ini mungkin akan sulit untuk berpergian ke berbagai tempat.

BACA JUGA : ALGOPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA RASA SAKIT

    Nah, Apakah Amaxophobia memang sesulit itu untuk berpergian dan seperti apa rupanya Amaxophobia yangterlihat unik ini.

  • Apa itu Amaxophobia

Amaxophobia merupakan seseorang yang memiliki rasa takut saat naik atau mengendarai mobil, bisa dari pengemudi maupun penumpang.

Nah, padahal Amaxophobia ini banyak sekali orang yang mengidap gangguan ini namun anehnya banyak juga yang tidak menyadari bahwa diri mereka memiliki amaxophobia.

Jika bisa di perjelas lagi, sebenarnya orang yang mengidap Amaxophobia ini bukannya takut kepada mobil, tetapi mereka takut pada apa-apa saja hal buruk yang terjadi pada saat berada di dalam mobil tersebut, (Kecelakaan).

Hal ini lah yang menjadikan penyebab utama terjadinya gangguan kecemasan yang berlebihan.

  • Ciri Ciri dan Gejala Amaxhophobia

Berikut beberapa gejala atau ciri-ciri yang biasa ditimbulkan pengidap Amaxophobia, sebenarnya tetap ada kesamaan gejala dengan phobia lainnya karena sama-sama kecemasan berlebihan.

Gejala Gejala
1. Nyeri pada dada
2. Detak jantung lebih cepat  
3. Pusing
4. Mual 
5. Gemetar
6. Muntah
7. Ketakutan
8. Serangan panik

    Gejala ini biasanya terjadi karena imajinasi negative yang muncul saat berada dalam kendaraan, membayangkan kejadian buruk dan khayalan-khayalan mengerikan saat berada di dalam kendaraan seperti tertabrak, terbalik, jatuh ke jurang, dan lainnya.

Umunnya para penderita amaxophobia khawatir terhadap orang-orang terdekatnya bila mana khayalan mereka menjadi kenyataan sehingga akan berakhir menjadi menimbulkan gejala-gejala yang di sebutkan.

  • Cara mengatasi Amaxophobia

Seperti phobia pada umumnya, rasa ketakutan tersebut terjadi dari psikologis dan alam bawah sadar sehingga mulai mengganggu kehidupan si pasien.

BACA JUGA : AEROPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA PENERBANGAN

Penyebab terjadi nya phobia pun bisa bermacam-macam, dari faktor lingkungan, kodisi psikologis lain yang bisa menjadi pemicu terjadinya phobia, atau kejadian trauma pada masa lalu.

1. Hipnoterapi

Hipnoterapi atau sebuah terapi yang menggunakan metode hipnosis atau hipnotis, yaitu suatu teknik terapi yang digunakan agar membuat pasien masuk kedalam alam bawah sadarnya sehingga keadaan akan lebih rilex untuk berkonsentrasi.

Metode ini bekerja dengan memberikan sugesti denagn mengulangi kata-kata tertentu secara teratur sehingga pasien mulai membayangkan sesuatu yang berhubungan dengan phobia tersebut.

2. Obat - obatan

Dokter menyarankan memakan obat yang direkomendasikan untuk meringankan kondisi kecemasan berlebihan yang di alami pasiennya, terutama jika keadaan sudah mulai sangat-sangat mengganggu.

Biasanya yang disarankan untuk dikonsumsi ialah obat Anti depresan atau Ansietas (Obat anti-cemas)

3. Bermeditasi

Pada Amaxophobia meditasi merupakan salah satu metode yang di anjurkan, karena inti dari metode bermeditasi ialah menenangkan pikiran dan aliran pernapasan.

Dari hal tersebut bisa di simpulkan bahwa pasien dianjurkan sekali mengikuti metode meditasi, pikiran yang tenang tidak akan menimbulkan khayalan-khayalan aneh dan buruk pada pasien.

Metode meditasi sendiri bisa kita temukan dengan mudah dengan melihat beberapa channel di youtube atau di website-website lainnya, mungkin yoga juga bisa termasuk metode karena hampir sama juga dengan metode meditasi.

  • Sembuh ?

Iyaa pastinya, dengan bantuan terapi dan medis yang tepat lambat laun penderita Amaxophobia akan bisa di atasi, begitu juga dengan phobia yang lainnya. Hal yang harus kita ketahui ialah untuk penyembuhannya tentu tidak akan menghabiskan waktu yang singkat.

BACA JUGA : ANROPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA PRIA

Kita bisa mencoba sesekali melatih diri untuk berkendara atau menumpang sampai bisa mengendalikan fobia ini.

Tetap saja harus, mengikuti instruksi yang diberikan dan baiknya di tangani atau di awasi dengan yang ahlinya.

Posting Komentar untuk "Amaxophobia, Ketakutan berlebihan pada Mobil"