Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gen Z!! 3 Pilihan Karir bagi Gen-Z yang Sangat Menjanjikan

Generasi Z atau yang sering juga disebut sebagai Gen-Z adalah generasi yang lahir di tahun 1997-2012. Generasi Z juga dikenal sebagai penerus generasi millenial atau Generasi Y.

Jumlah mereka menurut data dalam sensus penduduk tahun 2020 sebesar 27,94 % dari total 270 jiwa penduduk Indonesia.

BACA JUGA : 10 SKILL YANG HARUS DIBUTUHKAN DI BEBERAPA TAHUN KEDEPAN

Usia mereka yang terbilang masuk ke dalam usia produktif dinilai oleh banyak orang sebagai generasi yang bersahabat dengan internet.

Gen-Z terbilang gampang beradaptasi dengan teknologi dan perkembangan zaman yang semakin hari semakin pesat.

Dibanding dengan generasi-generasi sebelumnya, generasi Z memiliki banyak pilihan di beberapa bidang pekerjaan dan peluang karir yang menjanjikan.

Jika generasi sebelumnya memiliki pekerjaan idaman sebagai PNS, pekerja kantor atau pekerja pemerintahan, Gen-Z cenderung tidak tertarik atau ogah untuk melakukan pekerjaan yang menuntut mereka kerja dari pagi pulang sore hari.

Gen-Z lebih nyaman bekerja santai, bebas kreatif, inovatif, sekaligus berbasis teknologi. Lihat saja bagaimana jenis-jenis pekerjaan zaman sekarang yang banyak di minati oleh Gen-z.

1. Penulis

Menjadi penulis bagi Gen-Z merupakan sebuah profesi yang banyak digemari. Jika dulu seorang Penulis dianggap sebagai profesi yang eksklusif. Sekarang ini, menjadi penulis bisa digeluti oleh siapa saja.

BACA JUGA : PEKERJAAN SAMPINGAN UNTUK ANAK SMK DENGAN GAJI BESAR

Ada banyak platform-platform yang mewadahi bagi para penulis pemula hingga penulis handal yang bisa cukup memberikan penghasilan yang menjanjikan.

Sebut saja misalnya seperti platform Wattpad, Storial.co, Novelme, atau menjadi penulis freelance dan masih banyak lagi.

Beberapa platform tersebut memberikan fasilitas yang cukup menggiurkan bagi penulis yang konsisten bila menulis di sana. Penghasilan yang bisa didapatkan oleh Gen-Z mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

2. Infulencer

Bagi Gen-Z, media sosial adalah sahabat terdekat mereka. Generasi Z merupakan generasi yang banyak menghiasi Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan media sosial lainnya. 

Aktifnya Gen-Z di media sosial serta konten-konten yang mereka buat bertujuan untuk memberikan daya tarik yang dapat menarik orang-orang untuk menjadikan follower.

BACA JUGA : 8 CARA YOUTUBER MENDAPATKAN PENGHASILAN HINGGA RATUSAN JUTA

Bila kita memiliki follower media sosial terutama jika kita banyak followernya, maka bisa sangat membantu untuk berkarir sebagai seorang Influencer.

Influencer sendiri merupakan seorang yang memiliki banyak follower dan mampu mempengaruhi follower mereka. Influencer bisa berupa seorang blogger, podcaster, youtuber, selebgram, dan beberapa publik figur lainnya.

Seseorang bisa dianggap sebagai Influencer jika ia mampu memengaruhi audiensi dalam komunitas media sosialnya.Dari pengaruh itulah yang dapat dijadikan kekuatan penting seorang influencer untuk berperan sebagai pemasaran produk, program pemerintah, atau pemain media.

Penghasilan seorang influencer juga tidak main-main tergantung dari seberapa berpengaruhnya mereka sebagai seorang infulencer bagi follower mereka.

BACA JUGA : FONT PSIKOLOGIS SEBAGAI DAYA TARIK DALAM DUNIA PEKERJAAN & DESIGNER

Ditaksir, mereka dapat meraup penghasilan hingga milyaran rupiah perbulannya tanpa harus kerja dari pagi hingga sore.

3. Konten Kreator

Semakin hari, jumlah orang yang masuk ke dalam dunia Konten Kreator semakin bertambah. Jadwal yang fleksibel, lokasi kerja yang tidak monoton, dan penghasilan yang menjanjikan menjadi alasan utama jika profesi konten kreator banyak digemari orang-orang.

Konten Kreator merupakan profesi yang melahirkan konten berupa video, gambar, tulisan, suara, atau gabungan dari dua atau lebih konten.

Di era digital seperti sekarang ini, konten terbaik dan menarik merupakan bahan utama untuk dijadikan sebagai daya tarik utama penghasilan kita, mengingat derasnya informasi yang terjadi bisa dengan mudah di dapatkan.

BACA JUGA : TIPS BAGAIMANA BERKARIER DARI RUMAH

Sehingga topik-topik yang dapat dijajaki oleh para konten kreator lebih luas dan beragam. Semua bidang membutuhkan sosok konten kreator yang handal.

Penghasilan menjadi seorang konten kreator bisa dibilang cukup menjanjikan. Mulai dari jutaan rupiah hingga milyaran rupiah dengan lokasi kerja yang bebas dan jadwal kerja yang fleksibel.

BACA JUGA : PAKAIAN TREND 2021 BIKIN WANITA LEBIH TAMPAK STYLISH

    Ke 3 profesi ini dapat menjadi pilihan karir bagi Gen-Z yang hidup di lingkungan teknologi dan arus informasi yang melimpah. Tapi ingat! Tidak semua Gen-Z punya keterampilan ini. Harus Berlatih, Konsisten, dan Kerja Keras aga bisa mencapai puncak kesuksesan.

Posting Komentar untuk "Gen Z!! 3 Pilihan Karir bagi Gen-Z yang Sangat Menjanjikan"