Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Algophobia, Ketakutan berlebihan pada Rasa Sakit

Algophobia - kita tau bahwa fobia merupakan kondisi dimana pengidap mengalami kecemasan secara berlebihan terhadap suatu hal yang berkaitan dengan objek atau pada kondisi tertentu dan gangguan algophobia merupakan salah satu dari jenis gangguan kecemasan tersebut. 

BACA JUGA : AICHMOPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA BENDA TAJAM

  • Apa itu Algophobia

Gangguan algophobia sendiri sering dianggap orang-orang bahwa pengidapnya sebagai seseorang yang pengecut, lebay, cengeng, atau penakut.

Nah, bagi pengidap phobia ini pun tidak perlu merasa kecewa karna phobia ini merupakan hal yang lazim buat semua orang.

Algophobia merupakan jenis phobia yang memiliki rasa takut secara berlebihan dan sangat tidak rasional terhadap rasa sakit atau nyeri, walaupun hanya secuil saja.

Orang yang mengidap ini akan merasakan sakit yang sangat teramat sakit jika mereka merasakan secuil saja rasa sakit, walaupun ada yang orang dewasa sekalipun tapi dampak dari rasa sakit kecil tersebut terbilang tidak membuat rasa nyeri, namun ntah kenapa bisa berlebihan sakitnya.

BACA JUGA : ACHLUOPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA KEGELAPAN

Mungkin terdengar lucu buat kebanyakan orang, tapi tidak bagi mereka. mereka mengalami masalah pada bagian psikologis atau kejiwaannya bukan pada bagian fisik, dan hal ini lah yang bikin susah untuk di sembuhkan.

  • Ciri Ciri dan Gejala Algophobia

Beberapa gejala atau ciri-ciri yang ditimbulkan seseorang algophobia bisa bermacam-macam dan ini diakibatkan jika mereka mulai merasa akan disakiti, bisa dari seseorang atau objek-objek tertentu.

Berikut beberapa gejala-gejala yang timbul pada Algophobia :

GejalaGejala
1. Pusing
2. Mual
3. Jantung berdebar kencang
4. Berkeringat dingin 
5. Serangan panik
6. Muntah
7. Ketakutan
8. Gemetar

Nah, Kita ataupun teman kita yang ada phobia ini dan mengalami gejala-gejala tersebut sebaiknya segera ditangani dengan serius, harus tetap tenang dan pastikan kalau kita mendampingi dirinya terus.
  • Cara mengatasi Algophobia

Penyebab dari phobia ini bisa pula dari faktor lingkungan, kondisi psikologis lain yang membuat ini terjadi, atau karena suatu kejadian masa lalu yang menimbulkan tramua.

Ketika orang algophobia mengalami rasa nyeri di tubuhnya, psikologis mereka akan memberikan dampak yang memperparah rasa nyeri dan membuat fobianya akan terus membesar.

1. Terapi Kognitif

Pasien phobia akan di sarankan untuk mengikuti Cognitive behavior therapy (CBT) salah satu teknik psikoterapi yang paling umum disarankan untuk mengatasi fobia, yang dimana para psikiater akan mewawancari dan menggali lebih dalam mengenai bagaimana pasien mempunyai phobia tersebut.

bila sudah di ketahui penyebab fobia, maka psikiater akan mencoba memberikan solusi dan mendiskusikan diri bersama dengan pasien tentang solusi yang akan dilakukan untuk mengatasi penyakit dan gejala-gejala yang akan datang.

2. Hipnoterapi

Hipnoterapi atau bisa dibilang juga terapi yang menggunakan metode hipnosis atau hipnotis, yaitu suatu teknik terapi yang digunakan agar membuat pasien berada dalam keadaan rilex agar bisa lebih fokus dan konsentrasi dengan pikirannya sehingga sangat membantu sekali dalam proses penyembuhan berlangsung.

Dengan keadaan diri pasen yang sudah rileks, ahli medis akan melakukan sugesti akan lebih mudah karena pasien sudah rilex jadi lebih mudah merespon.

Metode ini bekerja dengan memberikan kata-kata tertentu secara berulang-ulang dan meminta agar pasien membayangkan sesuatu.

BACA JUGA : ANROPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA PRIA

Para tenaga ahli masih percaya bahwa menerapkan terapi ini bisa memberikan dampak yang lumayan besar juga bagi pasien yang mengalami masalah psikologis, phobia salah satunya.

dari mengatasi rasa sakit, rasa gugup yang berlebihan, gangguan prubahan mood, bahkan bisa menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok atau minum-minum.

Tapi teknik ini masih terbilang kontroversi karena kebanyakan ada yang bersifat permanen dan ada juga yang tidak, tapi tetap ada dampaknya kok selama diikuti sesuai instruksi.

3. Obat - obatan

Dokter akan menyarankan memberikan obat untuk meringankan kondisi kecemasan berlebihan yang di alami pasiennya, terutama jika keadaan mulai mengganggu kegiatan sehari-harinya.

Dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi obat Anti depresan dan Ansietas (Obat anti-cemas)

    Pada saat melaksanakan terapi kognitif (CBT) biasanya dokter akan mengombinasikan obat anti depresan atau Antisietas untuk mempermudah proses penyembuhan dan meredakan gejala yang dialami pasiennya.

BACA JUGA : SCOPOPHOPBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN KETIKA DI PANDANG ORANG LAIN

    Pencegahan pengidap phobia tidak semuanya ada, kecuali menghindari dari apa yang menjadi penyebabnya saja, tetapi tetap tidak ada cara khusus yang bisa di lakukan secara sendiri menghilangkan phobia ini, tetap harus dilakukan dengan yang ahlinya.

Posting Komentar untuk "Algophobia, Ketakutan berlebihan pada Rasa Sakit"