Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bagaimana Berkarier dari Rumah | Work from home

Halo, Memasuki zaman pandemi sekarang ini membuat hidup kita menjadi dipersulit. Kita sering mendengar orang-orang berkata bangun karier sendiri aja, pasti yang akan langsung terlintas di pikiran kita adalah bekerja di sebuah lembaga atau perusahaan.

Padahal, karier juga tidak dapat dinilai hanya sebatas dari situ saja. Karena pada kenyataannya, kita juga bisa berkarier kok dari rumah.

BACA JUGA : PEKERJAAN SAMPINGAN UNTUK ANAK SMK DENGAN GAJI BESAR

Apalagi dengan masa pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini, yang mengakibatkan hampir semua kegiatan harus dilakukan ‘di rumah aja’.

Bahkan, banyak lapangan pekerjaan yang ditutup, sehingga pengangguran pun makin meningkat dari hari ke hari seperti yang kita katakan di awal, hidup kita makin sulit.

Tentu kita harus mencari jalan keluar dari masalah ini. Jadi, bagaimana sih cara memulai karier meski di rumah aja? Berikut ini ada beberapa tips-tips yang bisa kita terapkan.

1.  Temukan Passion

    Passion adalah kecenderungan seseorang untuk melakukan apa yang disukai atau dianggap penting. Passion ini bisa Anda temukan dengan cara memikirkan kegiatan apa yang paling Anda senangi untuk dibahas. Selain itu, Anda juga bisa menuliskan kelebihan maupun impian Anda saat masih kecil untuk menemukannya.

Misalnya, Anda suka menulis diary atau mengarang cerita. Selama menulis, Anda senang dan tidak merasa jenuh meskipun Anda menghabiskan waktu berjam-jam. Nah, bisa jadi passion Anda adalah menulis.

Contoh lainnya, Anda suka memasak dan mencoba berbagai resep baru. Bahkan, Anda sampai meluangkan waktu untuk memasak dan begitu menikmatinya. Itu tandanya, passion Anda adalah memasak.

2. Mengikuti Program Online sesuai Passion

    Setelah menemukan passion, kita harus mencari dan mengikuti program online yang sesuai dengan passion apa yang kita miliki. Jika passion kita itu menulis, maka carilah informasi mengenai program yang berkaitan dengan dunia ke penulisan.

Saat ini, kita begitu mudah menemukan kelas menulis mulai dari yang gratis hingga berbayar. Seperti di website menulisonline dan institutpenulis. Kita bisa memanfaatkannya untuk mengasah kemampuan yang kita miliki. Dengan Mengikuti Program seperti ini, kita bisa mendapatkan ilmu ke penulisan lebih banyak lagi.

BACA JUGA : 10 SKILL YANG HARUS DIBUTUHKAN DI BEBERAPA TAHUN KEDEPAN

Begitu pula dengan passion-passion lainnya. Seperti passion membuat desain grafis, maka Anda bisa mengikuti kelas desain grafis online. Jika passion Anda adalah berdagang, maka Anda bisa mendaftar menjadi marketer atau reseller dari sebuah produk. Beberapa pemilik usaha biasanya menyediakan modul untuk memasarkan produk mereka.

3. Memulai Karier

Ketika kita telah menemukan passion dan mengikuti program online yang dapat menunjang skill kita, kita sudah bisa untuk memulai karier.

BACA JUGA : 8 CARA YOUTUBER MENDAPATKAN PENGHASILAN HINGGA RATUSAN JUTA

Meskipun baru memiliki bekal yang sedikit pun, tetap tidak ada salahnya jika kita mencoba hal ini, bukan?

Nah, Memulai Karier dari nol itu tidaklah sesulit yang dibayangkan jika kita memiliki tekad yang kuat.

Seringkali yang menyebabkan karier kita terhenti atau bahkan belum pernah dimulai adalah pikiran kita sendiri. Mulai sekarang, mari atur pola pikir kita dengan memikirkan hal-hal yang positif saja.

Sebab sebuah karier tidak akan pernah ada jika kita terus menundanya. Apalagi, penundaan itu disertai dengan rasa takut akan kegagalan.

Percayalah, kegagalan itu adalah pintu untuk menuju kesuksesan.

Untuk meraih kesuksesan itu, kita harus memiliki niat yang benar dan mental yang kuat. Kita juga perlu merasakan kegagalan terlebih dahulu. Agar saat kita sukses nanti, kita tidak mudah menyerah saat harus menghadapi masalah yang besar.

BACA JUGA : 3 PILIHAN KARIR BAGI GEN-Z YANG SANGAT MENJANJIKAN

    Jadi, berkarier dari rumah itu sangat bisa kita lakukan. Tergantung sebesar apa semangat dan usaha kita untuk mewujudkannya. Juga ketekunan dan ke disiplinan yang diterapkan dalam menjalaninya.

Namun, jangan lupa berdoa kepada Sang Pencipta agar diberi kemudahan dalam menapaki perjalanan karier kita. Karena sekuat apa pun kita berusaha untuk mencapainya, kesuksesan itu tidak akan didapatkan jika Allah tidak menghendakinya terjadi.

    Demikianlah yang bisa kami sampaikan tentang tips-tips untuk mulai berkarier dari rumah. Selamat mencoba!

"Kalau mau galau, galaulah tentang Studi dan Karir yang super, bukan soal cinta yang belum waktunya."

- Mario Teguh -

Posting Komentar untuk "Tips Bagaimana Berkarier dari Rumah | Work from home"