Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Scopophobia, Ketakutan Berlebihan ketika di Pandang Orang Lain

Halo, Semuanya. Umumnya kita semua sudah mengetahui bahwa mata tidak hanya memiliki fungsi untuk melihat, tetapi juga mempunyai fungsi lain seperti, melihat ekspresi seseorang. Hal itu terjadi ketika kita melakukan kontak mata terhadap orang lain, dan kita bisa mengetahui nya.

BACA JUGA : ACHLUOPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA KEGELAPAN

    Namun bagi pengidap Scopophobia, sepertinya sulit terjadi di karenakan mereka sulit untuk membedakan makna dari tatapan atau kontak mata dari orang lain, Jadi?.

  • Apa itu Scopophobia?

Scopophobia juga termasuk fobia sosial, yang dimana kasus para penderita phobia ini merasakan cemas secara berlebihan ketika sedang melakukan kontak mata dengan lawan bicaranya atau juga terhadap sekitar yang menatap tajam kepadanya.

    Namun, orang yang mengidap scopophobia itu bukanlah dan sangat berbeda dengan pemalu. Karena, berbeda dengan pemalu, orang yang mengidap penyakit ini hanya merasakan rasa takut yang sangat ketika melakukan kontak mata dengan orang lain, dan bukan rasa malu.

  • Pengidap Scopophobia

    Para dokter di CDC ( Centers for Disease Control and Prevention) memperhatikan bahwa beberapa orang yang dengan kondisi neurologis seperti sindrom Epilepsi dan Tourette juga dapat memiliki fobia sosial seperti ini, mungkin ini di akibatkan karena gejala kondisi ini terkadang dapat menarik perhatian publik.

Karena, Pada sebagian besar kasus, orang-orang yang memiliki scopophobia juga memiliki kondisi kecemasan sosial yang lain. bisa 2 atau 3 dan sebagainya. yaitu, gangguan mental yang memiliki hubungan satu sama lain, scopophobia yang artinya memiliki kecemasan berlebihan ketika berkontak mata, yang pasti penderita juga mengalami Social Anxiety Disorder dan bisa juga ada Autism Spectrum Disorder

  • Ciri - ciri pengidap Scopophobia

1. Berkeringat atau gemetar   4. Jantung berdetak kencang    7. Khawatir berlebihan

2. Gelisah                                5. Wajah memerah

3. Serangan panik                   6. Mulut kering

    Jika kita melihat di beberapa phobia sosial lainnya ada juga yang mengalami gejala-gejala yang hampir mirip dengan yang diatas.

  • Penyebab Scopophobia

    Adanya kejadian traumatis yang dulu pernah terjadi kepada penderita, seperti pembullyan, perundungan, atau pun kecelakaan. Di duga sebagai penyebab utama dan paling sering terjadi sebagai tanda awal terjadinya penyakit scopophobia.

  • Pengobatan Scopophobia

    Terapi eksposur dan terapi kognitif dapat mengatasi dan membantu pengidap scopophobia. Dan buat beberapa gejala kecemasan dapat di redakan juga dengan pengobatan. Yang paling utama adalah harus di pastikan ke ahlinya yaitu dokter, untuk tahu resep apa yang tepat untuk menangani kondisi ini.

BACA JUGA : AGORAPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA KERAMAIAN

    Namun, jika emang sudah terdesak kita juga bisa menggunakan self-care action yaitu kita bisa mengatasi nya dengan beberapa cara, seperti mengatur pernafasan agar kembali normal, tutup mata biar tenang, exercise ringan yang membuat tubuh rileks, pergi ketempat yang visual nya rasa menenangkan hati.

"Ketakutan dan Penolakan adalah musuh terbesarmu. Bebaskanlah perasaan itu."

- Eva Sri Rahayu -

Posting Komentar untuk "Scopophobia, Ketakutan Berlebihan ketika di Pandang Orang Lain"