Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pekerjaan sampingan untuk anak smk dengan gaji besar

Kerjaan untuk Anak SMK - Halo semuanya, Jika kita berbincang tentang pekerjaan sampingan apa untuk anak yang baru lulus SMK, yang memiliki gaji yang besar. Mungkin sebagian besar orang tidak akan percaya dan memikirkan hal seperti ini, karena penghasilan yang besar bagi anak yang cuman lulus smk itu terdengar mustahil bagi kebanyakan orang.

BACA JUGA : TIPS BAGAIMANA BERKARIER DARI RUMAH

Tapi, tahukah mereka bahwa ada beberapa jenis pekerjaan bahkan bisnis yang membuat kita bisa memiliki gaji yang besar hanya dalam beberapa bulan.

Beberapa pekerjaan sampingan ini juga berguna untuk semua kalangan siswa/i pelajar, dari SD - Mahasiswa sekalipun. Kalau dari SD sudah bisa kan, kenapa tidak?.

1. Dropshipper

Pada tahun 2021, pendapatan dari bisnis online bakalan mencapai $14,47 miliar.  Dan pencapaian itu diprediksi bahwa Indonesia akan menjadi pasar ecommerce terbesar di daerah Asia.

Maka, Dropshipper merupakan salah satu bisnis sampingan yang cukup potensial untuk menambah penghasilan, karena pada skema bisnis dropship terbilang lebih mudah, tak perlu adanya ruang untuk penyimpanan barang dagang kita, dengan minimal risiko terjadi nya masalah sekaligus yang paling penting bagi pelajar ialah minimnya modal untuk memulai usaha dropshipper.

BACA JUGA : TEORI MENARIK TENTANG SATU HOBI SATU FREKUENSI

Yang kita perlukan saat melakukan bisnis dropshipper, kita sudah terbiasa dengan apa itu ecommerce, mengerti seperti apa permintaan pasar sekarang, dan  kita rajin untuk mempromosikan barang dagang kita.

Estimasi gaji seorang dropshipper bisa kita hitung sektiar jutaan perbulan, dengan menghitung 1 penjualan barang kita akan mendapatkan sebuah komisi, sebagai contoh barang mak up terjual 1 barang, komisinya sekitar 10ribu-25ribu-an dengan rata-rata sekitar 10-20 barang yang terjual per hari, hasilnya sekitar Rp.3 juta-an.

2. Jasa Menulis Artikel (Content Writer)

Kita hidup di zaman digital yang dimana sumber untuk menimbah ilmu bisa di dapatkan dengan mudah tanpa harus membeli buku dan segala macamnya. 

Itulah alasan kenapa Content Writer sebagai salah satu pekerjaan sampingan yang paling mumpu bagi seorang pelajar. Penulis professional dengan pengetahuan luas dalam penulisan, mampu membuat berbagai konten-konten menarik dan berkualitas untuk para netizen yang aktif di dunia internet.

Untuk menjadi penulis juga kita tidak bisa sembarangan dalam menulis isi artikelnya bagaimana, kita tetap harus memperhatikan beberapa hal.

  • Melakukan riset pada traffic
  • Memahami SEO (Search Engine Optimization)
  • Bisa menulis berbagai gaya penulisan
  • Up to date pada trending topik
  • Memahami teknologi.

Mungkin terdengar gampang ya, ternyata banyak kan yang harus di perhatikan dalam di pekerjaan ini. Iya memang, setiap pekerjaan memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus di pegang.

BACA JUGA : 10 SKILL YANG HARUS DIBUTUHKAN DI BEBERAPA TAHUN KEDEPAN

Di balik hal itu pastinya kita boleh dong, mengintip sedikit berapa sih penghasilan dari content writer ini.

Untuk gaji Full Time seorang content writer bisa mencapai Rp.4 juta-an tergantung dari perusahaan yang melakukan tawar menawar kepada kita. Bagi seorang content writer Freelance, gaji bisa mencapai Rp.2 juta Rp.4 juta-an tergantung dari berapa harga yang kita tentukan dan banyaknya pesanan yang kita terima.

3. Desain Grafis

Pekerjaan dari Desain Grafis menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion baik untuk penerbit maupun media cetak dan elektronik, dan Tugas dari seorang desain grafis ialah bagaimana cara kita menyampaikan informasi mengenai suatu produk agar terlihat menarik dengan menerapkannya sesuai dengan keinginan klien.

BACA JUGA : 3 PILIHAN KARIR BAGI GEN-Z YANG SANGAT MENJANJIKAN

Saat ini untuk jenjang karier seorang desain grafis belum terlalu banyak tersebar di Indonesia yang dimana jika kita tidak melihat kedepan hal ini akan sangat-sangat di sayangkan, dengan alasan yang kuat bahwa desain grafis untuk sekarang dan kedepannya pasti akan sangat di cari, karena zaman digital ini.

Untuk memulai menjadi seorang desain grafis tidaklah mudah, tidak ada yang mudah dalam memulai sesuatu. Tetapi kita bisa melihat tips & trik untuk belajar bagaimana melakukannya di website atau buku-buku, dan juga dari mentor professional.

Kenapa pekerjaan sampingan yang satu ini bisa kita rekomendasikan, karena pekerjaan ini bisa di kerjakan dalam jarak jauh via internet. Jadi bagi pelajar hal ini terbilang sangat di rekomendasikan, karena mengerjakannya di rumah. Via internet maksudnya kita bisa mengirim desain kita melalui email, whatsapp, dll.

BACA JUGA : FONT PSIKOLOGIS SEBAGAI DAYA TARIK DALAM DUNIA PEKERJAAN & DESIGNER

Untuk gaji desain grafis sendiri tergantung sih, seberapa banyak pesanan, harga, dan hadiah dari event-event yang kita ikuti. Event sendiri itu tergantung ya bagaimana pembagian hadianya. Rata-rata gaji Fresh Graduate bisa berkisar dari Rp.4 jutaRp.6 juta-an perbulannya.

3. Youtube-r

Banyak peluang yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan, terutama dari internet yang dimana kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Salah satunya Ialah platform Youtube, dimana membuat video Youtube dinilai menjadi ladang untuk mendapatkan uang.

Jika kita melihat dari youtuber-youtuber di luarsana, mereka bahkan ada yang menjadikan profesi youtube sebagai profesi penuh waktu mereka, mereka tidak perlu melakukan pekerjaan sampingan lainnya. 

Karena dari Youtube sendiri bisa kita lihat gaji seorang youtuber sukses bisa mencapai ratusan juta bahkan milayaran rupiah per tahunnya.

Maka dari itu, tidaklah heran banyak dari generasi sekarang yang mengikuti jalan ninja tersebut dengan mengharapkan gaji besar daripada melakukan pekerjaan yang membutuhkan usaha yang besar.

4. Penerjemah

Penerjemah sendiri terbagi 2 yaitu :

  • Penerjemah Tulisan (Translator)

Penerjemah Tulisan sering di definisikan sebagai pekerjaan yang menerjemahkan dokumen asli dari satu bahasa ke bahasa yang lain dengan tetap menjaga keaslian dari isi buku/dokumen yang diterjemahkan.

  • Penerjemah Lisan (Interpreter)

Penerjemah lisan memerlukan banyak keahlian bahasa dan di haruskan untuk berkonsentrasi terhadap apa yang akan di terjemahkan. Karena waktu untuk menerjemahkan sangatlah pendek, penerjemah harus berkonsentrasi pada perkataan narasumber, dan disaat yang bersamaan seorang penerjemah harus memikirkan terjemahan dari apa yang di katakannya.

BACA JUGA : KENAPA HABIT MERUPAKAN ALASAN KITA MENJADI SUKSES?

Untuk seorang pelajar biasanya kebanyakan berada di penerjemah tulisan, tentunya menjadi seorang freelance. Jika ingin mencari beberapa lowongan pekerjaan penerjemah, kita bisa melihat situs-situs web seperti komik, blogger, majalah, atau bisa kita coba menawarkan diri di sosial media.

Pada gajinya sendiri penerjemah tulisan pastinya lebih rendah daripada penerjemah lisan, karena untuk Interpreter membutuhkan lebih banyak effort secara langsung pada saat menerjemahkan. Gaji keduanya berkisar Rp.3 juta - Rp.7 juta-an, besar gaji yang di sebutkan bisa saja beragam.

5. Endorsement

Endorsement adalah usaha untuk mendukung suatu produk atau layanan dengan adanya tujuan tertentu. Namun, endorsement tidak hanya mencakup kepada produk dan layanan saja tetapi juga bisa hal-hal lainnya.

Untuk kalangan pelajar seperti kita ini pastinya hanya produk yaa, seperti make up, sepatu, baju, peninggi badan, perbesar badan, dan lainnya.

Cara kerjanya simple bagi seorang pelajar, yang di utamakan adalah kita harus ada gram nya dulu, jadi selebgram dulu. Karena hal utama yang di perlukan untuk meyakinkan produk ke orang lain adalah public figure, agar produk yang di tawarkan lebih terpercaya. Wah, hebat banget.

BACA JUGA : ADAKAH HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN KETIKA MEMASUKI 20 UMUR AN?

Kita tetap bisa menjadi endorsement tanpa harus menjadi public figure yaitu di instagram, yang syarat utama menjadi endorsement nya ialah followers harus banyak. Denga cara, kita bisa membuat akun dengan isi konten kita kata-kata romantic,bijak, atau solusi hidup, dan lainnya, dan pastikan konten kita original.

Gaji endorsement sendiri beragam tergantung bagaimana kesepakatan kita dengan pihak yang memegang produk tersebut, misalnya di instagram kita di endorse barang, dengan ketentuan per-postingannya, bisa 50ribu atau 100ribu-an bahkan ada jutaan. Dengan paid-promote juga ada, yaitu dengan batas waktu posting, atau juga dengan review barang endorse juga ada.

6. Pedagang Kaki Lima

Pedagang kaki lima (PKL) pasti sudah tau lah semua artinya, gak perlu di jelasin. PKL kebanyakan jualan di pinggir-pinggir jalan raya, biasanya para pedagang akan berjualan dengan menggunakan gerobak atau menggelar dagangan mereka di situ. Dan pastikan tidak ada HT nya yah (canda pak).

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA BERPIKIR YANG BENAR AMBIL KEPUTUSAN

Mungkin bagi pelajar hal ini akan sedikit menguras urat malunya, walaupun begitu kita tidak boleh salah sangka juga. Kita contoh kan pedangang kaki lima Fried Chicken (5 ribuan), mereka berjualan sebulan bisa mendapatkan omzet sebesar Rp.15 juta-an, dengan gaji bersih Rp.3 juta-Rp.4 juta-an perbulan. Gaji bersih itu potongan untuk bahan keperluan jualan.

Untuk gaji atau omzet, itu tergantung dari bagaimana penjualan kita. Jika orang-orang hanya sedikit yang membeli dagangan kita, itu percuma saja.

    Untuk pelajar SMK atau sudah mahasiswa juga lakukan lah hal ini, pekerjaan sampingan. Kecil-kecilan pun tidak masalah, kalau pun ternyata sukses itu rezeki dan keberuntungan bagi kita. Kita juga belajar bagaimana mencari uang itu dan bagaimana rasanya membayar kebutuhan kita, uang sekolah atau uang kuliah tanpa membenani orang tua. Jika kita mengerti hal ini, kita sudah dewasa. Sekian.

"Jangan enggan untuk Mandi Keringat di Usia Mudamu. Agar kelak tak Mandi Air Mata di Usia Senjamu"

Posting Komentar untuk "Pekerjaan sampingan untuk anak smk dengan gaji besar"