Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa habit merupakan alasan kita menjadi sukses?

Bagi kita semua sebuah kesuksesan pasti pada umumnya tidak bisa kita dapatkan hanya dengan sekajap mata, dan dari pengutaraan tersebut pula kita juga tahu bahwa banyak juga manusia yang mempunyai pola pikir terbalik dari kenyataan yang diutarakan tadi.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA BERPIKIR YANG BENAR AMBIL KEPUTUSAN

Jika kita mengutip tulisan Yodhia Antariksa dari buku yang berjudul "Get Rich Slowly : Solusi Jitu untuk melawan Jebakan Mentalitas", ia mengatakan bahwa "Hal yang seringkali menjadi hambatan atau distraksi saat ini adalah sebuah mentalitas malas bergerak." seperti yang kita tahu bahwa ini merupakan aktivitas yang sering dilakukan kaum rebahan seperti kita.

    Kita lebih memilih duduk atau tiduran di sofa,kasur, dan sebagainya dengan minuman dekat kita, kemudian tangan memegang HP sambil jari-jari men-tap screen, scrolling timeline media sosial terus-menerus. Habit ini membuat mentalitas diri kita dan pola pikir kita memiliki kecenderungan tidak mau dan malas untuk melakukan tindakan yang ribet atau susah yang membutuhkan konsistensi diri yang penuh.

BACA JUGA : ADAKAH HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN KETIKA MEMASUKI 20 UMUR AN?

Untuk merubah ke mageran diri tersebut harus ditimpa dengan habit yang lain, yang lebih baik. Tidak sedikit orang berharap atas kepastian dan bahkan dengan keberuntungan juga, sebelum disaat kita memulai sesuatu. Dengan harapan bahwa apa yang akan kita lakukan berjalan sesuai dengan apa yang di rencanakan.

    Padahal untuk mencapai posisi yang kita mimpikan membutuhkan dorongan dan kepantasan diri yang sangat kuat. Dalam mencapai visi atau mimpi pastinya kita akan di hadapkan dengan banyaknya perubahan yang entah kapan bisa saja terjadi, hal-hal tidak berjalan sesuai dengan rencana yang padahal kita sudah berusaha secara mati-matian untuk itu.

Kita juga tidak bisa menyalahkan diri kita, kita sendir harus tetap positif agar terus berusaha dengan keras.

Jadi, Habit dan Mindset seperti apa yang bisa membuat kita menggenggam kesuksesan?.

1. Kerajaan tidak dibangun secara instan

    Rumah saja dibangun secara tahap demi tahap dan membutuhkan waktu yang lama untuk selesai, apalagi dengan kerajaan dan apalagi dengan kesuksesan. Pastinya membutuhkan kerja keras untuk membangunnya.

Tentu, jika kita terus konsisten melakukan hal yang mendekatkan kita pada sebuah perubahan, tidak sedikit pula hal yang akan ikut berubah di hidup kita, terutama dari pergaulan, kita akan menemukan orang-orang dengan ketertarikan yang sama, dan banyak lagi hal-hal yang datang seperti kesempatan yang datang dengan sendirinya.

2. Usaha dan Resiko

    Daripada kita mengejar hal yang belum pasti, bukankah lebih baik memilih hal yang membuat kita sedikit tidak bahagia. Begitulah kata beberapa orang. Tidak semua tapi beberapa saja, kami bertanya "Lebih baik mendapat gaji sedikit tapi resikonya kecil atau gaji yang besar dengan resiko besar juga?". Dari hasil survei nya, banyak yang memilih yang pertama.

Padahal usaha bisa mengubah hal-hal yang tidak pasti terjadi menjadi hal yang pasti mungkin terjadi. Jika sebuah hal kita anggap sangat penting, jangan takut untuk memulai dan mengejarnya, meski hal tersebut terlihat sulit bahkan seperti tidak mungkin.

BACA JUGA : INILAH DAMPAK YANG TERJADI JIKA KITA BEKERJA TERLALU KERAS

    Kita bisa memulai habit dari yang kecil secara perlahan hingga suatu saat nanti mulai membesar, seperti pohon yang dari awal secara konsisten dan terjaga kehidupannya yang tumbuh menjadi pohon yang besar. Kita biarkan saja kebiasaan (Habit) tersebut tumbuh hingga menjadi hal yang natural kita lakukan sehari-hari. Ini alasan kenapa sukses itu dari habit.

"Habit is Power (Kebiasaan adalah Kekuatan), Kebiasaan yang dilakukan terus menerus dan berulang ulang akan menjadi Keahlian."

- Andrie Wongso -

Posting Komentar untuk "Kenapa habit merupakan alasan kita menjadi sukses?"