Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Ciri-Ciri Orang yang hanya Ingin Di Dengar

Halo, Ketika ada teman atau sahabat yang tiba-tiba menghubungi dan dia bilang bahwa hatinya lagi sedih (galau), kita pun otomatis ingin berusaha menghibur dirinya, tetapi bukannya terhibur dirinya malah makin baper dan marah-marah. Padahal ya, kita berusaha menghibur dan memberikan nasihat agar keadaan menjadi lebih baik.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA MENCINTAI SESEORANG YANG MEMILIKI ANXIETY DISORDER

    Nah, di situlah yang membuat kita sering lupa hal yang penting bahwa tidak semua orang ketika bersedih ingin di berikan nasihat, melainkan mereka hanya ingin di dengar. Mereka ingin meluap kan apa yang mereka rasakan, dan kita sebagai pendengar harus selalu memperhatikan dan mendegarkan dengan baik.

Mungkin ya, ada juga yang beranggapan bahwa kita yang mendengar malah jadi bahan penampung segala ke gundahan teman atau sahabat kita. Ingat, Dia melakukan hal tersebut karena ia mempercayai kita sebagai teman keluh kesah dirinya, dan itu adalah hal yang baik. Begitu pun sebaliknya, suatu saat kita akan merasakan hal yang sama dan bisa melakukan hal yang sama.

    Dan kita harus tahu bahwa ternyata ada ciri-ciri yang harus di perhatikan jika orang tersebut hanya ingin di dengar.

1. Sensitif

    Biasanya ini sering terjadi ketika orang sedang di terpa masalah yang rumit, orang yang curhat dengan kita cenderung sensitif jika kita sedikit saja meleng saat mereka sedang bicara, apalagi jika kita tidak menyimak baik-baik apa yang mereka katakan. Dan mereka biasanya akan mengatakan hal ini ketika kita tidak menyimak dirinya.

"Kamu ngerti kan maksud aku tadi","Kamu mikirin apa sih, kaya gak fokus gitu","Ihh kamu gak dengerin aku ya".

2. Membantah

    Perhatikan baik-baik lawan bicara kita, ketika kita memberikan nasihat dan saran kepada dia saat dia selesai bicara, biasanya dia akan membantah perkataan kita atau hanya sekedar jawab "iya","Ok", jika dia jawab begitu tandanya dia sudah mulai tidak tertarik lagi curhat. Ingat, perhatikan baik-baik, jika dia membantah tandanya dia hanya ingin di dengar dan tidak butuh nasihat dari kita.

BACA JUGA : APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA TIDAK SEMUA ORANG SUKA KITA?

3. Semangat

    Yaitu, orang yang bersemangat atau antusias ketika bercerita dengan kita. Jika kita sudah sering mengobrol dengan orang-orang, pasti kita akan mudah mengetahui pemicu dari semangatnya seseorang bercerita. Yaitu, ketika kita fokus memperhatikan orang tersebut bercerita, ketika dia makin bersemangat bercerita, itu menandakan kalau dia hanya ingin di dengar.


4. Memihak Dirinya Sendiri

    Bagi kita ketika bercerita dengan orang lain ialah, kitalah narator dari apa yang sedang kita ceritakan, dan kita lah yang paling tahu. Ketika ada orang lain bercerita kepada kita, dirinya akan beranggapan hal yang sama terutama ketika dirinya merasa benar dalam cerita tersebut, itu berarti bahwa dia tidak butuh masukan dari kita dan setuju dengan apa yang dia katakan.

5. Di Perhatikan Baik-baik

    Seperti nomor pertama tadi, kita meleng atau tidak fokus ketika seseorang bercerita kepada kita dan ketika kita ditanya malah respon nya salah. Apa hal yang paling buruk yang bisa terjadi?.

1. Kecewa    3. Sakit hati            5. Meninggalkan kita begitu saja

2. Marah       4. Nangisnya makin menjadi

Jika ada salah satu yang terjadi, itu tandanya dia butuh di perhatikan dengan baik dan kasih perhatian.

6. Rangkum Ceritanya

    Kita tunjukkan kepadanya bahwa kita benar-benar menyimak apa yang dia ceritakan, kita sudah berusaha memahami dirinya. Contoh, jika dia bercerita tentang hubungannya dengan pasangannya dan dia disakiti, kita bisa bantu dengan berikan perhatian kepadanya, bilang bahwa apa yang di lakuin pasangan lo itu bener-bener jahat atau kelewatan.

Kita menunjukkan bahwa kita benar-benar sayang kepada dia dan sudah berusaha benar-benar memahami perasaan dia.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA MENDAPATKAN TEMAN BERKUALITAS

    Pasti melelahkan ketika kita mendengar teman atau seseorang curhat kepada kita, iya memang melelahkan. Tetapi kita ambil sisi positif nya, yaitu orang tersebut menandakan bahwa dia benar-benar mempercayai kita dan merasakan rasa nyaman dengan kita.

"Dibutuhkan dua orang untuk berbicara tentang kebenaran, satu untuk berbicara, dan yang lain untuk mendengar"

- Henry David Thoreau -

Posting Komentar untuk "Inilah Ciri-Ciri Orang yang hanya Ingin Di Dengar"