Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana cara mengatasi Rasa Bersalah kepada Orang Lain

Halo, Apakah kita pernah merasakan yang namanya rasa bersalah?, semua orang pasti pernah merasakan ini kecuali orang yang mengidap kepribadian anti-sosial ya.

Rasa bersalah memang sering muncul di kehidupan sehari-hari kita dan kita rasakan setiap harinya mulai dari kejadian kecil hingga kejadian besar, tetapi apakah kita tau bagaimana mengatasi rasa bersalah terhadap orang lain.

BACA JUGA : LEBIH BAIK, JANGAN MENGHARAPKAN 6 HAL INI DARI ORANG LAIN

Tidak semua orang bisa dengan mudah nya mengacuhkan perasaan ini, terkadang ada yang kepikiran sampai siang dan malam dan bahkan ada yang sampai tidak bisa berkonsentrasi dengan kegiatannya, itulah kenapa orang yang biasanya berpikiran terlalu dalam kepada hal seperti ini mereka tidak bisa mengacuhkannya dengan mudah dan memilih untuk menyelesaikannya saat itu juga.

Yang pertama kali harus kita ketahui ialah, penyebab dari rasa bersalah itu sendiri bisa karena perbuatan kita atau perbuatan orang lain.

Tentunya kita semua tahu bahwa kesalahan atas perbuatan kita sendiri memang di wajibkan untuk meminta maaf kepada yang bersangkutan dan menyelesaikannnya.

Tetapi yang susah nya ialah karena perbuatan orang lain, Antara kita harus mengalah atau murka karena perbuatannya, atau orang tersebut yang meminta maaf kepada kita. Bagi kita yang terkena masalah tersebut hanya memiliki 3 Pilihan saja, mengalah, memaafkannya, dan marah.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA MENGATASI BILA PUNYA TEMAN TIDAK SETIA

Hal pertama yang harus diperhatikan juga penyebab dari terjadinya hal tersebut, kita tidak bisa sembarangan berlapang dada begitu saja, tak semua orang bisa yaa.

1. Apakah kita ada salah bicara kepada orang lain? (menyinggung perasaannya)
2. Kita tidak bisa membantu orang lain? (Merasa tidak enak atau yang lainnya)
3. Menolak permintaan atau ajakan orang lain? (Merasa tidak enak atau lainnya)
4. Kita tidak bisa memenuhi harapan kita sendiri. (Bisa banyak hal)

No.4 bisa banyak hal : Diberikan kepercayaan menangani sesuatu, membantu orang lain, hubungan dengan orang lain, dan cita-cita.

Apakah perasaan bersalah seperti ini normal?, ya ini normal dan wajar tapi kita harus bisa membedakan apakah benar-benar salah kita atau orang lain.

  • Cara mengatasi rasa bersalah kepada orang lain.

1.  Menerima

Salah satu hal yang penting juga ialah kita harus tetap menerima bahwa kita tetap bisa melakukan kesalahan yang terkadang mungkin saja bisa melukai perasaan seseorang. Setiap manusia pasti melakukan kesalahan tidak ada yang perfect dan kita harus menerima karakteristik tersebut, lagian kita tak bisa mengubah hal yang sudah terjadi bukan, kecuali meminta maaf dan menerima.

2. Minta Bantuan Kepada Orang lain

Gunanya ialah untuk meringankan segala beban yang ada. Mungkin saja masalah yang kita hadapi terlalu besar atau sulit sekali di selesaikan, kita bisa mencoba meminta teman, atau siapapun yang kita mau ajak bicara mengenai masalah yang kita hadapi, mungkin nanti dari mereka ada yang memberikan saran atau yaa hanya meringankan beban kita ketika berbicara dengan mereka.

BACA JUGA : PETINGNYA BELAJAR ATTITUDE DARI HAL-HAL YANG KECIL

Note: Curhat dengan orang lain dapat meringankan beban masalah yang ada di hati dan pikiran kita.

    Itulah beberapa cara bagaimana mengatasi rasa bersalah kepada orang lain, tetap bersyukur dan jalani kehidupan dengan tenang saja sudah cukup buat kita, tak usah ada drama-drama dalam hidup itu. lempeng aja, dataaar tapi terarah dengan baik.

"Manusia tak ada yang sempurna. begitu juga dengan kita."

- Irfa Hudaya -

Posting Komentar untuk "Bagaimana cara mengatasi Rasa Bersalah kepada Orang Lain"