Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aerophobia, Ketakutan berlebihan pada Penerbangan

Halo, Seperti yang kita tau bahwa fobia terjadi akibat kecemasan berlebihan terhadap hal yang berkaitan dengan objek atau situasi tertentu. Pada gangguan aerophobia, kecemasan yang berlebihan bisa terjadi akibat berbagai hal, seperti takut ketinggian.

BACA JUGA : ACROPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA KETINGGIAN

Karena pada beberapa kasus para penderita aerophobia juga menyandang fobia lainnya, seperti Klaustrofobia (Takut pada ruang sempit) dan Akrofobia (Takut pada ruang terbuka).

  • Apa itu Aerophobia

Aerophobia merupakan kondisi ketakutan berlebihan yang dialami oleh seseorang saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Penderita Aerophobia biasa sangat menghindari bepergian dengan menggunakan pesawat.

  • Ciri - Ciri dan Gejala Aerophobia

Jika kita merasa mengidap gangguan aerophobia alangkah baiknya untuk memastikannya secara langsung ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis yang menyeluruh kepada kita perihal apakah kita mengidap phobia atau hal lainnya.

Beberapa gejala-gejala yang timbul pada Aerophobia juga hampir serupa dengan beberapa gejala fobia yang lain.

1. Jantung berdebar cepat             5. Sulit konsentrasi
2. Serangan panik                          6. Nyeri pada perut
3. Sakit kepala                                7. Sesak nafas
4. Keringat dingin                            8. Vertigo

    Jika kita mulai menunjukkan gejala-gejala pada saat kita menunggu jadwal penerbangan seperti panic attack atau yang lainnya seperti yang di sebutkan di atas, sebaiknya kita segerakan memeriksa keadaan diri kita kepada dokter atau meminum obat penenang.

  • Cara mengatasi Aerophobia

    Berikut kita akan memaparkan dari berbagai sumber, beberapa cara bagaimana mengatasi fobia terhadap penerbangan.

1. Terapi Kognitif

Cognitive behavior therapy (CBT) salah satu teknik psikoterapi paling umum dilakukan untuk mengatasi fobia , Psikiater akan mewawancari dan menggali lebih dalam mengenai kenapa bisa pasien merasakan Fobia bila naik pesawat., tentu begitu juga tentang keluhan seperti apa yang sering di alami.

Setelah di ketahui apa penyebab terjadinya fobia, dokter akan memberikan solusi dan mendiskusikan bersama dengan pasien bagaimana jalan keluar yang terbaik untuk mengatasi penyakit dan gejala-gejala yang akan datang.

2. Terapi Desensitisasi

Terapi desensitisasi merupakan bagian dari terapi CBT ( terapi kognitif), terapi ini dilakukan dengan memberikan rangsangan yang menyebabkan ketakutan sedikit demi sedikit.

Saat berhadapan dengan hal yang berkaitan dengan fobia, penderita cenderung akan menghindarinya. Pada tahap awal simulasi akan di lakukan sesuai dengan apa fobia dari si penderita dan penderita akan terus di coba menghadapi ketakutannya berulang-ulang hingga tidak merasakan takut lagi.

BACA JUGA : AMAXOPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA MOBIL

Setelah berhasi melakukannya, penderita akan menuju ke bagian tahap selanjutnya yaitu menuju ke situasi yang sebenarnya.

3. Obat - obatan

Obat mungkin tidak terlalu berpengaruh dalam mengatasi kondisi aerophobia. Tetapi, hal tersebut tetap bisa digunakan sebagai sarana untuk meredakan bila mana keadaan memang sudah memaksakan, ada beberapa jenis obat yang bisa di minum untuk meredakan dampak fobia yaitu obat ansietas (obat anti cemas).

4. Tetap tenang

Kita bisa mencoba untuk tetap tenang dengan berdoa atau melakukan kegiatan beribadah terlebih dahulu sebelum ataupun di saat melakukan perjalanan penerbangan, dengan berdoa kita tetap percaya bahwa kita akan terus di lindungi hingga kita sampai di tujuan.

    Fobia tetap dapat di cegah dengan beberapa upaya, asalkan kita tetap terus mencari tau informasi bagaimana cara mengatasi ketakutan dan bagaimana menghilangkan fobia kita. Salah satu contohnya kita bisa mencari informasi secara mendetail mengenai bagaimana resiko berpergian dengan menggunakan pesawat.

Sedikit Fakta: Salah satu kendaraan yang resiko kecelakaan sangat rendah dari kendaraan lain, ialah Pesawat Terbang.

Mengetahui sedikit informasi seperti itu bisa mebantu untuk menenangkan pikiran kita.

BACA JUGA : ALGOPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA RASA SAKIT

    Beberapa maskapai penerbangan juga menyediakan semacam kursus simulasi yang dimana penggunaannya untuk mencegah rasa takut yang berlebihan pada saat penerbangan berlangsung sehingga nanti kita sebagai salah satu penumpang pesawat mengerti bagaimana keamanan yang mereka terapkan ketika berpergian menggunakan pesawat.

    Untuk menghilangkan Aerophobia secara menyeluruh juga memerlukan waktu yang cukup lama, hal tersebut juga tergantung dari bagaimana kita dengan dokter spesialisnya bekerja sama pada saat masa pengobatan berlangsung.


Posting Komentar untuk "Aerophobia, Ketakutan berlebihan pada Penerbangan"