Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adakah hal yang harus diperhatikan ketika memasuki Umur 20 an?

Halo, semuanya. Pasti banyak dari kita yang berpikir bahwa ketika kita memasuki umur 20 keatas, kita sudah memasuki rana yang setara dengan orang-orang dewasa. Tidak usah jauh-jauh deh, bahkan dari kita ada juga yang berpikir di saat kita memasuki SMA atau SMK sudah termasuk ke tingkat dewasa dan tidak remaja lagi.

BACA JUGA : APAKAH KITA TAHU SEPERTI APA VERSI KESUKSESAN PRIBADI KITA?

Memang jika kita mendengar kata-kata itu dari murid SMA atau SMK terdengar terlalu kontradiksi, tetapi dari cara mereka yang sudah berpikir demikian bisa membuat diri mereka lebih terasa dari anak-anak kebanyakan. Ada yang sudah menginjak usia dewasa namun masih saja memiliki mental dan sifat kekanak-kanakan.

Iya, memang seperti itu kenyataannya. Karena tidak semua orang memiliki, bisa dan mampu melakukan pola pikir tersebut, jarang juga terjadi jika kita melihat sekeliling kita dan juga jika kita lihat lebih dekat lagi ternyata orang-orang yang memiliki pola pikir seperti ini di umur nya yang masih muda, tergolong sebagai orang yang cerdas, loh.

    Mengutip dari sebuah buku psikologis berjudul Perkembangan Dewasa Muda, yang di perkenankan oleh Agus Dariyo, mengatakan bahwa dewasa muda merupakan tahap perkembangan yang paling dinamis sepanjang rentang kehidupan seorang manusia.

Yang dimana seorang manusia akan memiliki banyak perubahan-perubahan progresif secara fisik, psikologis maupun kognitif untuk menuju integrasi perkembangan diri atau kepribadian yang semakin matang dan bijaksana.

BACA JUGA : 10 SKILL YANG HARUS DIBUTUHKAN DI BEBERAPA TAHUN KEDEPAN

    Namun terlepas dari beberapa hal di atas, ada juga beberapa hal yang wajib di perhatikan bila kita ingin sukses di kala kita akan memasuki umur 20 an.

1. Manajemen Waktu

    Di Indonesia sendiri, untuk beberapa generasi dari yang dulu hingga sekarang masih banyak yang terkesan bodo amat dengan manajemen waktu. Bahasa halus nya, Yang penting bangun jangan sampai kesiangan, itu saja. Kenapa kita tidak ubah hal yang kita katakan tadi menjadi sebuah habit, sehingga kita menanamkan mindset kepada diri kita agar menghargai waktu 1 hari kita.

Terserah, kita mau apa dan ngapain dan pastinya kita sudah menyusun rencana atau menghargai waktu dengan sebaik-baiknya sehingga kita tidak membuang-buang waktu terhadap hal yang tidak penting. Terutama ketika masuk ke dunia pekerjaan dan perkuliahan.

2. Mencari Networking

    Di jaman digital ini mencari networking lebih gampang hingga kita bisa mencakup ke berbagai belahan dunia, tetapi tetap ada kekurangannya juga. Memang membangun networking menjadi hal yang wajib dilakukan jika kita ingin mencapai kesuksesan dalam mengejar mimpi kita.

Maka dari itu, kita memang harus lebih bergerak melawan rasa malas dan melakukan hal yang kurang berguna. Terutama kita harus confident dan berani ambil resiko, menerima kita atau tidak, ya sudah kita sudah berusaha dan dapat ilmu praktek agar lebih baik lagi. Who cares.

3. Pengembangan Diri

    Atau Self Improvement yaitu dengan melakukan pengembangan atau perbaikan diri secara konsisten setiap hari. Dalam arti kata buat apa kita memposting quotes-quotes positif di sosial media atau menyimpan berbagai info tips dan trik di handphone atau komputer kita, jika tidak ada satupun hal yang kita aplikasikan kedalam hidup kita.

Untuk melakukan pengembangan diri sangat diperlukan action (aksi) dan konsistensi. lakukan secara terus menerus hingga menjadi habit, karena sekecil apapun usaha yang dilakukan untuk pengembangan diri kita itu tetaplah sebuah progres.

4. Positif Circle

    Ingat, Circle dengan Networking itu berbeda. Networking adalah teman-teman yang sudah kita kenal namun tetap kita genggam,dan tetapi kita tidak harus terlalu mengenal tentang mereka, berbeda dengan Circle, yaitu Orang-orang yang sudah masuk ke kategori sahabat dan sangat penting di dalam hidup kita, kita sudah menganggap mereka seperti keluarga sendiri.

Tapi, kita tetap bisa mengambil teman yang di networking dan memasukkannya kedalam circle kita, itulah kenapa kita memiliki hal atas diri kita sendiri untuk memilih dengan siapa kita bergaul, ketika kita sudah memasuki rana dewasa pastikan orang-orang yang  dikeliling kita adalah circle yang positif yang dapat menginspirasi kita dalam menggapai mimpi kita.

5. Bijaksana

    Dalam berpikir,berbicara, dan bertindak, ketika kita menginjak usia remaja mungkin kita tidak terlalu kepikiran tentang beberapa hal tersebut, karena kita terlalu asik dengan dunia ke-remajaan kita, bukan maksud menyangkal tapi hal itu ya memang asik.

Nah, itu lah kenapa pemikiran tersebut harus di ubah, ketika kita di umur 20 an kita harus dewasa dan benar-benar harus memperhatikan tingkah laku kita, terutama di bidang pekerjaan. Kita pasti masuk dunia pekerjaan dan hal ini sangat penting, dan 1 hal lagi bukan berarti dewasa kita tetap tidak bisa bersenang-senang.

6. Keluar Zona Nyaman

    Salah satu nasihat yang sudah terlalu umum kita dengar sehari-hari, apalagi saat kita beranjak dewasa, ada saja tuh celetukan dari sekeliling kita. Karena emang benar apa yang orang-orang katakan, kita harus keluar dari zona nyaman jika kita ingin berkembang dan sukses.

Banyak sekali manfaat yang dapat di temukan ketika kita keluar dari zona kita, wawasan, mengenal diri sendiri, memahami seperti apa dunia dan orang lain, meningkatnya kapasitas diri kita. Kepribadian kita  menjadi lebih terasa sehingga kita lebih terbuka dan kritis pada sekitar.

BACA JUGA : TEORI MENARIK TENTANG SATU HOBI SATU FREKUENSI

    Mengeluarkan dana untuk mengenal diri sendiri atau mengembangkan diri tidak lah menjadi masalah asalkan kita dapat menemukan jati diri kita yang sebenarnya. Banyak orang mengira bahwa hidup dengan mengikuti arus bisa membuat mereka bahagia, mungkin iya tapi tidak dengan batin atau mentalnya. Dari kecil kita sudah mengikuti arus, apakah dewasa nanti juga harus mengikuti arus juga?. Tentukan pilihanmu sendiri dan ingin menjadi apa.

"Jika Anda tidak tidak mau mengambil Resiko yang Luar Biasa, Anda harus puas dengan Hasil yang Biasa"

- Jim Rohn -

Posting Komentar untuk "Adakah hal yang harus diperhatikan ketika memasuki Umur 20 an?"