Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Achluophobia, Ketakutan berlebihan pada Kegelapan

    Halo, fobia akan kegelapan, merupakan Kondisi yang sering kita jumpai di lingkungan sosial kita, dari anak-anak hingga dewasa sekalipun. Tetapi terdapat perbedaan antara takut biasa dengan takut karena fobia, karena disaat seseorang sudah fobia mereka akan mengalami ketakutan luar biasa dengan berbagai macam gejala yang bisa saja berakibat buruk bagi pengidapnya.

BACA JUGA : SCHOPOPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN KETIKA DI PANDANG ORANG LAIN

  • Apa itu Achluophobia :

    Achluophobia atau fobia gelap adalah ketakutan berlebihan pada kegelapan. Lebih jelasnya lagi adalah:

Achluophobia adalah sebuah keadaan yang dimana seseorang takut akan adanya bahaya yang mungkin terjadi disaat suasana sedang gelap.

    Achluophobia merupakan salah satu fobia yang paling bisa terjangkit oleh siapapun di seluruh dunia dan terutama anak-anak yang paling sering. contoh misalnya, kita yang sudah berumur abang-abangan. biasanya kita sering menakut-nakuti mereka dengan bilang kalau mereka main di tempat-tempat yang gelap nanti akan diculik oleh setan. Yang ternyata awalnya hanya bercanda rupanya itu bisa menjadi pemicu awalnya fobia ini.

Kalau kita mengetahui bagaimana beberapa fobia yang lain bekerja, kita pasti tau bagaimana penderitaan yang mereka hadapi. Karena beberapa fobia dapat terjadi kapan dan dimana saja, tanpa mengenal siapa yang terkena.

BACA JUGA : ANROPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA PRIA

    Fobia ini pada umumnya sering disebabkan oleh berbagai peristiwa seperti adanya trauma yang terjadi di masa lalu atau dapat juga disebabkan oleh faktor keturunan. Fobia Rasa takut yang berlebihan pada gelap dapat membahayakan keselamatan jiwa penderita.

  • Ciri-ciri dan gejala Achluophobia :

    Adapun beberapa gejala-gejala dan masalah yang sering tampak pada para penderita Achluophobia diantaranya:

1. Penderita tidak bisa tidur dengan lampu mati    6. Cemas
2. Rasa cemas yang berlebihan                             7. Jantung berdebar cepat
3. Bergetar dan panic yang teramat luar biasa       8. Gemetar dan panic teramat luar biasa
4. Pusing
5. Bahkan bisa pingsan dan trauma yang mendalam karena pikiran mereka sendiri.

  • Cara mengatasi Achluophobia :

    Tentu akan sangat membantu sekali bagi orang-orang yang memiliki fobia gelap ini, jika kita tahu bagaimana cara mengatasi fobia ini agar kita bisa membantu mereka terbebas dari Achluophobia.

1. Tahu dan coba menghadapi penyebab utamanya

    Penyebab utama fobia biasanya karena adanya trauma atau kejadian yang tidak menyenangkan di masa lalu yang berkaitan dengan fobia tersebut. Karena sebagai langkah awal untuk mengatasi fobia Itulah kenapa kita harus mengetahui dahulu penyebab utama fobia ini.

Jika kita sudah mengetahuinya, kemudian kita akan coba untuk menghadapinya dengan mengetahui bahwa apa yang menimpa kita di masa lalu tidak akan selalu terjadi setiap sedang dalam kegelapan. Dan harus memahami juga bahwa apa yang menimpa kita dimasa lalu itu cukup sebagai ingatan yang pahit dan sebagai pengalaman hidup saja.

2. Konseling

    Biasanya ini dilakukan jika kita tidak bisa mengatasi hal yang pertama tadi sendirian. Pastikan saja diri kita untuk tidak ragu datang untuk konseling, Konseling dengan orang yang berpengalaman sangat membantu sekali dalam menata kembali pikiran dan mental kita saat kita atau sedang dalam proses menghadapi ketakutan yang kita miliki.

3. Terapi perilaku kognitif (CBT)

    Cognitive Behavior Therapy (CBT) atau di Bahasa Indonesia kan sebagai, Terapi Perilaku Kognitif adalah terapi yang banyak ditawarkan oleh tenaga medis professional untuk menangani pasien yang mengidap penyakit fobia.Terapi ini sedikit berbeda dengan psikoterapi, yang dimana psikoterapi lebih berkecimpung dalam mengatasi pola pikir, sedangkan CBT lebih memfokuskan terapi pada masalah dan perilaku.

BACA JUGA : ACROPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA KETINGGIAN

    Terapi Perilaku Kognitif mengharapkan kita mampu untuk mengubah pola pikir kita terhadap fobia yang salah menjadi lebih baik sehingga perilaku kita terhadap fobia kegelapan pun akhirnya juga akan menjadi lebih baik.

4. Hindari cerita-cerita berbau horror

    Sebaiknya kita menghindari interaksi dengan cerita-cerita menyeramkan atau horror untuk menghindari pikiran-pikiran buruk tentang kegelapan. Lebih baik jika kita  banyak membaca cerita-cerita yang menarik, bermanfaat dan bisa membuat kita jadi rileks sehingga kita bisa melupakan ketakutan tentang kegelapan.

5. Tetap Tenang dan Rileks

    Kita bisa mencoba untuk melakukan meditasi sebelum tidur. Dan juga berdoa atau beribadah kepada tuhan agar membuat diri kita merasa lebih aman dan Nyaman karena ada yang selalu melindungi kita dari mara bahaya apapun.

6. Berpikir Logis

    Cobalah untuk Berpikir Logis dengan apa yang kita pikirkan demi mengatasi fobia Kegelapan (Achluophobia ) yang kita alami. Memang susah pastinya, tapi tidak salah untuk mencoba dahulu dan coba sedikit melawan ketakutan apa yang sedang kita bayangkan. Contoh jika di sudut kepikiran ada bayangan disana, lihat lampu dan coba nyalakan, itu merupakan tanda bukti bahwa kita sudah melawan ketakutan kita.

BACA JUGA : AICHMOPHOBIA, KETAKUTAN BERLEBIHAN PADA BENDA TAJAM

    Fobia memang bisa menjangkit siapa saja dan tanpa tahu itu anak-anak ataupun orang dewasa. Rasa takut yang berlebihan seperti ini dapat membahayakan keselamatan jiwa si penderita jika kita tidak segera mengatasinya. Usahakan bagi para penderita fobia ini, kita ataupun keluarga kerabat kita untuk tidak sendirian disaat petang atau dalam ruangan yang kurang pencahayaan, begitu juga dengan fobia-fobia yang lain.

Ada berbagai macam solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi fobia terhadap kegelapan (Achluophobia) dan fobia-fobia lainnya, tentunya yang paling di utamakan adalah ke spesialisnya yaitu Konseling, Psikoterapi, atau Cognitive Behavior Therapy (CBT).

" Kenapa harus Takut Gelap kalau ada banyak Hal Indah yang hanya bisa dilihat sewaktu gelap? "

- Nishimura kazuto -

Posting Komentar untuk "Achluophobia, Ketakutan berlebihan pada Kegelapan"