Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa bisa ada Murid yang paham pelajaran lebih mudah saat diajarkan guru tertentu saja?

Halo, Para Penduduk. Banyak dari kita pasti pernah mengalami kejadian seperti judul yang kami buat, seperti saya sendiri. Saya pernah mengalami setidaknya hampir selama 13 tahun, mulai dari saya duduk di bangku sekolah dasar hingga SMA. Sangat-sangat menjadi kendala bagi siswa seperti saya saat itu.

Yaitu, bagaimana cara saya menangkap suatu pelajar dari tiap-tiap guru yang mengajar.

    Misalnya saja, bila ada seorang guru yang mengajari saya pelajaran Matematika, saya dengan sangat mudah langsung paham dengan apa yang ia ajarkan, sesampainya saya sendiri menjadi senang dan suka pada pelajaran tersebut karena terasa sangat mudah dan tanpa kendala sama sekali.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA MANUSIA MENGOPTIMALKAN KINERJA OTAK MEREKA

Tetapi, Ketika kita naik kelas ataupun guru yang mengajar diganti. Mata pelajaran Matematika yang saya sukai malah terasa berbeda dan mendadak saya sangat tidak mengerti dan blank seketika sampai tidak ada satupun materi yang masuk ke otak. Yang akhirnya saya menjadi bodoh dan mulai membenci pelajaran itu.

Kenapa bisa?

    Metode dan cara pengajaran setiap guru itu berbeda-beda. Bisa dibilang, Jika kita memiliki koneksi tersendiri dari metode yang di ajarkan oleh guru tersebut pasti akan mudah untuk memahaminya. Begitu juga sebaliknya, bila kita tidak paham akan apa yang di ajarkan dengan guru A misalnya, pasti ada juga teman kita malah mudah memahami metode guru tersebut.

BACA JUGA : BAGAIMANA SIH CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Ketika kita mudah memahami pelajaran dari guru B. berarti guru itu yang terkoneksi dengan kita. Bisa dari cara dia mengajar, menjelaskan, memberikan tugas, soal dan lainnya. semua hal itu sesuai dengan kita. Karena kita terkoneksi dengan metode cara dia mengajar, bukan tidak mungkin kalau kita mudah memahami pelajarannya.

Berbeda halnya, bila kita tidak diajarkan dengan guru yang tidak satu koneksi dengan jalan pikiran kita, entah kenapa bisa saja pelajaran yang kemarin dan hari ini amburadul, kemarin mudah hari ini malah susah. Padahal ya, guru itu mengajar dengan metode yang sama, walaupun pelajaran itu kesukaan atau favorit kita masih saja rasanya membingungkan.

BACA JUGA : APAKAH KITA TAHU SEPERTI APA VERSI KESUKSESAN PRIBADI KITA?

    Tapi tidak bisa pungkiri juga bila ada orang yang tetap bisa menerima pelajaran tersebut walaupun itu dari guru yang berbeda-beda, maupun itu pelajaran yang dia favoritkan atau pun tidak. Guru satu frekuesi atau koneksi maupun tidak, tidak menjadi masalah jika pelajarannya mudah dipahami.

Cara mengatasinya :

1. Kita harus memahami materi apa saja yang tidak kita pahami secara berulang kali. Jika kita masih tetap tidak paham, maka alangkah baiknya kita mempelajarinya lagi secara otodidak sampai kita jadi paham.

2. Kita bisa meminta bantuan dari teman yang sekiranya mereka lebih paham dari kita tentang materi yang di jelaskan. Mungkin saja dia bisa menjelaskan kepada kita dengan cara yang lebih sederhana untuk dipahami daripada dengan cara menjelaskan guru itu.

BACA JUGA : 12 TEKNIK CARA MENINGKATKAN FOKUS DAN KONSENTRASI

    Chemistry dari seorang guru kepada murid-murid nya memang penting dalam menerima pelajaran, walaupun orang juga berbeda-beda dalam menerima sebuah pelajaran. Biasakan untuk terus bertanya dibagian mana yang tidak mengerti ke guru tersebut hingga kita mengerti, toh juga kalau kita sudah mengerti lama-kelamaan kita se-chemistry dengan metode ajaran si guru.

" Tujuan Pendidikan adalah untuk mengganti Pikiran yang Kosong menjadi Pikirang yang Terbuka "

- Malcolm S. Forbes -

Posting Komentar untuk "Mengapa bisa ada Murid yang paham pelajaran lebih mudah saat diajarkan guru tertentu saja?"