Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adakah Cara yang Mudah Bagaimana Menjaga Kesehatan Mental?

Ada berbagai cara bagaimana kita menerapkan diri agar kesehatan dan kesejahteraan mental kita secara keseluruhan tetap stabil. Karena kita hidup itu tidak bisa hanya berfokus pada kesehatan bagian fisik saja, melainkan mental tidak jauh berbeda perannya dalam kehidupan kita, keduanya sama-sama penting.

BACA JUGA : APA HUBUNGAN ANTARA DEPRESI DENGAN IBADAH, APA PENGARUHNYA?

Mungkin ya, dari begitu banyak nya tekanan dalam hidup kita menjadikan fisik mudah lelah bahkan kesehatan mental kena juga yang kemudian mulai mengganggu kehidupan sehari-hari kita.

    Ya begitulah manusia, tidaklah heran bila ada seseorang yang bisa dengan mudah terkena stress, bisa dari Keluarganya, Asmara atau Kisah Cinta, Pendidikan, Pekerjaan, Bisnisnya, bahkan Kemacetan di jalan juga bisa menjadi dampak terjadinya stress buat seorang manusia yang kemudian mengganggu stabilitas mental manusia tersebut.

Karena yang dapat kita khawatir kan dari hal ini ialah jika kejadian buruk yang menimpah fisik dan mental kita terjadi secara berkala atau konsisten dari hari demi hari dalam waktu yang lama. Dari jangka lama tersebut, Mental dan Kepribadian seseorang secara perlahan akan mulai memburuk.

Kita bisa menerapkan beberapa cara berikut untuk menjaga kesehatan mental kita :

1. Kita tidak harus terlalu memaksakan diri dalam melakukan apapun, bila kita sudah lelah melakukan kegiatan-kegiatan kita  lebih baik Istirahat saja dulu sejenak. Karena nanti kita juga bisa menyambung kembali kegiatan tersebut dan akan ada waktunya juga untuk kita berjuang kembali.

BACA JUGA : KENA MENTAL ANAK!! 6 CIRI-CIRI PERILAKU TOXIC PARENT

2. Yang terlalu sering terjadi ialah kita terlalu Overthinking terhadap kesalahan yang sudah kita perbuat, hal pertama yang harus kita lakukan adalah kita harus meminta Maaf dan Memaafkan secepat mungkin kesalahan yang kita sudah lakukan dan memperbaikinya dengan lapang dada.

    Yang tidak harus kita lakukan, kita tidak boleh sampai menyalahkan diri kita sendiri seakan-akan kesalahan tersebut sudah tidak bisa diperbaikin kembali tanpa mencoba memperbaikinya dahulu, tapi bila ada hal-hal yang memang tidak bisa kita kontrol, kita handle.

3. Kita bisa mencari Circle atau Pertemanan atau relasi yang positif, yang bisa membuat diri kita berkembang, bersemangat, yakin akan diri kita, mensupport agar menjadi pribadi yang lebih baik. Bukannya malah membuat diri kita mundur kebelakang.

4. Hadiah atau Apresiasi diri terhadap usaha, kerja keras, dan pencapaian yang sudah kita raih, tidak boleh kita lupakan. Karena tujuan utama dari mengapresiasi diri ialah memberikan sebuah kebanggaan diri atas usaha yang sudah kita raih walau seperti apapun hasil yang di dapat.

BACA JUGA : MINDSET CARA BERPIKIR AGAR HIDUP LEBIH BAHAGIA

5. Positive thinking adalah hal yang tidak boleh lupakan agar membuat kesehatan fisik dan mental tetap dalam kondisi stabil, ikhlas dan fokus menjadi kunci dari berpikir positif. Jangan terlalu fokus berpikir negative, ayolah emang apasih yang di dapat disana?. Paling di akhir nanti hanya membuat kita jadi overthinking saja.

6. Emosi negative seperti amarah, stress, depresi, atau tekanan hidup. Ternyata emosi-emosi tersebut bisa kita ubah menjadi hal yang positive, bukan emosi ya. Yang harus kita lakukan adalah Meluangkan sedikit waktu dan mengisinya dengan kegiatan berolahraga, berkarya atau melakukan hobi, makan-makanan sehat, atau berlibur.

    Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menenangkan diri dari begitu banyaknya tekanan dalam kehidupan kita, bahkan sex pun juga bisa menjadi salah satu cara agar kesehatan mental kita tetap terjaga, tapi jika ingin melakukan itu utamakan keamanan ya dan pastinya bila dengan pasangan atau istri pasti akan lebih menenangkan.

BACA JUGA : 6 CARA MUDAH MENJADI DIRI SENDIRI ZAMAN SEKARANG

    Tetap sayangi dan cintai diri kita apa adanya, kelebihan dan kekurangan memang sudah takdir dari Tuhan. Kita di ciptakan untuk saling menyayangi dan saling melengkapi satu sama lain. Jangan lupa juga untuk berterima kasih ke diri kita sendiri setiap harinya, karena kita sudah berjuang keras bertahan hidup selama ini.

" Jadikan Kesehatan Mental sebagai Prioritas Kita "

Posting Komentar untuk "Adakah Cara yang Mudah Bagaimana Menjaga Kesehatan Mental?"