Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Baik, Jangan Mengharapkan 6 Hal ini Dari Orang Lain

Dengan kita tidak berharap dari orang lain, kita pasti tidak akan merasakan betapa tidak begitu enaknya rasa kekecewaan berharap pada orang lain. Jangan berharap terlalu tinggi, nanti kamu kecewa. Ya, begitulah kata-kata yang sering di ucapkan orang-orang.

BACA JUGA : MARI BELAJAR CARA MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN PERTEMANAN

    Karena, ya memang benar. Hidup bisa jauh lebih bahagia bila kita mampu mengontrol hal-hal yang sebenarnya bisa kita lakukan tanpa harus berharap pada orang lain. Walaupun ya, berharap kepada seseorang memang bukanlah hal yang salah juga sih, tapi kalau sampai berharap terlalu tinggi saja yang menjadi permasalahannya.

Apa-apa saja sih yang tidak boleh kita harapkan dari orang lain :

1. Cinta

    Kalau kita pikirkan baik-baik seperti ini mungkin kita nggak akan mengharapkan cinta dari orang lain, ya buat apa juga kan, jika kita mengharapkan orang lain bila kitanya sendiri belum bisa mencintai diri kita sendiri?.

Lebih baik berhenti memikirkan harapan seperti ini, kita sendiri yang tak tau bagaimana cara mencintai diri sendiri dengan tepat, bagaimana pula kita tau bahwa orang lain memberikan cinta dengan tepat pada kita.

2. Solve Problem

    Boleh kok jika ada orang yang dengan sukarela ingin membantu kita ketika ada masalah, tentu saja kita boleh dan perlu meminta bantuan pada orang lain ketika kita benar-benar membutuhkannya. Tapi yang harus di ingatkan ialah kitalah yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah kita sendiri.

Kita tidak harus mengharap kan orang lain untuk membantu bahkan mengambil alih seluruh tanggung jawab masalah kita.

3. Orang lain berubah

    Kita boleh menyampaikan beberapa hal yang baik kepada orang lain, menyampaikan harapan kita, apa yang kita suka dan juga tidak suka. Tapi kita tetap tidak bisa memaksa orang lain untuk merubah diri mereka, biarkan mereka sendiri yang memilih.

Begitu juga sebaliknya kan, kita boleh menerima masukan dari orang lain, namun tetap atas diri kita sendiri ingin menjadi seperti apa diri kita.

4. Memvalidasi Harga Diri Kita

    Validasi adalah suatu tindakan pembuktian dari aspek segala hal dengan tahap demi tahap hingga senantiasa mencapai hasil yang di inginkan. Jika di tambah kan harga diri, maka artinya orang menguji atau membuktikan bahwa harga diri kita itu seperti apa, agar lebih enak kita akan katakan bahwa mereka mencap diri kita seperti yang mereka mau.

    Oh tidak, Kita jangan menggantung kan harga diri kita pada hal macam ini. Kita harus membuktikan diri kita apa adanya ke mereka dong, baik buruknya kita itu seperti apa. Karena kenyataan, ya memang tidak semua orang akan menyukai dan menerima kita apa adanya, ya buat apa juga gitu yang pentingkan kita nya nyaman aja udah.

5. Tahu Apa Yang Kita Mau

    Percuma ya percuma jika kita ingin sesuatu tetapi kita sendiri hanya diam. Kita ya jangan berharap orang lain tuh bisa menebak apa isi hati dan pikiran kita, cobalah kita ngomong, utarakan atau komunikasikan dengan cara terbuka dan asersif ( Mengekspresikan diri ).

6. Stay atau Tetap Tinggal

    Ada beberapa hal yang harus kita mengerti setiap menjalin sebuah hubungan dengan orang lain, teman atau pun pacara sekalipun terutama hal ini, yaitu setiap orang mempunyai kehidupan mereka sendiri, bahwa mereka juga punya banyak hal yang harus mereka kerjakan, sama seperti dirimu. Jadi, kita tidak bisa memaksakan seseorang untuk tinggal atau menetap.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA BERTAHAN HIDUP DI LINGKUNGAN TOXIC

    Coba untuk tidak terlalu mengharapkan hal-hal yang harusnya kita sendiri sanggup melakuakannya, dan coba lah juga untuk menerima dan mencintai diri kita sendiri apa adanya. Kekurangan ataupun Kelebihan setiap orang itu pasti ada, tidak ada manusia yang sempurna. Jangan berharap berlebihan jika kita tidak ingin merasakan kecewa.

" Cobalah dulu, baru cerita. Pahamilah dulu, baru menjawab. Pikirlah dulu, baru berkata. Dengarlah dulu, baru beri penilaian. Bekerjalah dulu, baru berharap."

- Socrates -

Posting Komentar untuk "Lebih Baik, Jangan Mengharapkan 6 Hal ini Dari Orang Lain"