Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa bisa banyak sekali hujatan-hujatan di Media Sosial - Penyebab dan Alasannya

Halo, Para Penduduk. Media Sosial merupakan sebuah media daring atau penghubung yang tersebar ke seluruh dunia, yang dimana semua penggunanya bisa dengan mudah berinteraksi, berpartisipasi, berbagi, dan bahkan bisa menciptakan berbagai platform seperti, blog, jejaring sosial, forum, dan dunia virtual, dan lainnya.

BACA JUGA : MANUSIA BADUT, PENGERTIAN BADUT BAGI PARA NETIZEN

Hal tersebut bisa digunakan oleh semua orang dengan tanpa dibatasi ruang dan waktu, Kata tersebut dirangkum dari Wikipedia. Jadi seorang manusia bisa bebas menggunakan Media Sosial kapan dan dimanapun.

Media sosial sekalipun juga mempunyai dua sisi, baik dan buruk, positif dan negatif. Satu contoh sisi positif yang paling berguna buat kita adalah, Informasi. Informasi bisa dibilang lebih terekspos dengan lebih mudah sehingga, kita menerima informasi dan wawasan sangat mudah sekali.

    Pada bagian sisi negatif, salah satunya adalah banyaknya hoax dan hujatan atau ujaran kebencian yang di lontarkan para penggunanya di media sosial.

Apa penyebab faktor tersebut bisa terjadi ?

1. Berkata Tanpa Pertanggung Jawaban

    Media sosial yang merupakan sebuah platform yang dimana kita bisa dengan bebas untuk mengutarakan atau mengekspresikan apa yang kita ingin katakan dan rasakan dengan bebas. Yang menjadi permasalahan adalah banyak dari pengguna-pengguna yang masih sulit sekali mempertanggung jawabkan perkataan mereka sendiri.

Ibarat kata pepatah : "Lempar Batu Sembunyi Tangan", memang tidak bisa pungkiri juga karena media sosial bisa bebas digunakan untuk berkata apapun, menghujat, mengumpat, dan memaki orang tanpa harus takut dan bersalah sekalipun.

2. Dunia Nyata & Dunia Maya

    Iya, memang tidak bisa di pungkiri lagi bahwa sikap dan perilaku seseorang yang ada di media sosial merupakan cerminan dari dirinya di dunia nyata, tidak semua tetapi kebanyakan. Karena pada dasarnya seseorang yang sering melontarkan kalimat-kalimat tidak senang di media sosial, kemungkinan sering melakukan hal itu di dunia nyata.

3. Mudahnya Menghasut

    Media sosial sebagai sarana ingin mengekspresikan apapun, juga bisa di barengin dengan keinginan menghasut orang lain. Di karenakan banyaknya pengguna yang memungkinkan seseorang menghasut orang lain, sehingga bisa di katakan sangat mudah sekali untuk mengajak orang lain melakukan hal yang serupa dengan kita.

4. Menjadi Anonymous ( Identitas Palsu )

    Sangat-sangat mungkin terjadi, seseorang bisa dengan mudah memalsukan semua identitas diri nya di media sosial dan menjadi orang lain, dari nama, umur, ataupun tempat tinggal. Sehingga bila kita melakukan hujatan atau lainnya kita tidak ada jejak tracking sama sekali yang membuat kita "merasa" lebih aman, ingat ya, cuman merasa bukan pasti.

5. Berkedok Benci

    Kita semua pasti mempunyai emosi yang terpendam yang terkadang tidak bisa kita lampiaskan dengan begitu saja pada hal yang bersangkutan, Akibat hal itu, salah satu eksistensi diri manusia menggunakan platform ini ( Media Sosial ) sebagai sarana bentuk pelampiasan emosi secara instan tanpa pandang bulu tetapi minim akan tanggung jawabnya. Banyak sekali contoh-contoh yang bisa kita lihat.

6. Aku Paling Benar, Kamu Yang Salah

    Saling berdebat dan berbeda pendapat tanpa terbukanya pikiran melainkan hanya menggunakan emosi yang berkobar-kobar, bukannya kepala dingin. Hal tersebut lah yang sering terjadi, bahkan walaupun dia sudah tau dirinya salah tetapi dia tetap tidak peduli agar dirinya tidak terlihat bodoh di perdebatan mereka. ini yang salah.

Dalam media sosial, banyak orang yang berkomentar memulai perdebatan tanpa ilmu, bikin ricuh, ingin viral, yang merasa bahwa dirinya seperti orang tanpa dosa, SUCI. Sehingga mereka dengan mudah menghakimi orang lain seenaknya.

BACA JUGA : NETIZEN TERLALU BARBAR!! INDONESIA MENDUDUKI PERINGKAT 1 PALING TIDAK SOPAN

    Memang media sosial banyak sekali manfaat yang berguna, tetapi dibalik hal itu pasti tersimpan juga efek negati yang sangat banyak. Sebagai pengguna yang bijak, kita harus bisa memilih apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di media sosial, Kita manusia pintar dengan pikiran sempurna, Jangan mencernah informasi mentah-mentah, Cari dahulu kebenarannya.

" Buka Pikiran Mu Sebelum Membuka Mulut Mu "

    

Posting Komentar untuk "Kenapa bisa banyak sekali hujatan-hujatan di Media Sosial - Penyebab dan Alasannya"