Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buruk, inilah dampak yang terjadi jika kita bekerja terlalu keras

 Halo, Para Penduduk. Sudahkah bekerja giat dengan dedikasi diri yang tinggi? Hal apa yang membuat kita harus melakukan kerja yang begitu keras sampai banting tulang sana sini. Diri sendirikah, Keluarga, atau Hutang.

BACA JUGA : TIPS BAGAIMANA BERKARIER DARI RUMAH

    Kewajiban sederhana yang kita ketahui adalah jika ingin hidup, bekerja lah. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, manusia diwajibkan untuk bekerja, tetapi beekrja terlalu kerja juga tidak baik dan malah akan membahayakan tubuh kita sendiri. Yang dimana kondisi tersebut dapat menyebabkan fisik dan mental akan terganggu.

 Berikut dampak yang dapat ditimbulkan bila kita bekerja dengan sangat keras :

1. Perubahan pada Fisik

    Kita yang bekerja terlalu keras pasti akan kurang memperhatikan kondisi dan penampila fisik, yang di sebabkan karena kita terlalu fokus untuk mengejar goals kita, tanpa meluangkan waktu untuk sedikit ber olahraga dan menjaga pola makan sehingga berat badan menjadi turun drastis.

    Selain dari menurunnya berat badan yang drastis, bekerja yang terlalu keras juga dapat membuat rambut di kepala menjadi rontok dan wajah jadi lebih mudah keriput.

2. Penyakit Jantung

    Menurut penelitian, orang yang bekerja terlalu lama dapat meningkatkan seseorang terkena risiko stroke dan penyakit jantung sekitar lebih dari 50%. Dan menurut American Journal of Epidemiology, pekerja yang melebihi batas waktu kerja atau lembur menyatakan hal yang sama.

Bekerja terlalu keras atau terlalu lama dari jam biasanya menyebabkan berkurangnya waktu untuk istirahat dan bisa membuat kita melakukan kebiasaan-kebiasaan yang kurang sehat, seperti merokok atau minum alkohol sembari mengerjakan tugas saat lembur, mungkin. Dan juga faktor pola makan yang tidak sehat, beberapa hal inilah yang menjadi pemicu terjadinya stroke dan penyakit jantung.

3. Depresi dan stress

    Sadarkah kita, meningkatnya tekanan pekerjaan dan deadline yang sangat singkat merupakan hal yang menjadikan suatu pekerjaan membuat kita tertekan. Apalagi dengan manajemen waktu kita yang buruk dan banyaknya pekerjaan yang belum selesai atau menumpuk, kita selaku orang yang bekerja akan sangat mudah terkena stress.

    Stress dan depresi yang berkepanjangan sangat mempengaruhi mental dan pola pikir kita saat bekerja, dan hal ini sangat mengganggu kondisi kita sehari-hari.

4. Diabetes

    Stress mengganggu kerja hormon insulin pada  tubuh yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula darah, sehingga bila kita stress terus menerus hormon tersebut akan terganggu yang kemudian beralih ke meningkatnya kadar gula darah menjadi tinggi, dari gula darah tinggi tersebut tercipta lah penyakit Diabetes yang kemudian dapat berujung ke kematian.

5. Kesepian

    Perasaan kesepian tergolong masuk kedalam kondisi gangguan kesehatan mental bukan fisik, yaitu keadaan dimana seseorang merasa dirinya hampa, sendirian dan tidak di inginkan. terutama di saat kita bekerja, pekerjaan yang menumpuk atau bekerja terlalu keras tanpa adanya kegiatan yang menghibur diri sendiri membuat kita bisa terkena kondisi ini.

6. Hilang Motivasi

    Hilangnya motivasi pada diri kita di akibatkan terlalu kerasnya bekerja atau burnout membuat energi kita cepat lelah dan malas untuk melakukan kegiatan yang lain, tidak adanya progress yang baik dari pekerjaan menjadi salah satu alasan hilangnya motivasi. Meskipun kita berpikir kalau uang adalah segalanya, coba kita pikirkan lagi, mungkin ada hal yang lebih baik lagi dari itu.

BACA JUGA : PEKERJAAN SAMPINGAN UNTUK ANAK SMK DENGAN GAJI BESAR

    Dampak buruk dari bekerja terlalu keras membuat kita tidak menjaga kesehatan mental dan fisik, sehingga membuat kita lebih mudah terserang penyakit. Banyak hal yang dapat kita cegah untuk menghindari hal ini, cobalah untuk bekerja secara efektif, gunakan manajemen waktu yang baik, beristirahat dan cuti sebentar bila pekerjaan tinggal sedikit.

" Bangga tapi jangan sombong. Bekerja keras tapi jangan terpaksa. Bersyukur tapi jangan cepat berpuas diri. "

- Wishnutama -

Posting Komentar untuk "Buruk, inilah dampak yang terjadi jika kita bekerja terlalu keras"