Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana cara manusia mengoptimalkan Kinerja Otak mereka

Halo, Para Penduduk. Seberapa greget kah diri dan optimalnya kita?. Pada banyak yang sudah tahu belum, bahwa ada orang yang mudah memahami suatu konsep yang sulit dan bahkan bisa mengingatnya dalam jangka waktu yang lama, dan ada kebalikannya.

BACA JUGA : 12 TEKNIK CARA MENINGKATKAN FOKUS DAN KONSENTRASI

Yang ternyata pada dasarnya seorang manusia juga bisa dioptimasi, apa itu OPTIMASI ?.

    Optimasi adalah bagaimana kita melakukan suatu proses untuk mencapai hasil yang sesuai dengan harapan kita, atau bisa juga di sebutkan sebagai suatu bentuk bagaimana kita merancang sesuatu dengan mengoptimalkan hal yang sudah ada atau membuat sesuatu secara optimal.

    Sebagai contoh, jika kita bermain permainan teka-teki atau puzzle dan juga bongkar pasang atau merakit seperti Lego yang berguna bagi otak, bagaimana kita membangun sesuatu dan memecahkan teka-teki tersebut. Sehingga dari sana kita bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

BACA JUGA : BAGAIMANA SIH CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Nah, Profesor dari UC Barkeley, yaitu Alan H. Schoenfield menyimpulkan bahwa ada satu faktor utama yang menjadikan pembeda pada otak manusia, yaitu Pantang Menyerah yang merupakan kunci utama bagaimana mengoptimasi otak. Karena dari durasi sebuah perkerjaan yang pantang menyerah akan memunculkan proses Learning yang cepat.

Lantas apa saja cara mengoptimasi kinerja otak kita?

1. Hack Dopamine

    Dopamin merupakan hormon bahagia, dengan menciptakan trigger atau mengaktivasi dopamin kita akan sangat berguna untuk mendorong proses optimasi kinerja otak, dari banyak nya para motivator mengatakan bahwa kita harus menikmati dan menghabiskan jatah gagal kita.

Mengubah sebuah persepsi gagal menjadi sumber pelajaran membuat otak kita merespon dengan cara yang berbeda, dan ternyata dopamin juga ke trigger oleh hal itu

2. Hack Neuroplasticity

    Seorang saintis atau lebih tepatnya neuroscientist di Stanford Uni, bernama Andrew Huberman mengatakan bahwa ada sebuah cara untuk mempercepat fenomena neuroplasticity, yaitu dengan menciptakan sebuah persepsi bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Neuroplasticity adalah sebuah istilah yang mengacu kepada kemampuan otak dan sistem saraf yang menunjukan bagaimana kapasitas otak mampu merespon untuk merubah dan beradaptasi terhadap pengalaman yang kemudian disimpan dalam memory ingatan.

Dengan timbulnya pikiran bahwa ada suatu hal yang tidak beres, sehingga kita mampu untuk bertoleransi terhadap situasi yang tidak nyaman dan bahkan kita bisa belajar dengan melihat dari berbagai persepsi apa penyebab kegagalan kita.

BACA JUGA : MENGAPA BISA ADA MURID YANG SULIT MEMAHAMI PELAJARAN

    Jika kita bisa menemukan pola untuk terus mengaktivasi kinerja otak dan mempersepsikan secara positif berbagai tindakan kita. Maka, bukankah kita bisa tumbuh dengan dorongan-dorongan internal yang jauh lebih cepat dari yang biasanya.

" Bekerja Keras adalah bagian dari Fisik, Bekerja Cerdas merupakan bagian dari Otak, Bekerja Ikhlas ialah bagian dari Hati. "

- Susi Pudjiastuti -

Posting Komentar untuk "Bagaimana cara manusia mengoptimalkan Kinerja Otak mereka"