Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Mata Minus dapat disembuhkan kembali seperti sedia kala!!

Halo. Para Penduduk. Apakah anda memiliki mata minus atau rabun jauh? Apakah anda keseharian anda terganggu sehingga anda merasa resah dan ingin menyembuhkannya? emangnya mata minus bisa di sembuh kan? atau kah hanya sebuah rumor belaka?

BACA JUGA : PELUPA, KOK BISA ORANG MENJADI MUDAH LUPA

    Terutama kita akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Mata Minus. Mata minus atau Rabun Jauh ( Miopi Lensa ) merupakan gangguan penglihatan yang sudah umum di alami pada orang-orang. Kondisi Mata Minus membuat penglihatan penderitanya kabur ketika melihat benda yang jauh dari penglihatan mata. Apakah mata minus bisa di sembuhkan?.

" Benda yang dekat tampak normal dan jelas tetapi ketika melihat benda yang jauh terlihat buram ( Tidak jelas ) "

    Mata minus atau rabun jauh terjadi di akibatkan tidak dapatnya mata memfokus sinar cahaya yang jatuh ke permukaan retina mata, melainkan jatuh pada suatu titik yang berada di depannya. Selain itu, kondisi ini juga dapat terjadi jika kornea atau lensa mata yang melengkung terlalu ke dalam.

Gejala Mata minus atau Miopi bisa terjadi pada siapa saja dari aspek segala umur. Tapi, umumnya biasa terjadi pada saat anak-anak di usia sekolah atau remaja yang mungkin menjadi penyebabnya ialah terlalu sering melihat cahaya terlalu dekat, seperti HP, Laptop, atau Televisi, dan membaca buku ditempat kurang penerenagan dan lainnya.

Namun hingga saat ini masih belum ada penelitian yang menjelaskan penyebab pasti bisanya seseorang terkena mata minus. Walaupun, dari turunan atau genetik atau penyakit lain seperti diabetes atau katarak juga bisa menjadi salah satu faktor membuat seseorang mengalami mata minus.

BACA JUGA : TEORI MENARIK TENTANG SATU HOBI SATU FREKUENSI

    Sebagai contoh, bila seorang ayah atau ibu ada yang mengalami mata minus. Hal itu akan meningkatkan kemungkinan resiko seorang anak mengalami mata minus atau rabun jauh.

Kalau begitu , apakah mata minus bisa sembuh sepenuhnya? sayangnya tidak, namun kita tetap dapat beberapa hal untuk mengatasi ini :

1. Kacamata atau Lensa Kontak

    Ini sudah menjadi pengetahuan umum dan merupakan paling mudah untuk dilakukan mengatasi mata minus. Untuk lebih akurat ketika ingin mencari ukuran atau frame kacamata yang tepat, lebih baik di periksa kan dahulu ke dokter mata yang nantinya mereka akan memberikan resep lensa yang sesuai dengan kondisi kita.

Bila tidak ingin kacamata bisa juga menggunakan lensa kontak. Mungkin saja di antara kita ada yang ingin menjaga penampilan agar makin bagus tanpa kacamata. Jika iya, pastikan untuk rutin membersihkan lensa kontak dan diganti dalam jangka waktu sesuai batas kadaluwarsanya. Hanya Mengatasi !!.

2. Operasi

    Dengan teknik operasi mata permanen yang biasa digunakan dokter mata untuk mengatasi miopi atau rabun jauh antara lain ialah PhotoRefractive Keratectomy (PRK) dan Laser in-situ Keratomileusis (LASIK) yang bertujuan untuk memperbaiki kesalahan bias dengan membentuk kembal kornea.

Jika muncul gejala mata minus, alangkah baiknya langsung segera dilaksanakan agar gejala mata minus nya hilang dan penglihatan bekerja dengan sempurna. 

3. Orthokeratology

    Dikenal juga dengan sebutan terapi refraksi kornea, yaitu membantu mengatasi mata minus tanpa proses operasi. Orthokeratology bekerja dengan cara memanfaatkan lensa kontak khusus untuk membentuk kembali kornea mata yang rusak. Lensa kontak tersebut bekerja dengan cara memberikan tekanan agar kornea mata kita menjadi rata kembali.

Walaupun terapi ini membantu penglihatan kita mendapatkan penglihatan yang jelas, namun ini hanyalah bersifat sementara saja. Dan selain itu, terapi juga berpotensi menimbulkan infeksi pada mata.

    Mata minus merupakan gangguan mata yang tidak bisa di sembuhkan sepenuhnya, namun ada sejumlah cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini dan juga mencegahnya.

1. Melakukan pemeriksaan dengan rutin.

2. Membaca ditempat yang cukup penerangan.

3. Kurangi dan menjaga aktivitas melihat dalam jarak dekat dalam waktu yang lama.

4. Mengonsumsi sayur atau buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti Brokoli, wortel, dan lainnya.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA SUPAYA ANAK AMAN BERMAIN GADGET

    Lebih baik mencegah dari pada mengobati, begitu kata orang-orang sebelum terkena penyakit. Apabila kita sudah melakukan berbagai hal untuk mencegah,megnatasi bahkan melakukan perawatan untuk hal ini namun tetap tidak adanya perubahan, segera konsultasi dengan doketer agar ditindak lanjut kan.

" Kacamata, sahabat yang tak pernah kuharapkan, tapi kini selalu kubutuhkan setiap hari "

- Tri Andry -

Posting Komentar untuk "Apakah Mata Minus dapat disembuhkan kembali seperti sedia kala!!"