Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin dirimu mengungkapkan rasa marah dengan elegan? Ini caranya

Halo, Para Penduduk. Rasanya diri kita merasa kesulitan untuk berempati dengan orang yang terlibat pertikaian dengan kita, ketika kita sudah dipenuhi dengan rasa amarah dan benci yang bisa saja membuat kita jadi kehilangan jati diri.

BACA JUGA : 6 CARA MUDAH MENJADI DIRI SENDIRI ZAMAN SEKARANG

Hal yang seharusnya hanya masalah kecil, Karena termakan amarah jadi masalah besar. Setiap manusia memiliki cara tersendiri bagaimana mereka mengekspresikan amarah, seperti apa pun cara yang disampaikan disaat amarah memuncak, marah tetap menimbulkan suasana yang tidak menyenangkan.

Apalagi setiap amarah memuncak pasti tidak akan ada pihak yang mau mengalah yang selalu ingin menganggap bahwa dirinya benar, memang wajar, namanya manusia seperti itu. Bagaimana bila itu terjadi pada kita dan kita melampiaskannya ke orang lain?. Rasa menyesal dan sadar pada saat marah sudah terlampiaskan pasti muncul.

    Tapi, itu semua tergantung dari kita bagaimana diri kita menanggapi bila itu menimpa kita. Pada dasarnya, setiap dari kita pasti memiliki saat-saat yang tidak mengenakkan seperti ini. Bukannya kita tidak diperbolehkan marah, tentu saja boleh, apalagi kalau yang salah adalah orang lain. Seperti yang kita katakan tadi, Poinnya adalah bagaimana kita menghadapinya.

BACA JUGA : SIAPA ITU MASYARAKAT MISOSOPHIA

    Amarah jangan dilawan dengan amarah yang lebih besar, masalah tidak terselesaikan malah amarah yang makin buyar kemana-mana.

Lantas kita harus menghadapi hal ini harus dengan cara yang elegan.

Kendalikan Diri

    Ambil waktu jeda antara 10 - 60 menitan bila perlu, kita mulai dengan hembuskan nafas pelan-pelan, dan coba pikir baik-baik apa yang menjadi dasar amarah dan permasalahannya. Pikiran tenang dan jernih membuat kita menjadi fokus akan pertikaian pokok masalah hingga masalah tersebut selesai. Jangan terbawa suasana, dan cari jalan keluar.

Sebab dan Kerugian

    Pikirkan sebab dari amarah kita yang berlebihan dan pikirkan apa kerugian yang bisa terjadi dari amarah kita yang berlebihan. Bayangkan, dari yang masalah kecil menjadi besar dan menyebabkan kerugian yang besar. Dari Mobil yang tergores bisa menjadi baku hantam yang hebat hingga menyebabkan ada yang terluka, kemudian akan berurusan ke pihak berwajib. Pikirkan baik-baik.

Via Chat

    Biasa sering terjadi pada kalangan anak muda, terutama pasti di kalangan Grup Chat. Personal maupun banyak nya teman-teman menyebabkan sudut pandang menjadi lebih runyam. Pokok masalah yang pertama pastinya intonasi dari apa yang kita katakan, dalam teks chat kita tidak menggunakan intonasi sehingga sering terjadi salah paham.

Bila memang marah di Via chat, lagi, kendalikan diri kita, tahan dulu sejenak. karena sebagian besar yang kita ketik hanyalah ego dan amarah kita saja. Balik lagi ke kerugian bila kita sampai mengeluarkan ego kita.

BACA JUGA : MINDSET CARA BERPIKIR AGAR HIDUP LEBIH BAHAGIA

    Memang manusia mempunyai sudut pandang yang berbeda-beda, yang menjadi masalah hanyalah kita tidak bisa menerima sudut pandang tersebut. Coba ktia terima dulu, koreksi dengan baik, tanya kembali dengan lebih jelas, salah atau benar bisa diperbincangkan kembali. Lakukan terus hingga pokok pembahasannya selesai dengan damai.

" Ternyata, Banyak Hal yang Tidak Selesai Karena AMARAH. "

- Iwan Fals -

Posting Komentar untuk "Ingin dirimu mengungkapkan rasa marah dengan elegan? Ini caranya"