Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik!! Bagaimana cara berpikir yang benar ambil keputusan

Halo, Para Penduduk. Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa seni mengambil keputusan, adalah tentang seperti apa dampak yang akan terjadi dari keputusan yang telah ktia pilih. Melainkan seni dari mengambil keputusan ialah di saat kita menyadari bagaimana kita bisa sampai mengambil keputusan tersebut.

Proses Kognitif apa yang membawa diri kita kepada keputusan tersebut?.

Proses Kognitif adalah sebuah sistem persepsi yang bersifat umum yang mencakup dalam segala hal, terutama di saat kita sedang mengambil sebuah keputusan, yaitu hal dalam mengamati, membayangkan, melihat, memprediksi, menilai, dan memiliki prasangka.

BACA JUGA : TIPS BAGAIMANA BERKARIER DARI RUMAH

    Walaupun beberapa hal yang diluar perkiraan dari batas ilmu atau pengetahuan yang kita miliki, keputusan yang telah kita ambil tetap bisa membuahkan hasil. sehingga tidak jarang juga, bila kita mengambil sebuah keputusan yang buruk, kita tetap bisa mendapat hasil baik. maka dari itu, kita balik lagi ke proses kognitif yang sebelumnya untuk mengevaluasi kembali pemecahan masalahnya.

Jadi, Mindset atau cara berpikir yang seperti apa yang benar dalam mengambil keputusan yang lebih baik :

1. Mengatur Emosi

    Mengambil sebuah keputusan yang tepat agar terhindar dari resiko yang tidak di inginkan pasti dibutuhkan pemikiran yang panjang dan tenaga yang tidak sedikit, maka, mengatur emosi sangat dibutuhkan agar kita tetap bisa mengambil keputusan yang tepat.

2. Mencari Argumen baru yang tidak kita ketahui

    Diluar sana banyak Argumen-argumen yang masih tidak kita ketahui, tidak bisa dipungkiri memang bahwa masih ada pengalaman diluar sana yang belum kita rasakan oleh diri kita yang sudah hebat ini yang ternyata masih membutuhkan ilmu yang baru. Karena bila kita sudah terjebak dengan diri kita sekarang maka keputusan yang kita pilih hanya itu-itu saja.

Kita bisa berdiskusi dengan teman mana saja, senior, ataupun mendengarkan siaran podcast, bisa juga menjadi salah satu jalan menambah wawasan baru yang berguna bagi kita kita saat dihadapkan dengan keputusan-keputusan nanti.

BACA JUGA : 10 SKILL YANG HARUS DIBUTUHKAN DI BEBERAPA TAHUN KEDEPAN

3. Terlalu banyak informasi

    Sebagian orang banyak yang berpikir bahwa ketiak kita mempunyai banyak pilihan dalam bidang yang sedang kita kerjakan hal itu memberi kita keuntungan. ya, hal itu memang benar, tetapi melakukan itu tidak dianjurkan, karena ketika memiliki banyak pilihan maka banyak juga hal yang harus diberi keputusan

Alih-alih ingin menjalakan segalanya sesuai rencana malah membuat kita jadi semakin cepat letih dan bingung saat menentukan pilihan yang tepat. Sebaiknya bila ingin menerapkan hal ini, alangkah baiknya bila kita sudah meriset dan mengumpulkan data secara menyeluruh untuk mendukung pilihan kita, dan bersiap akan konsekuensi dari pilihan kita.

4. Hati dan Pikiran Seimbang

    Ketika kita mengambil sebuah keputusan kedua hal ini tidak boleh ditinggalkan, pastikan bahwa disaat kita membuat keputusan kita tidak menggunakan 1 metode saja, melainkan kedua hal ini harus kuat dan di seimbangkan. Karena apapun keputusan yang kita ambil harus rasional.

Kesimbangan dalam hidup diperlukan agar segala sesuatu dapat berjalan sesuai dengan baik serta mengurangi masalah lainnya muncul.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA BERPIKIR SECARA NEXT LEVEL JIKA INGIN SUKSES

    Bayangkan, jika kita sudah menguasai teknik bagaimana memproses kognitif itu bekerja disaat kita mengambil keputusan, apasih yang akan terjadi dalam hidup kita?. Tidak bisa di bayangkan sama sekali, karena kita sudah jauh terbang tak terbatas dan melampuinya. Arah hidup kita akan terlihat lebih jelas dan teratur dengan baik.

" Tanyakan pada Hatimu. Pikirkanlah matang-matang sebelum membuat Keputusan. "

- Cepi R. Dini -

Posting Komentar untuk "Trik!! Bagaimana cara berpikir yang benar ambil keputusan"