Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips!! Bagaimana cara mengatasi bingung bertanya ketika berkenalan

Halo, Para Penduduk. Manusia merupakan makhluk sosial yang bisa kita artikan ialah manusia dengan manusia yang lain harus saling berdampingan dan saling tolong menolong. Membahas hal ini pasti mengingatkan kita tentang pribahasa yang mengatakan "Tak Kenal Maka Tak Sayang".

BACA JUGA : BAHAYA BERTANYA TENTANG HAL-HAL SENSITIF KETIKA NGOBROL

Memang terlihat menggoda orang lain, tetapi pribahasa itu ada benarnya juga. Kita harus mengenal orang lain terlebih dahulu, baru kita bisa mengklaim bahwa orang tersebut orang yang baik dan berguna buat kehidupan kita. Kita lakukan tahap-demi tahap, dari hal kecil dahulu kemudian hobi, kerja, dan permasalahan orang tersebut bila ia membutuhkan bantuan kita.

    Lantas, apa jadinya apabila kita masih bingung sewaktu bertanya ketika kenalan?. Kita dengar sekilas perkataan dari saintis berikut ini, " Belajar dari kemarin, Hidup untuk sekarang, berharap untuk besok, Hal yang paling penting adalah jangan berhenti bertanya." dari Albert Einstein. Jangan pernah berhenti bertanya, hitung-hitung saja kalau kita sedang ingin kenal lebih dekat.

    Tapi nih, ada juga karena masa atau zaman yang sudah yang terlalu maju kedepan, kalau kita mencoba lebih dekat dan banyak tanya-tanya sama orang tersebut, pasti nih dibilang SKSD ( Sok Kenal Sok Dekat ). Karena dari pengalaman saya sendiri, saya juga pernah mengalami ini. dan buat orang-orang yang suka melontarkan "SKSD" bukan baper atau apa, ini memang kata yang menyakitkan.

It's Okay, bila ada sebagian orang yang menerima hal ini. Tetapi ada juga orang yang memasukkannya kedalam hati. Jadi tolonglah untuk tidak mengucapkan kata itu, kecuali kalau strangernya ugly bastard baru deh bisa digituin. Karena ada 7 dari 10 orang yang mengalami grogi ketika bertemu orang baru. dan 3 sisanya kehabisan bahan pertanyaan.

BACA JUGA : BEBERAPA TIPE ORANG YANG BIKIN MALESIN DI AJAK NGOBROL

    So, apakah percakapan dari yang 3 sisanya itu terus bersambung. oh tidak juga, karena setelah ditelusuri secara baik, ternyata 3 orang yang mengalami bingung mau nanya hal apa lagi, juga mengalami grogi yang berlebih. Ya kita bayangkan saja lagi asik ngobrol, bercanda tiba-tiba sunyi dan awkward.

Terus, apa penyebab yang membuat orang tersebut bisa kehabisan pertanyaan:

  1. Kurang berwawasan dan Berilmu
  2. Grogi yang berlebih
  3. Berpikir terlalu rumit a.k.a Overthingking

Dan, Bagaimana cara mengatasinya :

  1. Bikin List pertanyaan-pertanyaan mulai dari awal berjumpa hingga bagaimana mengakhirinya
  2. Sesuaikan Topik Obrolan kita dengan tipe lawan bicara kita.

    Coba, setelah membuat list-list pertanyaan yang akan ditanyakan. Jangan dihapal, melainkan mengerti dan dipahami bagaimana pola-pola pertanyaannya,  kita harus ikutin alurnya obrolan nya kemana hingga kita lanjut kepertanyaan yang lain, let it flow ( Biarkan Mengalir ) gitu. Lakukan hal ini setiap ngobrol dengan orang baru hingga lancar dan lakukan sedikit imrovisasi dengan jawaban dari lawan bicara.

BACA JUGA : TIPS BAGAIMANA CARA MENGATASI BUNTU TOPIK OBROLAN

Note :

Agar suasana awal tidak tegang, terlalu serius. Sebaiknya diajukan pertanyaan yang ringan dan umum dulu, baru setelah itu ke arah yang lebih dalam, spesifik, yang semakin serius atau berat. Untuk Mertua Berbeda ya.

" Tak Kenal Maka Tak Sayang "

- Masyarakat -


Posting Komentar untuk "Tips!! Bagaimana cara mengatasi bingung bertanya ketika berkenalan"