Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah kekuatan atas tindakan konsistensi diri

Halo, Para Penduduk. Bahasan kita tentang Konsistensi. Konsistensi adalah seseorang yang melakukan kebiasaannya secara terus-menerus, dari ada yang secara sadar maupun yang tidak sadar.

BACA JUGA : TEORI MENARIK TENTANG SATU HOBI SATU FREKUENSI

Sebagai contoh : "Setiap bangun di pagi hari, dia memantapkan diri untuk mandi terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas yang lain.".Semacam rutinitas atau daily list kita sehari-hari.

Apakah sama antara Konsistensi dan Kebiasaan?.

    Dalam perngartian kata memang serupa tapi tidak sama, karena Konsistensi adalah tindakan yang sudah melekat pada diri kita, bisa hal baik maupun buruk. contohnya : Merokok, skincare an atau bekerja. Sedangkan Kebiasaan adalah tindakan yang dilakukan cuman sekedar saja, hanya satu atau dua kali saja. contoh : Membantu orang lain, olahraga, nongkrong.

    Kenapa bisa tidak sedikit orang yang terlihat sangat konsisten dalam hidupnya, mereka menggebu-gebu seolah mereka tidak merasakan lelah dalam hidupnya setiap harinya. 

Menurut Kata Bill Gates, tidak sedikit manusia yang terlalu optimis akan perubahan dalam setahun, tapi pesimis pada perubahan dalam 5 - 10 tahun ke depan.

Coba kita lihat di sekeliling kita, siapa sih yang awalnya sangat bersemangat akan suatu hal yang baru, tetapi pudar dan menghilang begitu saja saat di tengah jalan. Saya. saya pernah mengalami hal ini dan saya jadikan sebagai contoh sebuah pengalaman.

Lalu mindset seperti apa saja yang diterapkan, supaya kita bisa lebih konsistes atas tindakan yang akan dilakukan?.

1. Fokus Pada Kualitas Tidak Kuantitas

    Kita konsisten dengan kualitas dari apa yang kita kerjakan. karena mereka yang tidak terburu-buru dalam berkarya selama 8 - 12 jam setiap harinya, mereka mengalokasikan waktu yang terbaik bagi mereka dan fokus dengan baik kepada kualitas dari karyanya.

2. Pertahankan Momentum

    Maksudnya ialah, kita mempertahankan hal yang kita lakukan. Untuk membuat sebuah perubahan baru dalam hidup bukan lah hal yang mudah untuk dilakukan, karena memerlukan sebuah mental konsistensi diri dan kebiasaan diri yang sangat kuat, apalagi bila ingin masuk ke level konsistensi diri.

    Pertama-tama, kita coba untuk berkomitmen paling tidak 4 - 6 bulan dahulu, bila kemampuan kita sudah mulai ter-asah mungkin sekitar 20-25% an. Baru kemudian kita majukan kembali sampai 12 bulan, karena bila sudah mencapai 25%an, maka sisa dari progress yang kita lakukan akan terasa lebih mudah untuk dilakukan.

3. Taklukan diri sendiri

    Kunci dalam melakukan perubahan diri secara konsisten adalah dengan senantiasa menjunjung tinggi sikap ketetapan hati untuk mengalahkan rekor diri kita sendiri. Konsistensi tidak dilihat dari bagaimana kita membandingkan diri kita dengan orang lain, melainkan kita terus melampaui rekor-rekor terbaik yang sudah kita lakukan sepanjang hidup kita.

    Kekuatan atas tindakan konsistensi pada diri kita tidak akan terjadi bila kita secara kebetulan semata. kita harus mengelola semua variabel yang masuk kedalam tubuh, mindset, dan mental kita selama proses konsistensi berlangsung hingga mencapai tujuan akhir tercapai.

" Mau nunjukin kalau Kamu Serius tentang sesuatu?. Konsistensilah! "

- Jeni Karay -

Posting Komentar untuk "Inilah kekuatan atas tindakan konsistensi diri"