Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Power of Word!! Katanya ada sebuah kekuatan dari memilih kata-kata yang benar

Halo, Para Penduduk. Kata-kata dari yang tertulis maupun yang terucap banyak berdampak dibumi ini. Pribahasa mengatakan kepada kita " Mulutmu Harimau mu ", dan kata bijak juga mengatakan " Kata-katamu adalah Kualitas dirimu ". yang mengartikan bahwa Kuasa dari sebuah perkataan bisa sangat berpengaruh buat kita dan orang lain.

BACA JUGA : GLOW UP!! SISI LAIN TENTANG FENOMENA GLOW UP

    Kata-kata bahkan bisa menggerakkan kehidupan beberapa manusia, dalam tanda kita bisa mempengaruhinya hanya dengan kata-kata. Bukan dengan artian yang buruk maksudnya, Tetapi dengan sebuah Motivasi. Kita membantu mereka bangkit, menyemangati keteguhan hatinya, pantang menyerah, dan sebagainya. Itulah dia The Power Of Word.

Kekuatan sebuah kata-kata juga bisa menjadi kekuatan untuk menghancurkan orang lain dan diri sendiri. Diri sendiri juga bisa berdampak kesialan bila kita sering berbohong dengan orang lain, dan kuasa untuk menghancurkan orang lain bahkan sesama umat manusia pun bisa saja sangat mudah terjadi.

Sebagai contoh : Pada masa peperangan sebuah kuasa propaganda banyak digunakan oleh para pemerintah dan para tentara untuk mengelabui musuh bahkan bisa menciptakan perperangan.

    Itu adalah contoh yang sangat besar dampaknya, karena ya, bagaimana pula dengan kehidupan di masyarakat?, pastinya tidak sedikit yang sudah terkena dampak dari kekuatan kata-kata ini. Lantas kita tidak perlu takut juga untuk berkata yang salah, kan ada kata maaf juga kan. Beda cerita kalau sampai contoh diatas ya.

BACA JUGA : BAHAYA!! SEBERBAHAYA APAKAH FITNAH MANUSIA?

Dengan pemilihan kata yang tepat, kita mampu memahami berbagai fenomena yang terjadi disekitar kita. Dengan kita mengetahui pilihan kata-kata yang benar dan tepat, kita bisa terkoneksi dengan orang lain dan bisa menemukan berbagai persamaan dengan orang-orang di sekitar kita.

    Norman Lewis, pengarang dari buku Word Power Made Easy. Mengatakan " Semakin luas pilihan kata-katamu, peluang suksesmu akan semakin baik, baik di karir, bisnis, maupun pencapaian potensi dirimu. ", dan ini benar, pemilihan kata-kata yang tepat sangat berdampak pada masa depan hidup kita.

Karena ada sebuah konsep yang bernama Linguistic Relativity, dimana sebuah konsep bahasa mempengaruhi proses pemikiran kita dan pemahaman kita dalam sebuah konsep tertentu. Penggunaan bahasa yang lebih baik membuat kita lebih mudah mengolah informasi dan memahami situasi apa yang sedang terjadi di sekitar kita.

Lantas apa dampaknya jika kita memilah sebuah kata-kata ?

Kemampuan EQ meningkat

    EQ adalah Kecerdasan Emosional. Jadi, bila kita memiliki kuasa yang lebih fleksibel dalam pemilihan kosa kata yang baik dan benar akan membuat kita bisa lebih berempati ke orang lain dan lebih meregulasi emosi yang ada dalam diri kita (diri kita lebih terkontrol).

Kemampuan untuk mengekspresikan pemikiran dan perasaan, bisa membuat kita lebih mengenal diri kita sendiri dan lingkungan kita dengan baik.

Kemampuan Menghakimi Lebih baik

    Menjudge atau menghakimi orang lain secara sembarangan memang sangat buruk. maka dari itu bila kita melatih kemampuan memilihi kosa kata yang baik, kita pun dapat merefleksikan kecerdasan untuk membaca konteks atau situsai dengan sangat baik, sehingga kemampuan kita menjudge seseorang pun lebih akurat.

BACA JUGA : MANUSIA BADUT, PENGERTIAN BADUT BAGI PARA NETIZEN

    Dalam Menjudge seseorang memang banyak kriteria atau faktor yang harus diperhatikan dari, ekspresi muka, body language, dan tutur kata lawan bicara kita.

 " Kata-kata bisa Menginspirasi dan Kata-kata bisa Menghancurkan. Pilihlah milikmu dengan baik "

- Robin Sharma - 

Posting Komentar untuk "Power of Word!! Katanya ada sebuah kekuatan dari memilih kata-kata yang benar"