Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayo berkembang!! Pentingnya belajar attitude dari Hal-Hal Kecil

Halo, Para Penduduk. Apa itu attitude?, Attitude dalam bahasa indonesia ialah Sikap ataupun Perilaku yang kita tunjukkan saat menjalani hari-hari kita dari yang dewasa hingga ke anak-anak,  dari mulai cara berbicara, berhadapan dengan orang lain, etika kita, bagaimana kita memperlakukan orang lain, dan di saat kita bertindak dalam hal apapun.

BACA JUGA : ETIKA NGOBROL DENGAN ORANG YANG LEBIH TUA

    Semua hal ini merupakan cerminan dari diri kita. Bahkan attitude sangat diperlukan dalam dunia pekerjaan sekalipun, percaya atau tidak? attitude yang bagus dan baik dapat mempengaruhi tingkat kesuksesan kita dalam dunia pekerjaan. Karena pada dasarnya orang yang dengan attitude yang baik pasti akan disukai oleh si boss dan rekan-rekan kerja kita.

Selain itu, dalam siklus pertemanan pun attitude atau bagaimana kita bersikap kepada teman kita juga sangat penting, walaupun kita sering nongkrong bareng dan bercanda, misalnya secara berlebihan pasti sahabat sekalipun akan marah, dan orang dengan attitude baik pasti tau kalau dia harus meminta maaf dan lebih menghargai teman-temannya.

    Dari tadi saya kelihatan seperti menasihati ya, attitude mulu. Apakah sebegitu pentingnya attitude dalam hidup kita?, tentu saja iya. Manusia adalah makhluk sosial, kalau kita tidak tau bersikap baik dengan orang lain bagaimana kita bisa hidup berdampingan dengan mereka nantinya.

BACA JUGA : SIAPA SAJA ORANG YANG WAJIB BERADA DI KEHIDUPAN KITA?

    Nah, Apakah attitude itu bawaan dari lahir? ataukah kita hanya menjalani hidup seperti biasa dan dengan sendirinya timbul kebiasaan attitude yang baik?. bawaan lahir tidak benar dan timbul dengan sendirinya bisa saja terjadi. kenapa bisa terjadi?, karena hal itu tergantung dari berbagai faktor.

Dari lingkungan tentunya, bisa keluarga, saat masa sekolah atau pendidikan kita, lingkungan sekitar atau tetangga kita, dan juga dari pergaulan kita. Kita pasti taukan dari lingkungan yang baik pasti timbul kepribadian yang baik pula.

    Tetapi, alangkah baiknya kalau sikap atau attitude itu didapat dengan cara dilatih dan dipelajari.

Yuk, kita belajar attitude dari hal-hal kecil terlebih dahulu, gampang kok :

1. Apabila ada orang yang ingin mengajakmu mengobrol atau secara tiba-tiba menanyakan sesuatu kepadamu, HP dimatikan dan taruh sebentar. pandang matanya dan simak baik-baik apa yang sedang di bicarakannya. Itu adalah sikap yang sangat menghargai orang lain.

2. Meminjam uang kepada orang lain walau cuman 1 sen pun, harus dikembalikan atau harus dibayar secepatnya. ini menunjukan karakter dan integritas kita kepada orang lain.

3. Meminjam barang orang lain itu adalah amanah dan harus dijaga sebaik-baiknya. kembalikanlah ketika sudah selesai memakainya.

BACA JUGA : INILAH 6 ALASAN COWOK TIDAK MAU MEROKOK

4. Ketika meminjam transportasi orang lain, kembalikan dengan kondisi bahan bakar yang full untuk perjalanan jauh, dan isikan minimal 10 rb lah untuk yang dekat-dekat saja. bukan istilah tindakan yang terpuji melainkan menghargai tindakan mereka terhadap kita.

5. Kalau ada teman atau orang lain mentraktirmu hari ini, balaslah dia dengan mentraktir dirinya dikemudian hari.

6. Jangan membuka platform-platform yang bikin kuota cepat habis seperti, Youtube atau Instagram ketika kita meminjam hotspot kepada orang lain. Don't be so stupid, kita juga gak hal itu juga dilakukan orang lain.

7. Jangan buat rencana nongkrong, party, touring, dan lain-lain, didepan orang yang tidak diajak.

8. Jangan meminta DISKON kepada teman yang mempunyai usaha jualan. Merintis itu sulit.

BACA JUGA : BAHAYA BERTANYA TENTANG HAL-HAL SENSITIF KETIKA NGOBROL

9. Ketika meminjam HP orang lain, pastikan yang dibuka itu sama dengan apa yang kita kepada mereka, kita pinjam mau buka FB sebentar itu yang kita buka, jangan yang lain. Jangan geser kanan-kiri, melihat isi galeri orang itu, membaca riwayat chat orang itu. Ayolah, itu privasi mereka.

10. Jangan ngasal memberikan nasihat, saran, masukan, kritikan atau apapun itu jika tidak ada yang meminta. Beda dengan yang saya buat ini ya, kita datang kesini untuk belajar bukan menasihati.

    Mungkin segitu dulu, sebenarnya masih banyak sekali hal-hal kecil yang bisa kita pelajari untuk attitude kita yang bobrok. Apalagi dengan masa pandemi sekarang ini kan, kita diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan dimana-mana untuk mencegah penularan virus yang meresahkan yang tidak kunjung kelar ini.

BACA JUGA : LEBIH BAIK, JANGAN MENGHARAPKAN 6 HAL INI DARI ORANG LAIN

Prestasi yang baik dimulai dari attitude bukan yang lain, percuma punya kelebihan tetapi attitude mu buruk. ibaratnya percuma good-looking kalau attitudenya buruk, boro-boro ada orang yang mau mendekat kalau orangnya begitu.

" Attitude itu jauh lebih penting daripada Nilai sempurna dan Skill yang kamu miliki"

- Jack Ma -

Posting Komentar untuk "Ayo berkembang!! Pentingnya belajar attitude dari Hal-Hal Kecil"