Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Makna kata maaf ketika mengobrol dengan orang lain

Halo, Para Penduduk. Kata " Maaf ", adalah sebuah ungkapan umum yang bermakna permintaan ampun atau sebuah penyesalan, dan bisa juga kata maaf digunakan saat kita meminta izin untuk melakukan sesuatu. Walaupun pengucapannya sama ternyata maknanya bisa berbeda-beda bukan.

BACA JUGA : 3 HAL YANG WAJIB KITA PAHAMI DARI WANITA BAGI PRIA GENTLE

Tapi, Tau gak sih, Kata " Maaf" itu tidak melulu diartikan sebagai meminta maaf?. Karena kita sudah merangkum bahwa ada 6 makna kata " Maaf " yang sebenarnya.

1. Suatu Perintah

    Seperti yang sudah kita jelaskan diawal tadi, Kata maaf juga bisa kita gunakan untuk meminta izin kepada orang lain untuk melakukan sesuatu. Dalam konteks ini kita akan minta tolong, Contoh : Maaf bapak/ibu, ada yang bisa saya bantu?, Maaf bapak/ibu, bisa tolong geser sedikit, Maaf, bisa tolong ambilkan saya minum, dan macam-macamnya.

2. Ngomong Bohong

    Nah, hal ini sering terjadi dikalangan anak muda, mereka menggunakan alasan kebohongan atas apa yang mereka lakukan dengan menyelipkan kata maaf di ucapannya.

BACA JUGA : INILAH CIRI-CIRI ORANG YANG HANYA INGIN DI DENGAR

Sebagai contoh : " Maaf telat, tadi dijalan saya terjebak macet bla,bla ( padahal ketiduran ) ", " Maaf ya tidak bisa datang ke acara kamu, habisnya aku tidak ada transportasi ( padahal sedang asik jalan-jalan) "," Maaf, Kamu terlalu baik buat aku ( Yaudah, aku jadi jahat aja deh. Rumah kamu dimana? ). "

3. Minta Ampun

    Merupakan kata yang umum di seluruh masyarakat, makna kata ampun juga bisa dikatakan sebagai sebuah bentuk penyesalan kita terhadap apa yang sudah kita lakukan ke orang lain.

Contohnya : " Maaf, semalam sudah menjatuhkan tupperware minuman kamu, ini saya ganti. "," Bro Maaf ya, bercanda gua berlebihan ", " Maaf ya pak/bu sebelumnya, saya kemarin tidak dapat hadir di bla,bla. saya kemarin ada bla,bla ".

4. Bermakna Negatif

    Seperti yang sudah kita katakan, walaupun sama-sama kata Maaf tetapi memiliki makna yang berbeda-beda. Alasan kenapa dikatakan kata maaf bisa saja bermakna negatif ialah dari konotasi pengucapan orang tersebut, contohnya dengan gaya konotasi yang seperti merendahkan orang lain.

" eh maaf ya, punya gue lebih mahal dari loe "," maaf ya, bukan bermaksud sombong cuman ngasih tau doang, kalo kulit manggis sudah ada ekstraknya "," Maaf nih gak enak aja udah bicara panjang-panjang, kita sebenarnya tidak ada yang peduli sama cerita loe, hehe."

5. Minta Izin

    Kata " maaf " juga bisa ktia gunakan untuk permintaan izin, memang tidak jauh berbeda dengan suatu perintah. Tetapi dalam meminta izin disini tidak kita gunakan sebagai perintah ke orang lain, melainkan untuk diri kita sendiri.

BACA JUGA : HAL YANG HARUS DIBENARKAN SAAT KENCAN DALAM SUATU HUBUNGAN

Meminta izin bisa di gunakan dalam banyak makna, dari ingin melakukan sesuatu, berkenalan, bertanya arah, dan lainnya. Contoh : " Maaf pak/buk, saya ingin meminta izin ingin mengabil cuti pekerjaan "," Maaf bu, saya ingin izin ke toilet "," Maaf, boleh tau namanya siapa? "," Maaf mengganggu, untuk jalan ke Jl. bla,bla lewat sebelah mana ya?".

6. Memperbaiki Suasana Hati

    Kata maaf juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan kegundahan yang ada dalam hati, terutama apabila kita menyadari bahwa kita sudah banyak melakukan kesalahan terhadap orang lain. Tetapi bila kita tidak melakukan kesalahan apapun, apakah kita masih harus meminta maaf?. ya, kita tetap harus meminta maaf.

Karena itu etika, kedewasaan, dan menadakan bahwa kita masih memiliki sifat kemanusiaan. Ingat, karena sayangnya masih banyak manusia yang melupakan hal ini, dan banyak juga yang sudah mempunyai masalah dengan orang lain malah lebih memilih dipendam dan melupakannya begitu saja. Contoh : " ah, gitu doang kok nggak papanya itu".

BACA JUGA : APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA TIDAK SEMUA ORANG SUKA KITA?

    Salah satu etika manusia adalah Kata Maaf. Ucapan Maaf kita kepada orang lain sangat berharga dan memiliki makna yang besar. Jangan pernah malu untuk mengucapkan kata Maaf kepada orang lain, pertanggung jawabkan kesalahan kita kepada orang lain. Tetap berlatih dan Biasakan diri kita.

" Tindakan Benar di Masa Depan adalah Permintaan Maaf yang Terbaik atas Tindakan Buruk kita di Masa Lalu "

- Tryon Edwards -

Posting Komentar untuk "6 Makna kata maaf ketika mengobrol dengan orang lain"