Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harus!! 10 skill yang harus dibutuhkan di beberapa tahun kedepan

Halo, Penduduk sekalian. Seperti yang sudah kita ketahui saat ini, bahwa perkembangan dunia sangatlah cepat apalagi dengan situasi pandemi yang sedang berlangsung hingga saat ini yang membuat para generasi muda harus meningkatkan kualitas dan kemampuan diri agar dapat menghadapi persaingan dunia kerja yang lebih ketat.

BACA JUGA : PEKERJAAN SAMPINGAN UNTUK ANAK SMK DENGAN GAJI BESAR

    Para generasi muda diharapkan sudah memiliki bekal edukasi yang matang dan mampu menguasai berbagai skill kemampuan Soft skill maupun Hard skill.

Dua kemampuan ini sangat penting dan saling melengkapi untuk eksistensi sebagai seorang karyawan didalam pekerjaan.

  • Soft skill, ialah kemampuan non-teknikal yang berhubungan bagaimana kita dihadapkan dengan situasi tertentu.
  • Hard skill, ialah kemampuan spesifik berupa keterampilan pengalaman didalam suatu pekerjaan tertentu.

    Maka dari itu, jangan sampai orang lain sudah di angkasa kita masih di darat, istilahnya. Karena seiring berkembangnya zaman dan industri teknologi yang lebih maju lagi, berbagai macam skill sangat dibutuhkan:

1. Berpikir Analisi dan Inovatif

    Berpikir secara fokus pada pekerjaan dengan menggunakan segala informasi dan ide sebanyak mungkin yang ada didalam kepala, apalagi saat berkaitan dalam permasalahan pekerjaan kita fokus dan tidak membiasakan diri dengan memasukkan berbagai pendapat-pendapat yang tidak masuk akal yang tidak ada kaitannya dengan masalah.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA BERPIKIR YANG BENAR AMBIL KEPUTUSAN

Skill ini akan memberikan kita kemampuan menjawab masalah dengan solusi yang tepat, dan dengan jawaban yang tetap realistis sehingga mampu memunculkan inovatif ide-ide yang baru.

2. Mampu Belajar Secara Aktif dan Mandiri

    Kita akan mendefinisikan secara sederhana seperti apa belajar secara aktif dan mandiri, sebuah tindakan individual yang berperan ingin mengembangkan diri sendiri lebih jauh lagi dengan mengemban tanggung jawab pada sistem belajarnya sendiri, untuk menentukan bagaimana dan apa yang diketahui dan apa yang bisa dilakukan, tanpa bergantung pada orang lain saat proses belajar hal-hal baru

BACA JUGA : 10 SKILL YANG HARUS DIBUTUHKAN DI BEBERAPA TAHUN KEDEPAN

3. Berpikir Kritis

    Ialah kemampuan dalam menilai sesuatu secara logis dan matang, skill ini hampir mirip dengan berpikir analisis, tetapi dalam berpikir kritis, kita akan mengevaluasi bagaimana kita akan mempertimbangkan aspek dari berbagai dampak apa yang akan kita lakukan.

4. Kemampuan Memimpin

    Sebuah bidang keterampilan yang mengasah kemampuan seseorang dalam membimbing dan memimpin satu orang atau lebih. untuk mengasah kemampuan ini terutama harus belajar disiplin dan mengambil tanggung jawab lebih, karena tugas sebagai seorang pemimpin adalah memastikan bahwa visi dan misi yang dituju tercapai.

5. Kemampuan Bersosialisasi

    Manusia sebagai makhluk sosial atau makhluk yang membutuhkan bantuan sesamanya. Kali ini kita masih membicarakan soft skill, yaitu bersosialisasi yang merupakan bidang kemampuan yang dimiliki setiap manusia untuk melaksakan kegiatan sehari-hari. kita bisa bercanda, bercerita, berekspresi, saling bekerja sama, berempati kepada rekan kerja dan dilingkungan sekitar kita.

6. Perkembangan Teknologi

    Sekarang kita sudah di sektor Era Industri 4.0 dan akan segera menuju ke Era Industri 5.0. menurut kita sendiri apa yang akan terjadi bila kita terbelakang tentang kemajuan era industri apalagi terutama didalam bidang teknologi yang sangat cepat berkembang dengan pesat. salah satu contohnya dibidang perbisnisan, dengan kemampuan teknologi yang sudah terdepan dari zaman ke zaman, kecepatan pertumbuhan bidang bisnis cenderung lebih cepat.

BACA JUGA : TEORI MENARIK TENTANG SATU HOBI SATU FREKUENSI

    Iya, memang tidak bisa dipungkiri karena di era sekarang inovasi dan kreativitas bidang teknologi akan berkembang terus menerus dengan cepat. bila gaptek kita akan termakan oleh zaman, kemudian tidak bisa bekerja dan seterusnya, sedikit info untuk gaji seorang pekerja yang ahli teknologi GEDE loh.

7. Kemampuan Monitoring


    Monitoring atau memantau, pantau adalah kemampuan mengevaluasi sekitar kita, tentang bagaimana kita memberi pemahaman tentang perencanaan, pelaksanaan, dan langkah-langkah tentang persiapan yang dilakukan, kemudian mengumpulkan hasil monitoring kita dan menganalisis berbagai tindakan sebelumnya menjadi pegangan untuk pengambilan keputusan diperencanaan yang akan datang.

8. Desain Grafis dan Programming

    Seperti sebelumnya, lagi-lagi kita membahas tentang teknologi, kenapa ?. sangat simple karena kita tinggal dan lahir di era atau zaman yang dimana-mana teknologi sudah tersebar dengan luas. maka, bukankah kedua kemampuan ini sangat berguna digunakan sebagai penopang untuk dimasa mendatang nanti.

BACA JUGA : FONT PSIKOLOGIS SEBAGAI DAYA TARIK DALAM DUNIA PEKERJAAN & DESIGNER

    Kita disini hanya mengevaluasi bidang yang sedang berkembang dengan pesat yang akan menguntungkan kita di zaman sekarang dan yang akan datang nanti. tentu saja, bidang-bidang yang lain juga pasti diperlukan dan tetap akan dipelajari.

9. Kekuatan Fisik dan Mental Fleksibel

    "Dari zaman dulu juga kemampuan ini wajib ada". iya benar, kita akan tetap memasukkan ini sebagai salah satu skill yang dibutuhkan. Kekuatan fisik yang kuat dan mental fleksibel akan menjadikan kita manusia yang kuat dan tahan banting, kita tidak akan merasa khawatir tentang berbagai kegagalan yang terjadi dan masalah yang terus bedatangan, pastinya dengan mental seperti itu akan di atasi dengan kepala dingin, itu intinya.

10. Menghadapi Masalah dan Kegagalan

    Kedua hal ini selalu hidup berdampingan dengan kehidupan kita, kita menentukan bagaimana masalah dan kegagalan ini terjadi, mengevaluasi penyebab dengan detail, mencari solusi dan mengimplementasi masalah dan kegagalan terselesaikan, begitulah manusia hidup masalah terus berdatangan, tidak ada manusia yang hidup tanpa masalah dan kegagalan, tetapi sisi positifnya dibalik kesusahan dan kepedihan yang kita terima membangun diri kita menjadi lebih baik agar tidak mengulangi kesalahan yang sama kembali.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA BERPIKIR SECARA NEXT LEVEL JIKA INGIN SUKSES

    Penutupnya mungkin lebih baik kita masukan Quote saja, Semangat mengembangkan diri dan Terus belajar.

"Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini. "

-Malcolm X-

Posting Komentar untuk "Harus!! 10 skill yang harus dibutuhkan di beberapa tahun kedepan"