Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik !! 12 teknik cara meningkatkan fokus Dan konsentrasi

Apa yang ada di dunia ini memang bikin kita pusing dan kadang merasa terganggu karenanya, apa lagi terkait dengan soal Fokus dan Konsentrasi. Ada banyak hal yang bisa membuat kita menurunkan tingkat fokus dan konsentrasi dalam diri kita. Terkadang dari lelah nya kita dalam beraktifitas bahkan bisa membuat kita stress, karena menumpuk nya pekerjaan yang akan diselesaikan.

BACA JUGA : BAGAIMANA CARA MANUSIA MENGOPTIMALKAN KINERJA OTAK MEREKA

Setiap manusia mempunyai masalah nya sendiri bagaimana mereka mengeluh tentang gangguan – gangguan yang di hadapi di dunia ini. Dan tentu saja mereka juga mempunyai antidote nya untuk memecah kan masalah tersebut.

Nah, kami akan memberikan beberapa cara untuk meningkatkan Konsentrasi dan Fokus kita dikala kita sedang lelah. Simak baik – baik :

1. Pergi Liburan

    Lelah dengan berbagai macam hal dari pekerjaan dan masalah kehidupan. Maka tidak ada salahnya bila kita mengambil cuti dari pekerjaan untuk berlibur sejenak, selama waktu berlibur pikiran akan merfresh kembali pikiran kita, tetapi carilah tempat yang anda sukai dan beristirahat lah dari gangguan – gangguan.

2. Stay Positive

    Berpikir positif dalam berbagai hal, karana pola pikir akan membawa pengaruh yang besar kepada kehidupan kita sehari – hari. Berpikir positif akan membuat kita lebih fokus dan berkonsentrasi dalam bertindak.

3. Jangan Multitasking

    Menyelesaikan pekerjaan lebih baik dilakukan dengan 1 per 1 dan jangan biasakan diri kita multitasking, kita bukan superhuman. Multitasking akan membuat fokus dan konsentrasi kita buyar dan tepecah belah, yang akhirnya malah mebuat pekerjaan tidak kunjung selesai.

4. Konsumsi Kopi

    Buat penyuka kopi pasti sudah merasakan khasiat dari minuman yang satu ini. Benar, sewaktu kita mengkonsumsi kopi ada kandungan yang bekerja seperti adrenaline. Maka, hal ini akan membuat kita tetap terjaga dan bikin mood terasa lebih happy.

5. Berolahraga

    Kita semua pun tau, bukan tahu. bahwa olahraga itu baik untuk menjaga kesehatan tubuh, apalagi pada kinerja otak. Olahraga akan meningkatkan kadar hormon endorphin pada tubuh yang akan membuat kita bisa fokus dalam jangka waktu yang lama, selain itu daya ingat pun bisa meningkat juga loh.

Lakukan lah olahraga secara rutin, apabila tidak sanggup melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan olahraga ringan seperti senam aerobik, jogging, dan lainnya.

6. Dengar Lagu

    Apakah lagu death metal bisa bikin fokus ?, ya tidak lah. Maksud dalam mendegarkan lagu ialah, dengarkan lah lagu yang bergenre music yang vibenya chill, santai kaya dipantai, seperti bagaikan alam yang sedang diterpa angin yang sedang berembun.

BACA JUGA : BAGAIMANA SIH CARA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Dengarkan lagu yang tenang akan memepertahankan konsentrasi dan fokus. Walaupun belum resmi dikatakan membantu, tetapi ada juga beberapa orang yang berhasil dengan melakukan cara seperti ini. Salah satunya, saya.

7. Melamun

    Terasa sangat lelah bila kena hal ini, dimarahin bos dipekerjaan, terlibat masalah dirumah tangga, bertengkar dengan pasangan, bahkan ketiban sial waktu jalan pulang. Sedih ya, iya emang menyedihkan bila ada yang mengalami, tetapi pasti ada hikmahnya. Buat kita ada yang mengalami tidak ada salah nya untuk melamun sejenak untuk melepas semua kekacauan tersebut.

BACA JUGA : MENGAPA BISA ADA MURID YANG SULIT MEMAHAMI PELAJARAN

Melamun disaat kita terkena masalah akan membuat kita berpikir untuk berserah diri kepada – Nya. Hal ini justru baik, karena akan merefresh kembali mood dan mengembalikan fokus dan konsentrasi kita.

8. Menulis Catatan

    Ternyata membuat catatan juga bisa membantu konsentrasi dan fokus juga. Kita bisa mencatat tentang planning hari ini ataupun esok hari, apa hal menyenangkan yang terjadi hari ini, mungkin ada hal yang menggangu di pikiran kita, adapun masalah yang belum terselesaikan.

Ini memang tidak akan menyelesaikan masalah yang ada, tetapi bisa sedikit mengusir yang sedang kita pikirkan. Dengan adanya planning, kita akan memiliki dorongan untuk lebih cepat menyelesaikan tugas.

9. Istirahat Tercukupi

    Tubuh yang sudah lelah beraktifitas seharian pasti membutuhkan istirahat, minimal istirahat lah selama 7 jam sehari. Disaat kita beristirahat, tubuh yang lelah akan di pulihkan, bahkan sel – sel tubuh yang rusak karena aktifitas akan diperbaiki sehingga sewaktu bangun badan terasa segar lagi.

Mau kualitas tidur terbaik ?.

Bisa melakukan olahraga ringan, meditasi, baca buku, mendegar music, dll. Intinya lakukanlah hal yang nyaman, yang membuat diri kita siap untuk menjalani esok hari.

10. Bermeditasi

    Melakukan meditasi minimal 5 – 10 menitan, sudah bisa membuat diri kita tenang dan lebih fokus untuk melakukan aktifitas. Karena meditasi dapat menstabilkan otak dengan cara memusatkan inti pikiran ke satu hal tertentu saja.

Meditasi bisa juga disebut dengan melakukan ibadah, berdoa, ataupun yoga. Sesuatu yang menenangkan pikiran.

11. Sosial Media

    Terlalu sering beraktifitas di sosial media bisa membuat pikiran kita menjadi kacau. Pasalnya bila kita melihat postingan di media seperti Instagram, Facebook, Snapchat, dll hanya akan membuat kita mengelolah hal – hal yang tidak penting bahkan emosi kita pun bisa terpengaruh karena postingan mereka.

Kita bisa mencoba untuk beristirahat dari sosial media, minimal tidak akan membuka handphone atauoun gadget kita di saat kita bekerja.

12. Jangan Dehidrasi

    Tidak ada yang menyangka bahwa kekurangan air dalam tubuh atau Dehidrasi, bisa dikatakan penyebab menurunnya konstentrasi. ada a*ua, pasti banyak yang tau iklan tersebut. Iklan itu salah satu contohnya, kekurangan cairan akan membuat tubuh kita lemas, energy tubuh rendah, hormone yang tidak seimbang, gampang lelah, dan bisa sakit kepala.

Cukupi kebutuhan minum air putih, makan buah ataupun sayur yang mengandung cairan dengan baik, minimal 2 - 3 liter air dalam sehari.

BACA JUGA : 10 SKILL YANG HARUS DIBUTUHKAN DI BEBERAPA TAHUN KEDEPAN

    Berikut, 12 teknik meningkatkan fokus dan konsentrasi, jangan memaksa diri kamu untuk melakukan hal itu semua. Cukup lakukan beberapa yang membuat diri kita rasa itu nyaman. Yang penting pikiran kita sudah tenang dan pastinya konsentrasi akan terjaga.

"Moto saya adalah konsentrasi. Yang pertama adalah kejujuran, kerajinan dan kemudian konsentrasi."

- Andrew Carnegie -


Posting Komentar untuk "Trik !! 12 teknik cara meningkatkan fokus Dan konsentrasi"