Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Netizen Terlalu Barbar!! Indonesia Menduduki Peringkat 1 Paling Tidak Sopan Se-Asia Tenggara

Halo, Penduduk yang terhormat. Hari ini, Internet Indonesia tengah dihebohkan dengan kabar yang disampaikan pada Akun Instagram Microsoft yang mensurveikan bahwa, Netizen Indonesia tergolong sebagai netizen yang paling tidak sopan/ tidak beradab/ ternilai barbar se-Asia Tenggara.

BACA JUGA : MANUSIA BADUT, PENGERTIAN BADUT BAGI PARA NETIZEN

Karena hal tersebut, para Netizen Indonesia mulai menyerbu kolom komentar akun instagram Microsoft sebagai bentuk protes mereka atas hasil survey yang menyebut Netizen Indonesia sebagai Netizen yang paling tidak sopan.

    Microsoft lewat surveinya dengan menggunakan Digital Civility Index (DCI), yaitu, sebuah survei tahunan yang dilakukan oleh Microsoft yang bertujuan untuk mempromosikan interaksi online yang lebih aman, lebih sehat, dan saling menghormati. dengan lebih dari ribuan orang responden dari puluhan negara tentang pengaruh mereka terhadap 21 resiko online yang berbeda dengan dikategorikan menjadi empat kategori: 

  • Perilaku
  • Seksual
  • Reputasi
  • Pribadi/mengganggu

Beberapa resiko yang dimaksud termasuk ujaran kebencian, terpengaruh oleh kabar hoax, penipuan atau diskriminasi yang di alami di dunia maya.

    Pada survei yang dilakukan Microsoft, mereka menjelaskan bahwa resiko terbesar Netizen Indonesia adalah, penipuan dan kabar hoax yang naik sebanyak 13%, diskriminasi turun sebanyak 2%, dan ujaran kebencian yang naik sebanyak 5%.

Dengan begitu banyak sampai 16.000 responden dari semua kalangan lebih dari 32 negara berpartisipasi, 503 diantaranya berasal dari indonesia. terkait tentang hoax, penipuan, diskriminasi dan ujaran kebencian seperti biasanya di dunia maya.

Dengan banyak 47% responden mengaku telah terlibat dalam insiden bullying dan intimidasi, dan dengan 19% responden yang menyatakan mereka menjadi sasaran bullying.

BACA JUGA : GLOW UP!! SISI LAIN TENTANG FENOMENA GLOW UP

Tetapi, Pada masa pandemi sekitar 26% responden global, tidak hanya indonesia menyatakan kesopanan online yang mengalami peningkatan karena ingin membantu satu sama lain.

    Hal-hal yang dikatikan diatas berdasarkan survei dari Microsoft yang mengukur tingkat kesopanan pengguna internet sepanjang tahun 2020, hasilnya Indonesia berada di peringkat ke-29 dari 32 negara, yang menyebabkan Indonesia menjadi negara dengan tingkat kesopanan paling terendah se-Asia Tenggara. berbeda dengan negara Asia Tenggara lainnya yang menduduki peringkat yang lebih baik dari kita.

Kita selaku masyarakat Indonesia sudah tidak kaget akan munculnya berita seperti ini. bahkan kita sendiri sudah tau bagaimana Netizen Indonesia tidak terima akan dirinya dengan hasil survei yang dikeluarkan oleh Microsoft dan malah menyerang akun Ig Microsoft hingga kolom komentar sampai harus dimatikan.

BACA JUGA : RUSAKNYA IBU, SEBUAH CARA MERUSAH SEBUAH KELUARGA

    ayolah, sebagai sesama Netizen. kita seharusnya menjadikan ini sebagai bentuk pelajaran supaya lebih bijak lagidalam menggunakan media sosial, bukan malah sok-sok an barbar dengan tak terima dan menghujat hasil survei itu, miris sekali dan sekaligus sebagai bukti bahwa survei tersebut benar. Dan lucunya ialah yang menghujat itu tidak sadar akan hal itu. puffftt.

"MINDBLOON"



Posting Komentar untuk "Netizen Terlalu Barbar!! Indonesia Menduduki Peringkat 1 Paling Tidak Sopan Se-Asia Tenggara"