Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Pelupa? Inilah cara menghilangkan kebiasaan mudah lupa

Halo, Penduduk yang terhormat. Lupa merupakan hal wajar yang bisa saja dialami oleh setiap orang.  Mungkin saja ada yang lupa dengan tanggal hari jadi pasangan, rute jalan, dompet ataupun kunci, bahkan ada yang lupa dengan nama orang yang baru di kenalnya, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA : APAKAH ORANG PELUPA ITU ORANG YANG CERDAS

    Tentu, hal seperti itu pasti bikin kita penduduk bumi menjadi resah dan kesal bahkan khawatir, apalagi hal seperti ini terjadi kepada kalangan yang masih muda.

Umumnya yang diketahui oleh para penduduk bumi ialah orang yang mengalami mudah lupa ataupun orang itu pelupa biasanya di sebabkan faktor bertambahnya usia dan kebanyakan sering dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut 65 tahun keatas. Kalau begitu, kenapa bisa terjadi dengan orang yang belum berusia lanjut ?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan menjadi mudah lupa :

Selain karena umur yang menua, ada juga karena faktor kesehatan yang terganggu.

  1. Karena sering merokok
  2. Konsumsi obat - obatan yang bisa mempengaruhi daya ingat
  3. Kurang tidur
  4. Kurangnya Vitamin B12
  5. Depresi ataupun Stress
  6. Karena cedera pada bagian kepala
  7. Dll

    Banyak yang bisa dijadikan faktor yang membuat manusia rentan dengan sifat pelupa, dari beberapa hal di atas mungkin kita sedang mengalaminya.

Karena dari beberapa faktor yang meresahkan di atas, tentu kita harus tau bagaimana cara terhindar dari sifat pelupa ini.

1. Cukup Tidur

    Hal ini sangat penting karena otak kita juga butuh yang namanya istirahat, minimal istirahat manusia itu 8 jam dalam 1 hari. Kondisi otak yang lelah akibat tidur yang tidak beres hanya akan memperburuk kondisi kesehatan kita.

Maka dari itu, tidur lah yang cukup, istirahat lah di kala tubuhmu sudah merasa lelah apalagi otaknya sudah bekerja keras selama 1 harian penuh.

2. Olahraga

    Tentu saja, tidak ada kata yang lebih menyehatkan selain berolahraga sedini mungkin sebelum kita terserang berbagai penyakit di tubuh. Tubuh yang bugar lebih mudah terhindar dari berbagai serangan penyakit, salah satunya hal sifat pelupa ini.

BACA JUGA : BAHAYA!! SEBERBAHAYA APAKAH FITNAH MANUSIA?

    Olahraga yang dilakukan tidak mesti harus olahraga yang berat – berat, cukup dengan melakukan olahraga ringan secara rutin seperti senam aerobik.

Misalnya 3 kali dalam seminggu ataupun lebih. Hal ini sangat bagus loh buat penduduk yang bentar lagi hampir usia lanjut, karena resiko terkena penyakit pikun atau demensia menjadi kecil loh.

3. Konsumsi Makan Sehat

    Bukan junk food ya,tetapi makanan yang bergizi tinggi ya penduduk. 4 Sehat 5 Sempurna ingat. Makan – makanan yang mengandung gizi seperti kaya akan protein, zat besi, mineral, antioksidan, dan yang lainnya.

Kandungan gizi yang baik sangat dibutuhkan agar sistem kekebalan dalam tubuh kita tetap terjaga dan seluruh kinerja bagian dalam tubuh kita berfungsi dengan normal termasuk bagian otak.

4. Menghafal

    Cobalah dengan menghafal sebuah majalah, koran, selembaran di jalan, mencatat informasi – informasi baru, mengingat nama - nama ataupun nomor telepon. akan Melatih daya ingat dan konsentrasi kita.

Hal ini akan membuat sel–sel di bagian dalam otak berkembang sehingga akan membuat sistem kerja otak menjadi lebih baik.

Dengan kondisi otak yang prima karena sering membaca dan menghafal bisa mengurangi resiko dampak terkenanya penyakit mudah lupa atau pikun.

5. Meminta Tolong Orang Terdekat

    Bisa kita mulai dari pasangan ataupun pacar, orang tua, dan teman – teman. Kita bisa meminta tolong kepada mereka untuk mengingatkan kita. Mereka akan dengan senang hati dan lapang dada akan berusaha melakukannya. Apalagi mereka yang sudah tau tentang kondisi kita yang pelupa.

6. Playing Games

    Bagaimana mungkin game bisa mencegah kita menjadi manusia pelupa ?. Sebenarnya bermain game itu tidak buruk, game yang buruk itu ialah game yang dimainkan hingga lupa waktu. Yaitu karena diri kita sendiri. Ada juga beberapa game yang sangat membantu untuk mengasah kinerja otak kita, bisa dari kecerdasan, konsentrasi, bahkan mengasah daya ingat.

Contoh : Bermain catur, Mengisi TTS, Game Strategi, Rubik, Puzzle, dan lainnya.

Banyak sekali game yang bisa membantu kita melatih kemampuan otak, yang terpenting tetap ingat dengan waktu dan jangan berlebihan.

BACA JUGA : POWER OF WORD!! SEBUAH KEKUATAN DARI MEMILIH KATA-KATA

    Nah, terkadang ada juga beberapa penyebab yang harus ditangani langsung oleh dokter, biasanya dokter akan melakukan beberapa tes untuk mencari tahu penyebab kenapa si pasien bisa mudah lupa.

Oleh karena itu, bila sifat pelupa sudah berlangsung lama dan sangat mengganggu, sebaiknya segera di periksa ke dokter.

Posting Komentar untuk "Menjadi Pelupa? Inilah cara menghilangkan kebiasaan mudah lupa"