Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam–macam kepribadian manusia menurut ahli Psikologi bagian 3

Halo, Penduduk yang terhormat. Kita mungkin sudah membaca di bagian part 1 dan part ke2, disitu kita sudah mengetahui dan memahami beberapa macam tipe kepribadian penduduk di dunia. Disini kita akan meringkas lebih detail tentang Kepribadian dan Profesi yang cocok dengan tipe nya masing – masing.

BACA JUGA : KARAKTER MANUSIA BISA DI TUNJUKKAN DARI HAL-HAL KECIL

    Buat yang masih penasaran tentang jati dirinya seperti apa, yang masih merasa bingung ingin berkutat di bidang profesi yang mana, dan di bidang jurusan yang mana ingin di geluti. Semoga saja di dalam artikel kita kali ini kita bisa sama – sama memperjelas jati diri masing – masing dan bidang profesi yang mana yang akan kita tekuni. Berikut penjelasannya ;

Menurut para Ahli Psikologi, untuk mendapatkan hasil yang valid seseorang akan di tes dengan alat yang bernama MBTI ( Myer Briggs Type Indicator ) yang di kembangkan oleh Khaterine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers (1940). MBTI adalah, alat psikotes yang bertujuan untuk mengukur skala kepribadian seseorang berdasarkan preferensi psikologis atau cara pandang mereka dalam melihat dunia dan membuat keputusan.

    Pada MBTI, skala tipe kepribadian manusia memiliki kecenderungan yang berlawanan atau dibagian mana yang lebih dominan. Skala tersebut terbagi 4 TIPE DIMENSI UTAMA :

1. Dimensi Pemusatan Perhatian:  Introvert (I) vs Ekstorvert (E)
2. Dimensi Memahami Informasi dari luar : Sensing (S) vs Intuition (N)
3. Dimensi Menarik Kesimpulan & Keputusan : Thinking (T) vs Feeling (F)
4. Dimensi Pola Hidup : Judging (J) vs Perceiving (P)

Nah, berdasarkan dari ke 4 TIPE DIMENSI UTAMA tersebut tipe kepribadian manusia dibagi menjadi 16 Macam Tipe :

1. ISFJ (Setia)

ISFJ cenderung penduduk yang memiliki sifat yang setia, penuh perhatian, teliti, akurat dalam sebuah keputusan, penuh pertimbangan, kooperatif , dan kemampuan bekerja sama yang baik.

Profesi ISFJ : Arsitek, Konselor, Interior Design, Perawat, Administratif, Back Office Manager, dan Dunia Perhotelan.

2. ISFP (Artistik)

ISFP ialah tipe penduduk yang cenderung memiliki beberapa sifat  yang simple dan praktis, sensitive, ramah, fleksibel, dan suka melakukan tindakan dengan hati yang mendalam daripada sekedar kata – kata saja.

Profesi ISFP : Designer, Seniman, Aktor, Guru, Konselor, dan Bidang Pelayanan atau Jasa.

3. INFP (Idealis)

INFP cenderung memiliki sifat yang peka, perfeksionis, idealis, antusias yang berlebih, dan mengoptimalkan orang lain.

Profesi INFP : Sastrawan, Penulis, Psikolog, Seniman,  Rohaniawan (Keagamaan), dan Bidang Pelayanan atau Jasa.

4. ISTJ (Logistik)

Penduduk ISTJ memiliki dominan karakter yang logis, serius, praktis, objektif, dan tipikal orang yang berpegang teguh sama yang namanya dengan aturan dan prosedur. Tapi mereka tipe orang yang dapat diandalkan.

Profesi ISTJ : Manajemen, Polisi, Intelejen, Hakim, Dokter, Programmer, dan Akuntan

5. ISTP (Pengrajin)

ISTP cenderung tipe yang memiliki karakter yang dingin, tenang, kaku, serba hati – hati, logis, dan penuh pertimbangan. Penduduk ISTP mempunyai kelebihan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan Problem Solver yang baik karena sifatnya yang cenderung tenang.

Profesi ISTP : Ahli Forensik, Teknisi, Polisi, Entreprenuer, Insinyur, dan Ahli Komputer

6. INFJ (Reflektif)

Penduduk satu ini INFJ punya empati dan perhatian yang tinggi, komitmen, tekun, idealis, perfeksionis, dan memegang prinsip dengan teguh. Nah, mungkin INFJ cocok di bayangkan sebagai karakter pasangan idaman.

7. INTJ (Independen)

Tipe yang memiliki tingkat independen yang tinggi ini  lebih mandiri dalam hidupnya, merupakan seseorang yang visioner yang ingin terus berkembang, kritis, skeptis, percaya diri, dan logis yang terkadang keras kepala.

Profesi INTJ : Peneliti, Ilmuan, Profesor, Pengajar, Teknisi, Programmer, Pengacara, dan Hakim.

BACA JUGA : ADAKAH CARA YANG MUDAH BAGAIMANA MENJAGA KESEHATAN MENTAL?

8. ENFP (Optimis)

ENFP yang cenderung di ilhami dengan pribadi yang ramah, energik, fun, optimis, dan semangat juang tinggi ini memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru dengan baik dan mudah bergaul dengan orang di sekitar mereka.

Profesi ENFP : MC, Psikolog, Presenter, Motivator, Entertainer, dan Bidang Pelayanan atau Jasa

9. ENTP (Pendebat)

ENTP ini cenderung dimiliki oleh sebagaian orang dengan kepribadian yang cekatan, logis, kreatif dan inovatif. Mereka pandai dalam berargumen yang jatuhnya bisa ke profesi pengacara ini punya banyak cara menyelesaikan masalah, apalagi dengan keinginannya yang kuat untuk mengembangakan dirinya sendiri.

Profesi INTP : Ilmuan, Pengacara, Psikolog, Marketing, Konsultan, dan Aktor

10. ENTJ (Pemimpin)

Penduduk yang memiliki kepribadian ENTJ biasanya dominan dengan yang namanya ketegasan, objektif, kritis, kompetitif, tangguh, disiplin, dan penuh dengan yang namanya komitmen dalam hidupnya.

Profesi ENTJ : Pemimpin Organisasi, Hakim, Pengacara, Enterpreuner, dan Konsultan

11. ESTP (Pengusaha)

Penduduk ESTP cenderung aktif, cekatan, menyenangkan, antusias, berkharisma, dan komunikator yang baik. ESTP mampu menghadapi berbagai masalah dan konflik dihidupnya dengan baik karena dengan sifatnya yang toleran dan mudah beradaptasi.

Profesi ESTP : Marketing, Polisi, Sales, Enterpreuner, dan Teknisi

12. ESFP (Murah Hati)

Hatinya tidak murah, melainkan seperti sebuah berlian yang mahal. ESFP mempunyai tingkat interpersonal yang baik, mempunyai sifat yang ramah, mudah bergaul, easygoing, menyenangkan, optimis, dan ceria.

Profesi ESFP : Konselor, Tour Guide, Entertainer, Marketing, Bidang pelayanan atau Jasa, dan Bidang Anak – anak.

13. ESTJ (Eksekutif)

ESTJ cenderung memiliki sifat yang realistis, procedural, terencana, dan sitematis. Karena memiliki karakter yang dominan disiplin dalam segala sesuatu, pekerja keras, dan disiplin dalam ketepatan waktu.

Profesi ESTJ : Bidang Militer, Polisi, Hakim, Guru, Auditor, Manajer, dan Sistem analisis

14. ESFJ (Harmonis)

Penduduk ESFJ memiliki sifat yang banyak berbicara, baik, santai, orang yang supportif, sederhana, dan teliti. Mereka cenderung sering dikenal banyak orang.

Profesi ESFJ : Bidang Pelayanan atau Jasa, Guru, Perawat, Konselor, dan Bidang anak – anak

15. ENFJ (Meyakinkan)

ENFJ memiliki kriteria kepribadian yang cenderung loyal dengan sekitarnya ini menyukai tantangan dan pandai dalam bergaul. ENFJ termasuk tipe yang sensitive juga, mereka kreatif, peduli, dan ramah, tetapi membutuhkan apresiasi dari apa yang mereka kerjakan.

Profesi ENFJ : Psikolog, Pengajar, Marketing, HRD, Penulis, Motivator, dan EO

16. INTP (Koseptual)

Konseptual artinya mutlak berpegang teguh dengan fakta. Dari sini kita tahu bahwa penduduk INTP tipe kepribadian yang menghargai yang namanya Intelektualitas dan Pengetahuan. INTP cenderung memiliki sifat yang pendiam dan suka bekerja sendiri, namun dibalik itu semua mereka penduduk yang logis, kritis, skeptic, dan cenderung cerdas.

Profesi INTP : Programmer, Ahli Komputer, Sistem Analisis, Ilmuan, Fotografer, Ahli Forensik, Jaksa, dan Penulis.

BACA JUGA : SHADENFREUDE, ORANG YANG BAHAGIA KETIKA ORANG LAIN KESULITAN

    Nah, kira – kira dengan tipe kepribadian diatas adakah yang mirip dengan kamu?, patut di perhitungkan, bukan?. Mau seperti apapun kepribadian kita, kita sebagai salah satu dari penduduk ± 7,4 Miliar di bagian Bumi ini.

Kita di ciptakan oleh tuhan dengan kepribadian yang unik – unik, sangat mengesankan, cintai diri kita sendiri dan gapailah keinginan kita. 

Posting Komentar untuk "Macam–macam kepribadian manusia menurut ahli Psikologi bagian 3"