Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam–macam kepribadian manusia menurut ahli Psikologi bagian 2

Halo, Penduduk yang terhormat. Sedikit tambahan, Sebelumnya kita sudah membahas tentang Tipe Kepribadian Manusia Menurut Ahli  Psikologi Part 1 yaitu, tentang jumlah populasi manusia yang mencapai ± 7,4 Miliar di Bumi dengan berbagai macam tipe - tipe kepribadian. Disini kita akan menambahkan beberapa tipe kepribadian  manusia yang umumnya lebih di kenali oleh para penduduk zaman sekarang.

BACA JUGA : MACAM-MACAM KEPRIBADIAN MANUSIA MENURUT AHLI PSIKOLOGI PART 3

Menurut C.G Jung ( Carl Gustav Jung ) seorang ahli Psikiater dan Psikoanalisis asal Switzerland atau Swiss ini mempunyai padangan sendiri tentang kepribadian Psikologi Manusia, Yaitu ;

1. Ekstrovert

    Penduduk yang mempunyai kepribadian Ekstrovert cenderung orang yang menyukai kehidupan diluar ruangan, mereka cenderung lebih aktif dengan berinteraksi, kegiatan sosial, dan lebih terbuka dengan sekitarnya.

    Penduduk Ekstrovert bisa di bilang mirip juga dengan Kepribadian Sanguinis dan sedikit mirip dengan Plegmatis, karena memiliki sifat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan orang baru, Lebih terbuka, percaya diri tinggi, dan suka beraktifitas di luar.

BACA JUGA : MINDSET CARA BERPIKIR AGAR HIDUP LEBIH BAHAGIA

Tipe yang sangat aktif ini lebih mendahulukan tindakan dari pada pikiran. Penduduk yang sesuai dengan kriteria karir Sanguinis dan Plegmatis.

2. Introvert

    Penduduk Introvert mirip dengan Penduduk Melankolis karena mereka adalah tipikal orang yang pemikir, analisis, suka dengan detail, perfeksionis. Menurut C.G Jung, penduduk Introvert memiliki dunianya sendiri, mereka berfokus terhadap diri mereka sendiri dan lebih senang bermain dengan pikiran mereka sendiri.

    Hal ini lah yang membuat Penduduk Introvert sebagai seseorang yang ANALISTIS. Untuk urusan karir nya hamper sama dengan Melankolis, karena dikaruniai tingkat konstentrasi yang tinggi, Mandiri , suka bercerita, namun mereka sulit bersosialisasi dan ada juga yang pemalu.

Nah, ada yang bingung kan, suka bercerita tapi sulit bersosialisasi bahkan ada yang pemalu. Para penduduk Introvert ini suka bercerita apabila mereka sudah dekat dengan teman sepergaulannya bahkan, nih orang bisa juga jadi bobrok lo, jangan salah.

3. Ambivert

    Ambivert atau bisa dibilang Penduduk Mood Swing, Kenapa di panggil begitu? Karena mereka Kepribadiannya netral ( di tengah – tengah ), terkadang Ektrovert kadang juga Introvert.makanya, terkadang orang yang di sekitarnya bingung dengan orang yang punya Kepribadian Ambivert.

    Pasalnya, Hari ini Ekstrovert besok nya Introvert. Sebenarnya menjadi Penduduk Ambivert itu tidak buruk, kepribadian ambivert sebenarnya bisa menjalani hidup dengan lebih seimbang dari pada yang lain. Karena mereka lebih fleksibel dalam memilih kepentingan untuk diri sendiri dengan kepentingan untuk umum.

Nah, bila ada yang memiliki teman seperti ini, jangan menganggap mereka aneh dengan gejala Mood Swing Ambivert mereka.

    Sebenarnya, masih banyak yang perlu kita ketahui tentang berbagai macam kepribadian setiap manusia, bahkan sekarang atau pun semalam yang baru saja kita jumpai, apakah kita berbuat hal yang benar atau salah terhadap mereka?.

Kita pun tidak tau dan hanya mereka yang merasakan.

Kita disini juga sama – sama belajar untuk lebih baik dalam memahami tentang Kepribadian Manusia.

Posting Komentar untuk "Macam–macam kepribadian manusia menurut ahli Psikologi bagian 2"