Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Etika Ngobrol Dengan Orang Yang Lebih Tua



Halo, Penduduk yang terhormat. Coba kita bayangin, tiba-tiba kita berada di kondisi harus mengobrol dengan orang yang lebih tua, yang jabatannya lebih tinggi, terlebih lagi orang yang terhormat. Tidak bisa terbayang betapa awkward nya kita tidak mengetahui etika dan sopan santun ketika berhadapan dengan hal seperti itu.

BACA JUGA : PETINGNYA BELAJAR ATTITUDE DARI HAL-HAL YANG KECIL

    Untuk belajar etika dan sopan santun dalam berkomunikasi dengan orang tua seharusnya wajib diketahui dan dipelajari sejak dini, sehingga akan menjadi suatu kebiasaan dan terbawa ke dalam pergaulan hingga kita dewasa nanti, dengan belajar etika dan sopan santun akan menjadi hal mendasar " How You Treat People " (Bagaimana kita memperlakukan orang) dari anak kecil hingga dewasa.

Ada beberapa etika yang bisa kita gunakan :

1. Panggilan Yang Sopan

    Kita wajib gunakan panggilan yang sopan seperti "saya" untuk diri kita sendiri, dan "Bapak/Ibu" untuk panggilan kepada mereka. ya, meski terlihat baku buat kita yang kalangan dibawahnya, tetapi kita bisa dihargai karena melakukan hal ini.

2. Panggil Nama

    Kita harus membiasakan diri kita untuk pertama ngobrol sama orang lain untuk pertama kali, tanya nama meraka, terutama dengan orang yang lebih tua yang kemudian bisa kita gunakan untuk panggilan kepada mereka di pertemuan-pertemuan yang selanjutnya. hal ini jauh lebih sopan daripada menyapa tidak memanggil nama.

3. Volume Suara

    Maksudnya ialah Nada Suara kita, dengan merendahkan volume suara ketika mengobrol dengan orang lebih tua haru di ingat, redahkan volume suara, bukan ngegas dan bukan suara senyap. Intinya kita sapa dan ngobrol dengan berbicara yang halus meskipun mulut itu terbiasa suka muncrat ngegas.

BACA JUGA : BAHAYA BERTANYA TENTANG HAL-HAL SENSITIF KETIKA NGOBROL

4. Tersenyum

    Siapa yang akan nganggap gila kalo banyak-banyak senyum, ya kali mau senyum-senyum sendiri gak ada kejadian. anggap aja deh diri kita itu orang ramah, sopan, budi pekerti, dan welcome ketika di ajak untuk ngobrol, dah baik budi kali lah nampaknya kita. ingat, ini juga wajib dilakukan kepada semua orang.

5. Gestur Tubuh

    Ketika kita berbicara dengan seseorang, gestur tubuh juga diperlukan untuk memberikan kesan kepada lawan bicara bahwa mereka dihargai dan didengarkan dengan baik ketika berbicara. Untuk gestur tubuh yang gunakan sewaktu berbicara dengan orang yang lebih tua adalah gestur tundukkan badan, hal ini seolah-olah kita sedang menghargai orang yang lebih tua. contoh : Mengangguk ketika bicara "iya", baru bertemu, mau pamit, dan menyapa.

6. Bahasa Yang Sederhana

    Gunakan bahasa santai, mudah untuk dipahami, dan kurangi menggunakan istilah yang banyak orang lain tidak ketahui. sesekali bisa keluarkan sedikit ketawa kecil sewaktu mengobrol untuk mencair kan suasana dan agar lebih nyaman ngobrol.

BACA JUGA : TIPS BAGAIMANA CARA MENGATASI BUNTU TOPIK OBROLAN

7.Tatapan Mata

    Kita bisa sesekali mentatap mata mereka ketika mengobrol, sesekali saja. kalau kita tidak bisa, kita bisa melihat kanan atau ke bagian kiri sesekali. tetapi lebih baik kita menundukkan pandangan bila kita tidak sanggup menatap mata mereka lama-lama, hal ini termasuk juga dengan gestur tubuh yaitu gunanya agar mereka tetap merasa di hargai dan didengarkan.

" Jika bisa saling menghargai, mengapa harus saling menentang?. "

- Pita Vannila - 

Posting Komentar untuk "Etika Ngobrol Dengan Orang Yang Lebih Tua"