Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana cara supaya anak aman bermain gadget

Halo, Penduduk yang terhormat. Apa penduduk kadang resah melihat berbagai tingkah dari anak–anak zaman sekarang, yang kadang–kadang ada anak yang sudah mengetahui hal yang seharusnya belum mereka ketahui diusianya.

BACA JUGA : APAKAH MATA MINUS DAPAT DISEMBUHKAN KEMBALI

Apa tidak pusing melihat kelakuan anak seperti itu, memang masih sebuah pro dan kontra, karena kita hidup di perkembangan zaman yang semakin maju dengan motto segala hal bisa dipermudah dengan teknologi.

    Sebagai contoh bila anak yang rewel, bisa di hibur dengan smartphone, dihidupkan lagu, berikan acara yang menarik, bahkan game, mereka akan berhenti rewel. Seperti yang akan dibahas, amankah apabila kita memberi mereka smartphone?.

Simak baik – baik !!

Aturan yang aman buat anak bermain gadget :

1. Membatasi Waktu Anak Bermain Gadget

    Kita bisa terapkan dengan memberikan batasan waktu penggunaan gadget pada anak. Tentu saja, untuk itu kita akan membuat jadwal dan tindakan yang ekstra untuk mengerjakannya, apalagi mempunyai anak yang hiperaktif.

Sebagai contoh : Saat kumpul keluarga atau saat sedang makan bisa di jadikan contoh yang tepat untuk anak agar tidak menggunakan gadget, sehingga si anak bisa menghabiskan waktu sepenuhnya bersama keluarga.

2. Ada Contoh Yang Baik Buat Anak

    Nah, untuk yang satu ini, bukan hanya orang tua tetapi juga seluruh keluarga terlibat untuk memberikan contoh yang baik kepada anak. Biasa nya anak kecil bisa dengan mudah mencontoh perilaku dari orang–orang yang ada di dekatnya, berikan contoh teladan yang baik pada anak, termasuk saat kita menggunakan ponsel atau alat elektronik lainnya.

3. Mengerti Perkembangan Teknologi

    Kita sebagai orang tua di zaman sekarang ini, jangan gaptek atau kudet dengan teknologi. Dizaman sekarang untuk mencari informasi apa yang sedang kita inginkan itu sangat mudah, apalagi kalau kita mempunyai anak cerdas yang ingin tau tentang banyak hal, pasti akan membuat orang tua harus terus memperhatikan si anak.

BACA JUGA : PELUPA, KOK BISA ORANG MENJADI MUDAH LUPA

Sebenarnya gaptek tidak melulu kepada orang tua tetapi toh kalangan anak muda ada juga yang masih gaptek walaupun tidak banyak. Pesannya sering up-to-date tentang teknologi, tetap perhatikan dan ajarkan mereka saat bermain gadget.

4. Kegiatan Bebas Dari Gadget

    Orang tua membuat kegiatan bebas dari gadget seperti, berlibur ke taman bermain, berolahrga bareng, bermain musik, jalan – jalan keliling kota, Jalan ke pantai, dan lain – lain, sehingga anak tahu ada hal mengasyikkan lainnya selain smartphone, dan anak juga bisa belajar untuk bersosialisasi dengan tetangga dan teman–temannya.

Tau tidak?, orang tua yang rajin mengajak anak untuk melakukan berbagai kegiatan akan meningkatkan imajinasi daya kreativitas anak. Belum tau kan?, sama saya juga baru tau.

BACA JUGA : TEORI MENARIK TENTANG SATU HOBI SATU FREKUENSI

    Nah, Inti dari isi artikel ialah beritahu kepada anak bahwasanya ada kegiatan lain yang menarik dan menyenangkan lainnya selain bermain gadget.

" Anda tidak bisa mengajari anak Anda tentang risiko media sosial, Kecuali Anda memahami bahayanya. Dan Anda tidak dapat mencegahnya bermain video game kekerasan jika Anda tidak mengerti Rating-nya "

- Amy Morin -

Posting Komentar untuk "Bagaimana cara supaya anak aman bermain gadget"